Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu. Yuk, Wajib Baca!

manfaat pepaya untuk ibu hamil

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil – Sangat dianjurkan untuk ibu hamil mengonsumsi makanan bernutrisi dan bervitamin. Karena, selama kehamilan nutrisi tersebut akan berguna bagi janin yang sedang berkembang, juga untuk keadaan ibu yang sedang hamil.

Salah satu makanan yang sangat dianjurkan ialah buah-buahan. Terbukti tidak seluruh buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu buah yang sangat baik dan dianjurkan untuk ibu hamil adalah buah pepaya. Namun, papaya mentah yang berkulit hijau tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena adanya getah lateks.

Dikutip dari National Library of Medicine, sebaiknya jenis getah yang dimiliki oleh pepaya mentah dihindari oleh ibu hamil. Karena, getah tersebut mungkin dapat memicu kontraksi uterus yang dapat menyebabkan persalinan dini.

Papain terkandung pada getah tersebut yang mungkin disalahartikan oleh tubuh sebagai prostaglandin. Terkadang prostaglandin dipakai untuk menginduksi persalinan. Ini juga dapat melemahkan selaput vital yang menyangga bayi dalam kandungan. Hal tersebut akan menjadi alergen umum yang bisa memicu reaksi berbahaya.

Walaupun begitu, papaya matang sangat dianjurkan karena banyak kandungan baik yang dimilikinya. Pepaya matang nampak dari kulitnya yang mulai menguning. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai manfaat pepaya untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil yang Wajib Bunda Tahu

1. Memberikan Nutrisi Penting

Untuk dapat tumbuh dengan baik di dalam rahim, bayi akan membutuhkan nutrisi tertentu. Dilansir American Pregnancy, nutrisi yang paling banyak disediakan oleh buah-buahan termasuk Vitamin C dan folat.

Vitamin C dibutuhkan untuk membangun kolagen dan jaringan ikat, membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi dan memungkinkannya meningkatkan simpanan zat besi untuk membantu mencegah anemia.

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil akan meningkat dengan makan pepaya sebagai sumber vitamin C yang sangat baik dan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

Folat juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan tulang belakang yang sehat dan membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang di kemudian hari.

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Sumber: https://resepimasakan.net

2. Makanan Manis untuk Ibu Hamil

Salah satu keunggulan buah ialah rasanya yang sangat manis atau asam, keduanya menjadi rasa yang sangat disukai ketika mengidamkan suatu makanan. Memilih buah daripada semangkuk es krim dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kemauan mengidam dengan cara yang memuaskan dan sehat.

3. Mengurangi Rasa Mual

Jika Anda sering merasakan mual yang berlebih ketika hamil, mungkin susah untuk menahan makanan tertentu. Makanan manis dan dingin umumnya lebih lezat jika Anda selalu mengalami morning sickness yang berat. Jadi, buah pepaya yang Anda simpan di lemari es dapat menjadi solusi sarapan yang baik.

Nutrisi yang dikandung oleh buah pepaya tidak akan hilang walaupun disimpan dalam lemari es. Buah papaya tetap menciptakan manfaat yang dikandung, serta memberikan rasa segar ketika memakannya meskipun dalam keadaan dingin.

4. Mengelola Gula Darah

Buah utuh mengandung banyak serat yang akan membantu membatasi peresapan gula ke dalam aliran darah ketika hamil. Jika Anda makan sebatang permen, gula akan masuk ke aliran darah dengan cepat, yang dapat mengakibatkan lonjakan besar dan selanjutnya dapat membuat Anda pingsan.

Namun, makan sepotong buah dapat memberi Anda ledakan energi glukosa yang dibutuhkan tanpa harus mengalami kerusakan besar nantinya. Jika Anda memasangkan buah dengan protein seperti sepotong keju, efek energi yang tahan lama ini bahkan lebih membantu.

5. Ibu Hamil Tetap Terhidrasi

Anda membutuhkan banyak air ketika hamil, namun minum air dapat sangat membosankan jika dijalankan sepanjang hari. Buah pepaya terdiri dari lebih dari 80 persen air, jadi ini metode kreatif untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, diinfokan Livestrong.

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Sumber: https://doktersehat.com

6. Meredakan Sembelit

Ketika hamil, sistem pencernaan melambat, dikutip WebMD. Hal ini dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan keluhan kehamilan yang umum terjadi pada ibu hamil. Jika Anda mengkonsumsi suplemen zat besi selama kehamilan, bahkan dalam vitamin prenatal, itu juga dapat menyebabkan sembelit.

Sembelit parah akan terasa tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan wasir. Salah satu metode terbaik untuk mengatasi sembelit ialah dengan memperbanyak konsumsi serat dan air atau buah yang mengandung keduanya.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer ialah penyakit neurodegeneratif progresif yang membunuh sel-sel otak. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah ingatan dan hilangnya kemampuan intelektual secara bertahap.

Penyebab pasti penyakit Alzheimer ini tidak diketahui. Tetap diyakini bahwa stres oksidatif berperan dalam keadaan tersebut. Hal ini ialah ketidakseimbangan tubuh antara antioksidan dan radikal bebas, yang merupakan molekul penyebab kerusakan sel.

Sebuah penelitian dari Mediators Inflammation menemukan bahwa ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi dapat membantu melawan efek stres oksidatif pada orang yang hidup dengan penyakit Alzheimer dan memperlambat perkembangan penyakit. Namun, kemungkinan efek pepaya utuh belum dipelajari untuk manfaat ini.

8. Melindungi Terhadap Jenis Kanker Tertentu

Stres oksidatif dan radikal bebas sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis kanker. Karena pepaya kaya akan antioksidan, buah ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko kanker, menurut penelitian di National Center of Biotechnology Information.

Resiko kanker yang lebih rendah juga disebabkan likopen pepaya, yang mempunyai khasiat anti kanker. Likopen ialah pigmen karotenoid dan alami yang memberi warna pada sebagian sayuran dan buah. Selain itu, pepaya mengandung antioksidan beta-karoten. Satu studi menemukan bahwa perlindungan dari kanker prostat ditawarkan dengan adanya beta-karoten.

9. Melindungi Jantung

Vitamin C, kalium, antioksidan, dan serat terkandung pada pepaya. Kandungan tersebut membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh dan menjaga arteri ibu hamil tetap sehat. Hal ini juga dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

10. Kali Melindungi Mata

Pepaya mengandung banyak nutrisi lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E, yang dapat melindungi mata dan membantu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula berkaitan usia. Lutein dan zeaxanthin ialah dua antioksidan yang digunakan oleh mata untuk menerima penglihatan terbaik.