makanan khas wonosobo

Makanan Khas Wonosobo

Posted on

makanan khas wonosobo

Makanan Khas Wonosobo – Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah serta populer dengan suhunya yang dingin. Daerah ini memang seakan tidak pernah ada habisnya menawarkan beragam tempat menarik untuk dikunjungi.

Selain tempat wisatanya, ada berbagai makanan khas Wonosobo yang harus Anda cicipi ketika berlibur ke kawasan pegunungan Dieng ini, lho. Tidak hanya lezat, sejumlah makanan tradisionalnya juga cocok dinikmati sambil minum teh hangat di tengah udara Wonosobo yang dingin.

Aneka makanan tradisional Wonosobo ini juga dikenal murah meriah, lho. Lantas, apa saja makanan khasnya tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan khas Wonosobo terlezat yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Khas Wonosobo yang Wajib Anda Cicipi!

makanan khas wonosobo

1. Mi Ongklok

Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Wonosobo namun belum mencicipi kuliner khas Wonosobo ini. Mi ongklok telah sejak lama menjadi ikon kota Wonosobo.

Nama ongklok sendiri asalnya dari alat yang digunakan untuk membuat hidangan tradisional khas Wonosobo lezat ini. Alat tersebut yaitu keranjang bambu untuk merebus mie tersebut. Mi ini diolah dari mi, kol, kubis serta daun kucai yang dipadukan dengan kuah kacang kental yang biasa disebut loh.

Kurang lengkap rasanya jika makanan satu ini tidak dihidangkan bersama dengan sate kambing serta tempe kemul, makanan khas Wonosobo lainnya.

Baca Juga: Makanan Khas Tangerang

makanan khas wonosobo

2. Carica

Anda tentu tidak akan menyangka jika ada satu buah yang hanya bisa ditemukan di Wonosobo. Buah tersebut yaitu, carica. Buah yang seperti pepaya tetapi mempunyai ukuran sedikit lebih kecil ini tumbuh subur di wilayah Dieng. Daging buahnya asam, tetapi biji carica mempunyai rasa asam manis.

Masyarakat Wonosobo biasa mengolah aneka makanan dari carica, seperti keripik, manisan dan masih banyak lagi. ivermectin paste human dosage Kemasannya juga aneka macam, mulai dari cup kecil sampai botol. Kelezatan hidangan khas Wonosobo ini tidak dapat diragukan lagi, lho!

makanan khas wonosobo

3. Kue Pepe Wonosobo

Sering hadir saat menjelang hari raya, kue khas Wonosobo ini wajib Anda cicipi ketika singgah ke Wonosobo. Tekstur kenyal serta rasanya yang manis dijamin akan manjakan lidah Anda. Apabila Anda pecinta makanan manis, maka kudapan khas Wonosobo satu ini wajib Anda coba!

Baca Juga: Makanan Khas Cianjur

makanan khas wonosobo

4. Dendeng Gepuk

Salah satu olahan daging sapi ini wajib masuk ke dalam daftar hidangan tradisional Wonosobo yang perlu Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini. Dendeng gepuk akan lebih mantap jika dinikmati dengan nasi putih serta dibalut sambal bajak yang akan memanjakan lidah Anda.

makanan khas wonosobo

5. Cenil

Kudapan khas Wonosobo dan sejumlah daerah lain di Jawa ini termasuk hidangan yang merakyat karena kerap dijajakan secara kaki lima serta harganya yang sangat bersahabat. Disajikan dengan manisnya siraman gula jawa, warna-warni menarik, serta taburan kelapa muda, kudapan tradisional Wonosobo ini wajib Anda cicipi.

Baca Juga: Makanan Khas Padang

6. Kacang Dieng

Jika Anda mendengar makanan yang bernama kacang babi, maka Anda jangan langsung berpikiran itu diolah dari babi, ya. Sebenarnya, ini hanya nama lain dari kacang dieng. Sebab, bentuk lebih besar dari kacang biasa serta diolah dengan cara goreng dengan bumbu yang ditaburi di atasnya.

Kudapan khas Wonosobo ini asalnya dari kacang yang hanya tumbuh baik di dataran tinggi Dieng. Selain lezat, makanan ini juga kaya akan gizi. Dijamin deh, Anda akan langsung ketagihan hanya dalam sekali gigitan!

7. Keripik Jamur

Olahan jamur juga menjadi makanan andalan di Kabupaten Wonosobo ini. Jika dahulu masyarakat umumnya mengolah jamur menjadi hidangan basah, maka seiring berjalannya inovasi dalam dunia kuliner saat ini, jamur dapat diolah menjadi keripik.

Anda akan langsung merasakan lezat serta gurihnya keripik jamur ini pada saat memasuki mulut. Tergiur dengan rasanya?

Baca Juga: Makanan Khas Kebumen

8. Geblek

Jika Anda tengah di sekitar kota Wonosobo kemudian menjumpai penjual gorengan yang menjajakan panganan berwarna putih, maka itulah yang namanya geblek.

Makanan khas Wonosobo ini diolah dari tepung pati yang ditambahkan daun kucai. Walaupun teksturnya cenderung alot, namun rasanya dijamin tidak akan membohongi lidah.

9. Tempe Kemul

Sejumlah daerah di Jawa Tengah memang populer dengan olahan tempenya. Tidak terkecuali di Wonosobo. Mungkin banyak orang yang mengira jika tempe kemul merupakan tempe mendoan biasa. Tetapi, tempe khas Wonosobo ini mempunyai ciri khas tersendiri, yakni bentuknya yang renyah serta taburan kucai yang menyelimuti.

Jika dihidangkan selagi masih hangat serta ditemani cabai mentah, makanan khas Wonosobo ini akan semakin nikmat untuk disantap. Tentunya akan membuat Anda ketagihan, deh!

Baca Juga: Makanan Khas Purworejo

10. Purwaceng

Apakah Anda ingin menikmati sesuatu yang khas di Wonosobo tetapi sedikit ‘berbeda’? Anda mungkin bisa menjatuhkan pilihan pada purwaceng. Purwaceng adalah sebuah tanaman obat yang multifungsi.

Tanaman ini bisa mengobati beragam penyakit, seperti susah buang air kecil, masuk angin, pegal linu, dan lainnya. Selain itu, mengonsumsi tanaman obat ini juga dapat meningkatkan saraf, metabolisme tubuh dan otot, lho.

Purwaceng sendiri telah populer dimanfaatkan sebagai obat vitalitas, biasa dipakai sebagai obat kuat tradisional yang mujarab. Tetapi, tanaman obat ini tidak secara langsung dikonsumsi, namun diolah terlebih dahulu menjadi teh atau dikombinasikan dengan kopi supaya lebih nikmat.

11. Opak Singkong

Opak singkong ini juga populer dengan nama opak kucai. Camilan tradisional Wonosobo ini asalnya dari Kalibaber, Kabupaten Wonosobo. Opak singkong diolah dari singkong yang direbus lalu ditambah kucai serta garam.

Selanjutnya, singkong ditumbuk sampai halus, dipipihkan lalu dijemur. Sesudah kering, opak singkong digoreng hingga matang. Rasa camilah khas Wonosobo ini cenderung gurih serta asin.

Baca Juga: Makanan Khas Sumatera Barat

12. Sagon

Makanan tradisional khas Wonosobo yang tebal dan berbentuk bulat ini diolah dari campuran tepung sagu, parutan kelapa serta gula. Selanjutnya, adonan dibakar di atas arang atau kayu bakar, sehingga menghasilkan wangi yang sangat khas.

Anda dapat membeli makanan ini di Pasar Induk Wonosobo. ivermectina faz mal para o figado Di sana, makanan sagon ini akan dijual di satu kompleks. Jangan lupa untuk menikmati sagon selagi hangat, ya, supaya kelezatannya semakin terasa.

13. Nasi Megono

Masyarakat Wonosobo sering menyebut nasi dengan sego, sehingga hidangan yang berupa nasi, sayuran serta ikan teri ini mempunyai nama lain Sego Megono.

Disebut juga sego reged karena penampilan hidangan khas Wonosobo yang tampak kotor. ivermectin is over the counter Biasanya, sayuran ini diiris kecil-kecil, lalu ditaburkan di atas ikan teri. Dihidangkan dengan tempe kemul akan lebih nikmat.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah

Itulah beberapa makanan khas Wonosobo yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke daerah ini. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.

Baca juga  Apa Saja Manfaat Air Sungai