Makanan agar Haid Cepat Keluar

makanan agar haid cepat keluar

makanan agar haid cepat keluar

Makanan agar Haid Cepat Keluar – Beberapa wanita mungkin mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Kadang terlalu lama, bahkan mungkin terlalu cepat.

Siklus haid yang lambat atau tidak teratur kerap dapat membuat Anda khawatir. Padahal, telat haid tidak berarti Anda mengalami salah satu dari gangguan kesehatan wanita.

Mengutip dari Penn Medicine, terdapat beragam alasan serta penyebab yang mengakibatkan Anda terlambat haid. Mulai dari faktor stres, gaya hidup sampai karena kondisi medis lainnya. Sebenarnya, tidak ada cara yang mampu menjamin Anda akan langsung haid dalam satu sampai dua hari.

Tidak hanya dengan menemui dokter, Anda juga dapat mencoba beragam metode untuk membantu supaya haid cepat keluar serta lancar kembali. Misalnya dengan berolahraga, melakukan relaksasi, memperbaiki pola makan sampai mengonsumsi makanan tertentu.

Nah, pada saat jadwal haid mundur dan Anda ingin mempercepatnya supaya segera datang, Anda dapat coba mengonsumsi sejumlah makanan tertentu yang bisa membantu supaya haid cepat keluar.

Lantas, apa saja makanan tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan agar haid cepat keluar yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan agar Haid Cepat Keluar

Berikut ini adalah sejumlah makanan yang dianggap mampu mempercepat haid atau agar haid lancar, yaitu:

makanan agar haid cepat keluar

1. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan senyawa karoten yang mampu mendorong kadar estrogen dalam tubuh. Buah tropis ini juga mempunyai sifat uterotonik yang dapat merangsang kontraksi rahim sehingga membantu menstruasi cepat keluar. Tetapi, belum terdapat bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

Baca Juga: Cara Minum Madu yang Benar

makanan agar haid cepat keluar

2. Kunyit

Selain bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan, salah satu bumbu dapur ini juga menjadi makanan yang mampu membantu Anda supaya cepat haid. Hal ini karena kandungan yang terdapat di dalam kunyit mampu merangsang aliran darah di daerah panggul serta rahim.

Oleh karena itu, kunyit dinilai mampu memengaruhi tingkat estrogen dan progesteron sehingga bisa merangsang menstruasi. Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan hal tersebut.

3. Jahe

Anda juga dapat menggunakan jahe sebagai makanan untuk membantu supaya cepat haid dan juga lancar. Dalam sebuah riset yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine mengungkapkan bahwa terdapat senyawa di dalam jahe yang mampu melindungi tubuh dari peradangan.

Tidak hanya itu, kandungannya juga berkhasiat untuk memicu kontraksi otot sehingga membantu mempercepat rahim melepaskan lapisannya. Selain itu, jahe juga mampu membantu mengurangi nyeri haid karena efek hangatnya.

Baca Juga: Minuman untuk Diet

makanan agar haid cepat keluar

4. Nanas

Buah nanas memiliki kandungan bromelain, yakni senyawa enzim yang dinilai mampu memengaruhi hormon di dalam tubuh termasuk estrogen. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi nanas, sebab makanan ini mampu membantu Anda supaya dapat cepat haid.

Riset yang dipublikasikan dalam Journal of The Pakistan Medical Association mengungkapkan bahwa kandungan bromelain di dalam nanas mampu membantu melancarkan menstruasi yang tidak teratur akibat peradangan.

5. Kacang Kedelai

Perubahan serta terjadinya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh adalah salah satu penyebab Anda mengalami haid tidak lancar. Supaya haid cepat keluar serta lancar, maka Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai sebagai pilihan.

Kedelai mengandung kaya vitamin, protein, mineral, serta fitoestrogen berupa isoflavon. Kandungan isoflavon inilah yang mampu memengaruhi kadar estrogen.

Baca Juga: Manfaat Minuman Yakult

6. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Perlu diketahui juga bahwa tubuh tidak mampu menghasilkan vitamin C dengan sendirinya. Mengutip dari Mayo Clinic, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang mampu membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Terdapat kandungan asam askorbat di dalam vitamin C yang dipercaya mampu meningkatkan kontraksi rahim serta kadar estrogen. Hal ini yang menjadikan makanan dengan kandungan vitamin C bisa membantu supaya cepat haid.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C yaitu buah beri, buah jeruk, brokoli, tomat, buah kiwi, paprika, bayam, dan lain-lainnya. Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati

Selalu Konsultasikan ke Dokter

Supaya cepat haid serta sirkulasinya lancar, Anda dianjurkan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Ada baiknya, Anda juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

Apalagi, beberapa makanan yang dinilai mampu mempercepat haid di atas pun juga belum tentu efektif untuk semua orang, sebab kondisi tubuh yang berbeda.

Oleh karena itu, hal yang paling penting untuk dijalankan yaitu dengan menjaga gaya hidup sehat guna membantu mengurangi risiko haid atau menstruasi tidak teratur. Misalnya dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup serta temui dokter untuk pemeriksaan secara rutin.

Itulah beberapa jenis makanan agar haid cepat keluar yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.