Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani

kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani

Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani – Tidak hanya protein nabati, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang merupakan sumber protein hewani. Hal ini penting karena selain memenuhi kebutuhan gizi seimbang, protein hewani juga berguna dalam memperbaiki serta membangun jaringan pada tubuh Anda.

Walau terdapat beberapa orang sudah menerapkan pola diet vegetarian ataupun tidak mengonsumsi daging hewan, namun tidak berarti mereka tidak dapat memperoleh protein hewani. Karena selain daging, terdapat juga berbagai makanan sumber protein hewani yang dapat dikonsumsi, seperti susu dan telur.

Lantas, apa saja makanan yang mengandung protein hewani? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

Berikut ini adalah sejumlah daftar makanan sumber protein hewani yang dapat Anda konsumsi dalam menu harian, yaitu:

kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak adalah sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya jumlah kalorinya yang lebih rendah, makanan ini juga memiliki kandungan berbagai mineral serta vitamin, seperti niasin, vitamin B12 dan selenium.

Terdapat sejumlah manfaat yang dapat diambil dari konsumsi daging tanpa lemak ini, yaitu mampu meningkatkan massa otot, meningkatkan metabolisme bahkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Untuk memperoleh manfaat daging tanpa lemak dengan maksimal, Anda juga perlu memilih daging yang segar serta mengolahnya dengan benar.

Baca Juga: Buah untuk Darah Tinggi

kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani

2. Ikan

Selain daging tanpa lemak, jenis makanan sumber protein hewani yang sangat kaya akan nutrisi lainnya yaitu ikan serta telur ikan. Nutrisi tersebut mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12, asam lemak tak jenuh, asam lemak omega-3, mineral.

Secara umum, mengonsumsi ikan dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, mengurangi risiko penyakit asma, memperkuat tulang dan diabetes pada anak. Anda dapat memilih beragam jenis ikan, baik ikan air tawar atau ikan laut, seperti ikan tilapia dan ikan lele.

3. Telur

Daripada jenis sumber protein hewani lainnya, telur tergolong salah satu makanan sumber protein terbaik yang sangat mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau murah. Kadar protein paling tinggi terkandung di bagian putih telur.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein NabatiĀ 

4. Susu, Keju, dan Yogurt

Susu, keju, dan yogurt memang telah sejak lama diketahui sebagai sumber kalsium, protein dan vitamin D. Dari banyak pilihan susu, Anda disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim.

Hal ini karena susu tersebut sangat baik untuk menjaga gigi dan tulang tetap kuat, serta bisa membantu menghindari terjadinya osteoporosis.

Dalam mencukupi gizi seimbang, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber protein hewani paling tidak 2 hingga 3 porsi setiap hari. Namun, juga perlu disertai makanan pokok, buah-buahan, dan sayuran.

Namun, apabila Anda mempunyai kondisi medis tertentu, maka Anda perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter gizi. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu porsi protein hewani yang dianjurkan, sesuai kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga: Dampak Kurang Protein

Ketahui Keunggulan dari Protein Hewani

Protein hewani merupakan protein yang asalnya dari hewan. Hewan tersebut meliputi daging unggas (daging bebek, daging ayam), daging ruminansia (daging kambing, daging sapi, daging rusa), seafood, serta telur dan susu.

Mempunyai komposisi asam amino esensial yang lebih lengkap daripada protein nabati adalah salah satu kelebihan protein hewani yang sangat populer. Selain itu, protein hewani juga mengandung nutrisi yang beragam, seperti asam lemak omega-3, zat besi, vitamin B12, dan vitamin D.

Walaupun protein hewani mempunyai sejumlah kelebihan, namun Anda tidak dianjurkan berlebihan mengonsumsinya, khususnya daging merah. Berlebihan mengonsumsi protein hewani bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, mulai dari diabetes, penyakit jantung hingga kanker.

Itulah kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan dan nutrisi.

Pencarian terkait:

  • kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani