manfaat buah kesemek
image from PxHere.com

10 Manfaat buah kesemek untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Posted on
manfaat buah kesemek
image from PxHere.com

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Buah kesemek merupakan buah yang memiliki rasa unik. Selain rasanya yang unik buah kesemek juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak sehingga manfaatnya untuk kesehatan juga beragam. Buah kesemek memiliki beberapa kandungan vitamin diantaranya seperti vitamin E, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. Serta beberapa nutrisi penting lainnya termasuk serat, protein, karbohidrat, asam folat, kalsium, kalium, zat besi, tembaga, mangan, fosfor, magnesium, zinc, likopen dan masih banyak lagi. Selengkapnya mengenai manfaat buah kesemek untuk kesehatan bisa anda Simak dalam artikel berikut ini:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah kesemek yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Buah kesemek memiliki kandungan serat yang tinggi yang cukup baik dalam melancarkan pencernaan sehingga akan mencegah sembelit. Terganggunya sistem pencernaan dapat mengakibatkan tubuh kesulitan dalam mengeluarkan limbah dan racun di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit. Mengkonsumsi satu porsi buah kesemek setiap hari sangat dianjurkan untuk membantu Anda mendapatkan pencernaan yang sehat.

2. Mencegah dan meringankan hipertensi

Buah kesemek memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk mencegah dan meringankan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dalam kesemek berguna menjaga kestabilan tekanan darah sehingga akan menghindarkan seseorang dari penyakit hipertensi dan stroke. Makanan seperti buah kesemek dan buah pisang merupakan di antara sumber kalium yang cukup baik. Bagi mereka yang memiliki resiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalium harian.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang tidak boleh dilupakan Adalah meningkatkan imunitas. Buah kesemek memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap dan salah satu vitamin tersebut adalah Vitamin C. Vitamin C bekerja dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat bakteri dan virus tidak mudah menyerang. Memenuhi kebutuhan vitamin C sangat diperlukan terutama bagi mereka yang memiliki imunitas yang lemah. Mengkonsumsi buah kesemek secara rutin sangat dianjurkan terutama bagi anak-anak agar tidak mudah sakit.

Baca juga  Kandungan Nutrisi dan manfaat Cranberry untuk kesehatan

4. Meringankan penyakit diabetes

Bagi mereka yang mengalami diabetes biasanya akan merasa cepat lapar sehingga membutuhkan makanan yang padat akan nutrisi dan serat. Untuk itu buah kesemek menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain memiliki nutrisi yang lengkap, buah kesemek juga mengandung tinggi serat yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Belum lagi buah ini juga memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah sehingga menjadi semakin digemari oleh penderita diabetes.

5. Membantu meringankan dan mencegah anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan lemah, lesu, pusing, dan kurang bertenaga. Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi dari makanan. Untungnya buah kesemek memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah dan meringankan anemia tersebut. كيف تلعب لعبة البوكر Salah satu kelompok yang sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan zat besi adalah ibu hamil. Untuk itu bagi mereka yang mengalami kehamilan sebaiknya banyak mengkonsumsi buah yang mengandung tinggi zat besi seperti buah kesemek.

6. Menjaga kesehatan hati

Buah kesemek merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi di mana antioksidan sangat berguna dalam menangkal efek merugikan radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu racun yang dapat merusak sel yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah kesemek yang mengandung tinggi antioksidan anda akan membantu dalam meringankan kerja hati yang pada gilirannya akan membuat hati lebih sehat.

7. Meningkatkan stamina dan energi

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan energi secara alami. Buah kesemek memiliki beberapa kandungan vitamin B kompleks yang dapat memberikan energi ke seluruh tubuh Anda. Hal ini sangat baik sekali terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Energi yang melimpah bukan hanya dapat membuat anda tetap fit akan tetapi juga membantu mencegah stres.

Baca juga  Buah untuk Darah Tinggi

8. Membantu melawan kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat merusak sel. Penyakit ini diakibatkan oleh efek buruk radikal bebas dan bahan kimia yang tercampur dalam makanan. Penyakit kanker bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah kesemek. Buah kesemek memiliki kandungan antioksidan yang cukup melimpah seperti vitamin C, dan vitamin A yang kesemuanya bekerjasama dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. العاب تكسب فلوس

9. Mencegah infeksi

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang patut diperhitungkan adalah mencegah infeksi. Buah kesemek dapat mencegah infeksi karena memiliki kandungan phytochemicals yang berguna sebagai agen anti inflamasi yang cukup baik dalam melindungi tubuh dari infeksi dan inflamasi.

10. Membantu mengontrol berat badan

Bagi Anda yang ingin memiliki berat badan ideal tidak ada salahnya mengkonsumsi buah kesemek. Buah kesemek memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Belum lagi serat dalam buah kesemek juga membantu Anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil di malam hari. Buah kesemek juga sangat rendah lemak dan kalori sehingga sangat dianjurkan oleh mereka yang mencoba untuk diet.

Untuk menikmati manfaat buah kesemek untuk kesehatan di atas Anda harus memilih jenis buah yang masih segar. لعبة جاك Karena buah yang sudah layu atau lama dipetik memiliki kandungan nutrisi yang sudah menurun.

Baca juga  15 Fungsi & Manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh dan mental