manfaat cranberry

Kandungan Nutrisi dan manfaat Cranberry untuk kesehatan

Buah
manfaat cranberry
image from maxpixel.freegreatpicture.com

Cranberry merupakan buah segar yang dikemas dengan beberapa agen anti penyakit yang memiliki kemampuan dalam mencegah infeksi saluran kemih atau ISK. Selain kemampuannya dalam mencegah infeksi cranberry juga memiliki beberapa nutrisi yang berperan sebagai antibiotik dalam memerangi virus herpes,, menjaga kesehatan pencernaan dan mulut serta mencegah penyakit batu ginjal dan kanker. Anda membutuhkan setidaknya 4 sampai 8 ons buah Cranberry segar untuk mendapatkan manfaatnya tersebut.

Sejarah Cranberry

Menurut The Cranberry Institute, cranberry Amerika Utara telah digunakan oleh penduduk asli Amerika sebagai makanan dan obat. Institut tersebut juga menyatakan bahwa Henry Hall (seorang veteran perang Revolusi) menanam cranberry pertama yang digunakan secara komersial pada tahun 1816. Dan pada tahun 2003, Institute melaporkan bahwa ada sekitar 40.000 hektar budidaya cranberry di Amerika Serikat dan Kanada.

 

Kandungan Nutrisi Cranberry

Yayasan George Mateljan telah melaporkan bahwa cranberry memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, serat makanan, mangan dan vitamin K. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan di dalam tubuh Anda. Selain itu, Vitamin C juga merupakan salah satu vitamin utama yang memiliki sifat antioksidan. Serta kandungan serat yang dimiliki cranberry berguna memberikan rasa kenyang sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan. Menurut George Mateljan Foundation Mangan yang dikandung dalam cranberry mampu meningkatkan kesehatan tulang, gigi dan saraf. Sedangkan Vitamin K bermanfaat dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka.

 

Manfaat cranberry untuk kesehatan

Menurut George Mateljan Foundation Jus cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dengan mencegah bakteri E. Coli (bakteri penyebab ISK). Kemampuan cranberry dalam mencegah pertumbuhan bakteri E. coli ini didapat dari zat yang disebut tannin yang memisahkan cranberry dari buah lain yang memiliki senyawa aktif serupa, seperti apel. Karena kandungan tersebut Yayasan George Mateljan, ahli dari Worcester Politeknik Institute mengusulkan bahwa cranberry dapat digunakan sebagai antibiotik untuk menyembuhkan herpes, infeksi ginjal, penyakit mulut dan mencegah kanker. Selain itu, karena cranberry juga mengandung tinggi vitamin C buah ini juga menjadi salah satu satu sumber antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Yayasan George Mateljan merekomendasikan agar kita mengkonsumsi setidaknya 4 sampai 8 ons Cranberries setiap hari untuk merasakan manfaatnya. Mengkonsumsi cranberry segar juga memberikan kecukupan nutrisi untuk tubuh kita dan berguna mencegah berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker.

Jika anda ingin membeli cranberry sebaiknya pilih yang masih segar yang ditandai dengan buah yang masih mengkilap, gemuk, dan memiliki warna merah terang sampai merah tua. Selain itu, buah Berry harus memiliki tekstur yang kenyal alias tidak lembek karena buah cranberry yang sudah lembek biasanya sudah terlalu lama matang.

 

Manfaat cranberry untuk ibu hamil

Jus Cranberry secara umum tidak memiliki efek buruk bagi wanita hamil justru sebaliknya, menurut University of maryland Medical Center cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih atau ISK yang sering terjadi saat masa kehamilan. American pregnancy Association bahkan merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah Cranberry untuk mencegah ISK pada wanita hamil. Akan tetapi bagi Anda yang ingin mengkonsumsi suplemen Cranberrie terutama saat hamil sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan suplemen tersebut.

Meskipun buah Cranberry secara umum memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi oleh wanita hamil Akan tetapi anda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selain itu, pastikan anda tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam jus cranberry anda karena hal itu dapat meningkatkan kandungan kalori dalam Cranberry yang mungkin berpotensi juga dalam meningkatkan resiko diabetes.