Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

15 Manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan
image from wikimedia.org

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya. Buah sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Beberapa diantara manfaat buah sirsak bahkan bisa mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

Kandungan nutrisi buah sirsak

Protein: protein adalah nutrisi penting yang berfungsi meningkatkan kinerja otak. Buah sirsak mengandung 1 gram protein di dalam 100 gram daging buah sirsak segar.

Vitamin C: salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan dalam buah sirsak adalah vitamin C. Vitamin C memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita diantaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan menangkal efek merugikan radikal bebas.

Fosfor dan kalsium: Buah sirsak memiliki kandungan 2 mineral penting untuk tulang yaitu fosfor dan kalsium. Di dalam buah sirsak yang berukuran 100 gram memiliki kandungan fosfor sebanyak 27 mg, serta sekitar 14 mg kalsium.

Kalium: kalium merupakan salah satu mineral yang berperan penting dalam menjaga kestabilan detak jantung. Kalium ternyata banyak ditemukan dalam buah sirsak. Kalium juga berguna membantu otot dalam tubuh kita.

Selain di atas tentu masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah sirsak untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah sirsak dan kandungan nutrisi didalamnya berikut kami rangkum informasinya untuk anda:

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah sirsak tergolong sebagai jenis buah yang mengandung tinggi serat, sehingga membuatnya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi satu porsi buah sirsak bisa membantu anda mengurangi kemungkinan sembelit dan perut buncit. Dengan pencernaan yang sehat maka kotoran bisa dihilangkan dari tubuh anda dengan mudah.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Buah sirsak memiliki beberapa kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah tinggi dan menjaga detak jantung tetap stabil. Hal ini sangat penting sekali untuk mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan ini dikarenakan di dalam buah sirsak terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi dimana kalium berguna mengurangi efek kelebihan natrium yang dapat mengganggu kesehatan jantung anda.

3. Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Bagi anda yang ingin memiliki tulang dan gigi yang kuat perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini memang bertanggung jawab dalam meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anda. Salah satu manfaat buah sirsak untuk kesehatan ini didapat dari kandungan kalsium dan fosfor yang dimilikinya. Mengkonsumsi setidaknya satu porsi buah sirsak secara rutin dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Obat untuk mengatasi migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah sangat mengganggu sekali. Untungnya salah satu manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah membantu menenangkan sakit kepala sebelah tersebut. Jadi buah sirsak bisa dijadikan sebagai obat alami untuk migrain yang pastinya aman dan hampir tidak memiliki efek samping.

5. Membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik

Menjaga sistem kekebalan tubuh anda bekerja dengan baik akan memastikan benteng utama tubuh tersebut mampu melawan serangan penyakit. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya sistem imun bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin. Hal ini disebabkan buah sirsak mengandung vitamin C yang cukup tinggi dimana vitamin ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat dalam melawan penyakit.

6. Membantu anda tetap terhidrasi

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting sekali untuk meningkatkan konsentrasi anda. Sebaliknya dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mengurangi tingkat konsentrasi dan juga dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh mudah cedera. Jika anda adalah orang yang memiliki aktivitas yang sangat padat mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangatlah penting. Sirsak mengandung tinggi air yang sangat baik dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita. Belum lagi kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral di dalam buah sirsak juga dapat memberikan tambahan energi bagi anda.

7. Untuk melawan kanker

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang luar biasa adalah dapat melawan penyakit kanker. Proses yang mengandung tinggi antioksidan penting yang berguna mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker. Selain itu daun sirsak juga mengandung sejumlah fitokimia penting yang menangkal berbagai macam serangan kanker. Penelitian telah mengungkap bahwa kandungan fitokimia dalam sirsak yang disebut Annonaceous acetogenins dapat mencegah hingga 12 jenis penyakit kanker termasuk kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

8. Membantu mengatasi diare

Buah sirsak bisa digunakan sebagai alternatif obat diare. Berikut cara menggunakan buah sirsak sebagai obat diare: anak-anakambil buah sirsak yang sudah masak setelah itu peras dan ambil airnya diminum tiga sampai empat sendok makan untuk mengobati diare anda juga bisa menggunakan ramuan ini untuk anak-anak.

9. Meningkatkan kinerja otak

Buah sirsak mengandung thiamin yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kinerja otak, termasuk menjaga kemampuan memori dan konsentrasi tetap baik. Selain itu, buah sirsak juga mengandung tinggi air yang dapat mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat tingkat konsentrasi anda menurun.

10. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan kaliumnya yang tinggi dalam buah sirsak mampu menjaga kesehatan jantung anda dengan menstabilkan detak jantung. Selain dari kandungan kalium yang dimilikinya manfaat buah sirsak untuk kesehatan jantung juga didapat dari vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan untuk menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit ini terjadi akibat penebalan pada arteri jantung sehingga menghambat peredaran darah yang mengarah pada serangan jantung.

11. Mencegah penyakit katarak

Penyakit katarak bisa terjadi akibat lensa mata yang keruh sehingga membuat cahaya tidak dapat menembus. Penyakit ini bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin A dan C. Vitamin A dapat meningkatkan kesehatan mata dan mempertajam penglihatan. Sedangkan vitamin C berguna menghilangkan efek buruk radikal bebas yang dapat merusak mata. Selain itu vitamin A juga dapat melindungi retina mata sehingga kedua vitamin tersebut menjadi salah satu benteng utama mata.

12. Mencegah penyakit diabetes

Penyakit diabetes ternyata bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin. Buah ini merupakan sumber serat yang sangat baik yang dapat menurunkan kadar gula darah.

13. Membantu memproduksi sel darah merah

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia yang ditandai dengan lemah dan kurang bersemangat. Sel darah merah berguna dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Anda dapat meningkatkan produksi sel darah merah dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin.

14. Sumber vitamin A yang cukup baik

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin a yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dalam buah sirsak berukuran 100 gram terdapat setidaknya 10 miligram vitamin A.

15. Sumber vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks sangat diperlukan untuk meningkatkan energi dan berbagai macam fungsi yang sehat di dalam tubuh. Vitamin B kompleks ini banyak ditemukan dalam buah sirsak, sehingga mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin jenis sini.