5 Cara menghilangkan jerawat dengan tomat secara alami

cara menghilangkan jerawat dengan tomat
cara menghilangkan jerawat dengan tomat
image from maxpixel.net

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat secara alami dan mudah yang insyaa Allah aman untuk dipraktekkan secara rutin di rumah Anda. Jerawat, dalam istilah medis dikenal dengan acne vulgaris, merupakan masalah kulit yang paling banyak diderita oleh seseorang terutama di masa remaja. Orang yang berusia antara 12 hingga 25 tahun lebih rentan mengalami jerawatan. Tidak hanya menyakitkan, jerawat juga membuat seseorang kurang percaya diri karena sangat mengganggu penampilan wajah. Belum lagi, setelah jerawat hilang, biasanya juga akan meninggalkan bekas yang tidak kalah mengganggu.

Jerawat umumnya terjadi ketika folikel rambut di permukaan kulit wajah tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini pada akhirnya akan membuat bakteri menumpuk sehingga mengakibatkan peradangan. Peradangan Inilah yang disebut dengan jerawat. Banyak pengobatan alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa dicoba, di antaranya adalah memanfaatkan buah tomat.

 

Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat dengan tomat, ada baiknya anda simak apa saja manfaat yang dimiliki oleh tomat. Tomat merupakan jenis bahan alami yang sangat baik untuk merawat kulit wajah anda, terutama dalam menghilangkan jerawat. Buah tomat memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Dimana nutrisi tersebut bukan hanya membantu menyingkirkan jerawat, tetapi juga meningkatkan kesehatan kulit anda.

Likopen: tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan berguna melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan seperti kerutan di wajah. Menggunakan tomat pada wajah bukan hanya membantu menghilangkan jerawat, tetapi juga mengencangkan kulit wajah secara alami. Selain itu, likopen juga berguna memproduksi kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang bermanfaat dalam memproduksi sel sel kulit baru.

Mengandung asam yang tinggi: tomat merupakan sumber asam yang sangat ramah. Kandungan asam ini dapat memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan jerawat, sehingga membuat kulit anda tampak lebih bersih dan sehat. Selain itu, kandungan asam dalam tomat juga berguna mengurangi produksi minyak berlebih yang merupakan penyebab umum munculnya jerawat.

Mengandung mineral dan vitamin: tomat memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap seperti vitamin A, B1, B3, B6, C, E dan K serta beberapa mineral seperti zat besi, dan kalium. Semua nutrisi tersebut sangat penting sekali untuk mengobati jerawat di wajah anda. Diantara cara menghilangkan jerawat dengan tomat adalah menggunakannya sebagai masker wajah.

Menyeimbangkan tingkat PH kulit: Kandungan asam yang terdapat dalam tomat membantu menyeimbangkan tingkat PH kulit wajah. Keseimbangan tingkat PH sangat penting sekali untuk mencegah munculnya jerawat di wajah.

Meremajakan kulit wajah: karena kandungan antioksidan yang tinggi, tomat berguna meremajakan kulit wajah anda. Peremajaan ini akan membuat kulit wajah tampak bersih, halus dan lentur secara alami. Hal ini juga sangat penting sekali sebagai langkah pencegahan jerawat.

Memutihkan wajah secara alami: ternyata tomat bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan tomat dapat memutihkan kulit wajah secara alami. Beberapa bekas jerawat seperti flek hitam di wajah dapat dikurangi dengan penerapan buah tomat secara rutin. Efek pemutih yang tomatakan membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

 

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat

Setelah mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi yang dimiliki tomat. Maka sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan tomat secara alami. Bukan hanya jerawat yang akan dihilangkan, tetapi bekas jerawat dan masalah kulit lainnya juga bisa diatasi dengan menggunakan masker tomat. Berikut metode menghilangkan jerawat dengan tomat:

1. Masker tomat

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat secara alami yang pertama adalah membuatnya menjadi masker wajah. Metode ini cukup baik dan memiliki tingkat keefektifan yang lumayan bagus. Masker tomat dapat menghilangkan kelebihan minyak serta membantu meremajakan kulit secara alami Selain itu, kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya juga membantu menyingkirkan jerawat di wajah anda. Berikut caranya:

  • Persiapkan satu buah tomat berukuran sedang, setelah itu bersihkan dengan air untuk menghilangkan pestisida dan kotoran.
  • Potong tomat menjadi beberapa bagian dan giling hingga menjadi pasta.
  • Terapkan bubur tomat tadi pada area wajah yang terdapat jerawat dan biarkan selama 1 jam. Terakhir bilas wajah anda dengan air.

 

2. Irisan tomat

Selain menggunakan masker untuk menghilangkan jerawat dengan tomat, Anda juga bisa memotongnya menjadi bagian kecil yang nantinya akan ditempelkan pada wajah. Cara ini tidak kalah efektif dengan metode pertama di atas. Berikut langkah-langkahnya

  • Pertama seperti biasa siapkan 1 buah tomat berukuran sedang kemudian potong tipis-tipis.
  • Tempelkan potongan tomat jadi pada area wajah yang terdapat jerawat kemudian biarkan selama 1 jam. Cara ini sangat baik sekali untuk mengurangi pertumbuhan jerawat dan mencegahnya muncul kembali.
  • Selain menghilangkan jerawat, omat juga berguna menyerap kelebihan minyak yang menjadi penyebab jerawat.

 

3. Tomat dan Alpukat

Jika sebelumnya kita hanya menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat, kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan Alpukat. Alpukat juga terkenal sangat baik sekali sebagai bahan perawatan kecantikan wajah. Jadi keduanya merupakan kombinasi yang sempurna untuk menghilangkan jerawat. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Langkah pertama persiapkan 1 buah tomat, 1 buah alpukat dan mangkuk sebagai wadah.
  • Cuci kedua bahan tadi hingga bersih kemudian potong menjadi bagian yang kecil di dalam mangkuk.
  • Setelah itu, haluskan keduanya menggunakan blender hingga menjadi pasta yang halus.
  • Terapkan secara merata pada wajah anda yang terdapat jerawat dan biarkan selama 20 menit.
  • Jika sudah selesai, bilas wajah dan area lain yang terdapat jerawat hingga bersih.

 

4. Tomat dan yoghurt

Kombinasi antara yoghurt dan tomat dapat menghilangkan jerawat sekaligus mencegahnya muncul kembali. Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang berguna membunuh bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat.
Selain itu, yoghurt juga mengandung asam laktat dan asam Alfa hidroksi yang berguna menghilangkan sel-sel kulit mati yang sering menyumbat pori-pori. Sumbatan pori-pori pada kulit wajah dapat menjadi penyebab komedo di wajah dan juga jerawat serta masalah kulit lainnya. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat dan yoghurt:

  • Hancurkan setengah tomat hingga halus kemudian masukkan ke dalam mangkuk
  • Tambahkan dengan 2 sendok makan yoghurt di dalamnya etelah itu aduk kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik.
  • Gunakan sebagai masker wajah kemudian diamkan selama setidaknya 20 menit.
  • Langkah terakhir bilas dengan air sampai bersih hingga tidak ada masker tomat yang tersisa.
  • Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan jerawat serta masalah kulit lainnya seperti flek hitam.

 

5. Madu dan tomat

Madu adalah sumber anti-bakteri dan anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengobati jerawat di wajah. Selain itu, madu juga berperan penting dalam meningkatkan peremajaan kulit wajah. Jadi produk perawatan madu sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah anda.
Caranya:

  • Haluskan tomat dengan blender kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan madu
  • Gunakan sebagai masker wajah dan bilas setelah 15 menit.
  • Lakukan secara teratur untuk menghilangkan jerawat di wajah anda.

Demikian tadi cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat bagi pembaca.