10 Cara memanjangkan bulu mata secara alami dan permanen

Kecantikan, Perawatan
Cara memanjangkan bulu mata secara alami
image from youtube.com

Cara memanjangkan bulu mata secara alami dan permanen menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti minyak zaitun, minyak jarak, dan lidah buaya yang pastinya aman untuk digunakan. Bulu mata adalah salah satu bagian tubuh yang sering terlihat.

Bulu mata yang panjang akan menjadikan seseorang terlihat lebih menawan dan mempesona terutama di hadapan pasangannya. Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan indah, banyak orang yang menempuh cara instan salah satu diantaranya adalah menggunakan bulu mata palsu.

Menggunakan bulu mata palsu selain tidak diperbolehkan dalam Islam karena termasuk melakukan manipulasi juga terlihat sangat tidak natural. Belum lagi Anda juga dihadapkan pada pemasangan bulu mata yang cukup merepotkan dan pastinya tidak praktis, terutama saat digunakan untuk berwudhu dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan bulu mata yang panjang secara alami, yaitu menggunakan bahan-bahan rumahan. Selain aman, cara ini juga bersifat permanen sehingga Anda tidak perlu melakukan pemasangan bulu mata palsu.

 

Penyebab bulu mata menipis

Bulu mata yang menipis bisa disebabkan beberapa faktor termasuk usia, genetika, perubahan hormonal, serta efek samping penggunaan obat-obatan tertentu. Selain itu, penyakit kulit serta kondisi medis tertentu seperti infeksi mata, gangguan endokrin, trauma, kelainan metabolik, serta kekurangan nutrisi juga berperan penting dalam menyebabkan kerontokan bulu mata.

Pada umumnya ketebalan bulu mata seseorang juga didasari pada tingkat ketebalan rambut. Sehingga faktor-faktor yang dapat meningkatkan kesuburan rambut juga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan bulu mata anda. Seseorang yang memiliki risiko tinggi mengalami kerontokan pada rambut juga memiliki resiko sama akan mengalami masalah pada kerontokan bulu mata.

 

Cara memanjangkan bulu mata secara alami

Ada beberapa cara memanjangkan bulu mata secara alami sekaligus membuatnya lebih tebal. Pada dasarnya beberapa jenis minyak esensial bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal menjadi indikasi jika minyak esensial juga bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan bulu mata secara alami. Berikut cara memanjangkan bulu mata secara alami dan aman:

1. Minyak jarak

Cara memanjangkan bulu mata secara alami yang pertama adalah menggunakan minyak jarak. Minyak jarak merupakan minyak nabati yang berasal dari biji jarak yang dikenal sebagai stimulan alami untuk menyuburkan dan memperindah bulu mata.

Bahkan, minyak jarak sendiri sudah digunakan sebagai obat alami untuk menumbuhkan rambut sejak zaman mesir kuno. Untuk menggunakan minyak jarak anda hanya perlu menerapkannya pada bulu mata menggunakan cotton bud atau sikat make up yang bersih. Oleskan secara hati-hati pada bulu mata Anda sebelum tidur. Saat pagi hari Anda bisa membalasnya dengan air.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun menjadi salah satu minyak yang cukup populer untuk perawatan kecantikan. Selain berguna memanjangkan rambut secara alami, minyak zaitun dipercaya cukup ampuh untuk menebalkan sekaligus memanjangkan bulu mata Anda. Minyak zaitun kaya akan asam oleat serta vitamin E yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Kedua nutrisi tersebut selain berguna menumbuhkan rambut juga bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan bulu mata anda serta membuatnya tampak lebih indah secara alami. Caranya: celupkan cotton bud ke dalam minyak zaitun yang telah dipanaskan sebelumnya. Oleskan minyak zaitun menggunakan cotton bud di malam hari sebelum tidur. Biarkan selama semalaman setelah itu bersihkan dengan air.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan ramuan alami yang sangat menakjubkan. Bukan hanya karena manfaatnya untuk kesehatan, tetapi juga karena kamampuannya dalam membantu memperindah bulu mata. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya seperti vitaminA, B12, C dan E membantu merangsang pertumbuhan bulu mata sekaligus membuatnya tampak lentik secara alami.

Jadi dengan menggunakan lidah buaya anda tidak perlu lagi menggunakan bulu mata palsu. Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan lidah buaya: pertama potong lidah buaya, setelah itu ambil gelnya. Haluskan menggunakan blender kemudian oleskan pada bulu mata anda dengan hati-hati. Lakukan secara teratur paling tidak dua kali seminggu untuk membantu Anda mendapatkan bulu mata yang panjang dan indah.

4. Menyikat bulu mata

Menyikat bulu mata merupakan metode sederhana yang dapat memanjangkannya secara alami. Menyikat bulu mata membantu menghilangkan partikel seperti kotoran dan debu yang mungkin dapat menghambat pertumbuhannya. Debu dan kotoran dapat menyumbat pori-pori sehingga akan menghalangi upaa anda dalam memanjangkan bulu mata.

Selain menghilangkan kotoran, menyikat bulu mata juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga penyerapan nutrisi bisa lebih maksimal. Sikat bulu mata anda dengan lembut menggunakan sikat khusus. Lakukan metode ini setidaknya dua kali sehari selama 5 menit.

5. Tingkatkan asupan vitamin E harian Anda

Penelitian pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Nah, karena bulu mata juga bagian rambut di tubuh kita, maka dengan meningkatkan asupan vitamin E akan membantu Anda memanjangkan bulu mata secara alami.

Selain membantu memanjangkan bulu mata, vitamin E juga bertindak sebagai antioksidan yang berguna mengurangi stres oksidatif, dimana stres dapat menyebabkan rontoknya rambut dan bulu mata. Selain meningkatkan asupan vitamin E, anda juga bisa menerapkannya secara langsung ke bulu mata untuk membuatnya tampak lentik secara alami.

6. Lakukan pijatan pada kelopak mata

Cara memanjangkan bulu mata secara alami yang selanjutnya adalah melakukan pijatan ringan pada area kelopak mata. Seperti yang kita ketahui bahwa pemijatan dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu pertumbuhan bulu mata. Jika aliran darah lancar, maka nutrisi yang dibawahnya akan bisa disalurkan dengan maksimal sampai foliker di area mata. Tentunya hal ini akan menstimulasi pertumbuhan bulu mata serta mencegahnya dari kerusakan.

Untuk memudahkan anda dalam melakukan pemijatan, sebaiknya gunakan sedikit minyak sebagai pelumas seperti minyak zaitun atau sejenisnya. Sebelum melakukannya, pastikan kedua jari anda dalam keadaan bersih karena dikhawatirkan dapat mengotori bulu mata anda. Selain itu, pijat secara perlahan menggunakan ujung jari selama setidaknya 5 menit. Lakukan dua kali sehari selama 1 hingga 3 bulan.

7. Menggunakan kulit lemon

Cara memanjangkan bulu mata secara alami yang tidak kalah efektif adalah menggunakan kulit lemon. Kulit lemon mengandung asam folat dan vitamin yang telah lama digunakan sebagai ramuan alami untuk memanjangkan rambut. Kandungan asam folat serta vitamin yang dimilikinya juga berguna dalam meningkatkan pertumbuhan bulu mata, sekaligus membuatnya tampak indah secara alami.

Caranya: pertama rendam kulit lemon ke dalam minyak jarak atau minyak zaitun dalam mangkuk. Biarkan selama dua minggu setelah itu terapkan minyak zaitun tadi ke bulu mata menggunakan catton bud atau maskara. Sebaiknya lakukan sebelum tidur. Biarkan selama semalaman setelah itu bersihkan bulu mata anda pada pagi harinya. Ulangi langkah ini setidaknya 3 kali dalam seminggu selama beberapa bulan untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Menggunakan telur

Telur dikenal sebagai makanan super karena memiliki nilai gizi yang cukup baik. Telur kaya akan kandungan protein serta vitamin yang berguna dalam meningkatkan tekstur bulu mata Anda. Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan telur cukup mudah. Pertama persiapkan satu butir telur berukuran sedang setelah itu ambil kuningnya.

Tambahkan gliserin kemudian kocok sampai teksturnya menjadi lebih encer dan lembut. Terapkan pada bulu mata Anda menggunakan kapas. Lakukan dengan hati-hati agar telur tidak masuk ke mata anda. Ulangi metode ini setidaknya 3 kali dalam seminggu selama setidaknya 2 bulan hingga Anda mendapatkan hasilnya.

Baca juga: 10 Cara membuat masker putih telur untuk wajah dan rambut Anda

9. Teh hijau

Teh hijau mengandung tinggi flavonoid yang dapat mendorong pertumbuhan bulu mata secara alami. Teh hijau telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi rambut rontok. Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian teh hijau berguna mempercepat pertumbuhan rambut pada hewan tersebut. Hal ini menjadi indikasi yang baik bahwa teh hijau dapat digunakan sebagai ramuan alami untuk memanjangkan bulu mata.

Caranya: seduh teh hijau dengan air hangat dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, masukkan kapas ke dalam teh hijau tadi kemudian terapkan ke bulu mata Anda. Oleskan dengan lembut dan jangan sampai mengenai mata. Biarkan selama 15 menit setelah itu bilas bulu mata anda dengan air sampai bersih.

10. Shea butter

Shea butter merupakan bahan alami yang berasal dari daratan Afrika, di mana bahan ini telah lama digunakan selama berabad abad yang lalu untuk meningkatkan kesehatan kulit, kuku dan rambut. Shea better mengandung vitamin A dan B yang keduanya bermanfaat memperkuat folikel rambut sekaligus meningkatkan pertumbuhan bulu mata.

Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan shea butter: pertama celupkan cotton bud ke dalam shea butter setelah itu aplikasikan ke bulu mata Anda. Biarkan selama semalaman setelah itu bersihkan pada keesokan harinya. Pastikan anda melakukannya dengan rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bulu mata

Perlu Anda ketahui bahwa cara memanjangkan bulu mata secara alami akan dapat bekerja maksimal jika anda juga mencukupi kebutuhan nutrisi dari dalam. Beberapa makanan yang mengandung tinggi protein, kalsium, serta vitamin sangat berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan bulu mata anda.

Selain itu, manajemen stres yang baik juga akan membantu Anda mencegah kerontokan pada bulu mata. Bukan hanya menyebabkan kerontokan, stres juga akan menghambat upaya Anda dalam memanjangkan bulu mata secara alami. Hal ini dikarenakan dalam keadaan stres kemampuan tubuh menjadi melemah sehingga mungkin akan berpengaruh terhadap pertumbuhan bulu mata. Untuk mencegah stres, anda bisa melakukan olahraga ringan secara rutin terutama di pagi hari. Melakukan olahraga setidaknya setengah jam setiap hari akan membantu anda lebih rileks.

Selain itu, anda perlu mengurangi makanan yang mengandung bahan kimia karena dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata. Sebagai gantinya tingkatkan asupan buah dan sayur yang diperkaya dengan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan juga protein.

Demikian tadi cara memanjangkan bulu mata secara alami dan permanen yang bisa kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda.