Wajah Berjerawat Saat Hamil

Posted on

Wajah berjerawat saat hamil

Wajah berjerawat saat hamil – Munculnya jerawat saat hamil memang bisa mengganggu penampilan. Tapi, Bumil tidak perlu cemas. Situasi ini bisa dituntaskan dengan pelbagai perawatan, termasuk perawatan simpel dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah!

Ada banyak sekali keluhan saat mengandung yang mungkin calon ibu rasakan, salah satunya yaitu wajah yang berjerawat saat sedang hamil. Beberapa dari ibu mengandung memang cukup mudah mengalami kulit berjerawat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Jerawat sendiri biasanya timbul saat sedang mangandung trimester pertama dan yang kedua adalah tingkat dari keparahan yang berbeda.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai penyebab, cara mengatasi, dan juga obat alami untuk wajah berjerawat saat hamil yang harus kamu ketahui.

Baca juga: 10 Manfaat air putih untuk kecantikan kulit wajah yang mengagumkan

Penyebab Wajah Berjerawat Saat Hamil

wajah berjerawat saat hamil
Sumber: https://cdn.popmama.com/

Wajah berjerawat saat sedang mengandung disebabkan oleh berbagai hal, akan tetapi dengan peningkatan kadar hormon androgen menjadi salah satu pemicu utamanya. Pasalnya, hormon ini bisa menstimulasi kulit untuk memproduksi minyak berlebih yang disebut sebum.

Kelebihan sebum bisa membikin kuman berkembang lebih pesat, apalagi kalau pori-pori kulit tersumbat dan banyak sel kulit yang mengelilingi folikel rambut. Akibatnya yaitu kulit akan mengalami peradangan yang memicu timbulnya jerawat.

Selain itu, kebersihan pada kulit wajah juga akan berkontribusi terhadap munculnya jerawat pada wajah. how long can i take ivermectin Calon ibu yang malah untuk membersihkan wajah, ataupun tidak membersihkan wajah dengan benar terutama saat menggunakan make up, akan lebih beresiko munculnya jerawat.

Unsur lain yang juga mungkin membikin wajah jadi rentan untuk berjerawat ialah stres. Stres memang tidak bisa menyebabkan jerawat, namun bisa memperburuk situasi kulit yang berjerawat.

Baca juga: Cara Minum Madu yang Benar

Cara Meredakan Wajah Berjerawat Saat Hamil

wajah berjerawat saat hamil
Sumber: https://s3.bukalapak.com/

Untuk bisa membantu meredakan hingga menghilangkan jerawat saat sedang hamil, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mencuci Wajah Secukupnya

Hindari mencuci wajah terlalu kerap, karena adat istiadat ini bisa membikin kulit menjadi kering dan menstimulasi kulit untuk memproduksi minyak berlebih. Efeknya, jerawat jadi mudah untuk timbul.

Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk mencuci muka sebanyak 2 kali sehari atau setelah berkeringat berlebih. Saat sedang mencuci muka kamu bisa menggunakan air hangat dan juga sabun yang menggunakan bahan dasar lembut.

2. Mengeringkan Wajah dengan Tepat

Sesudah mencuci wajah, lantas keringkan wajah memakai handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepuknya secara pelan. Hindari untuk menggosok wajah dengan menggunakan handuk, dikarenakan hal itu dapat menyebabkan kulit menjadi semakin meradang bahkan iritasi.

3. Menggunakan Produk Bebas Minyak atau Noncomedogenic

Untuk mengurangi risiko munculnya jerawat, Bumil dianjurkan untuk memakai pembersih wajah dan kosmetika berlabel “noncomedogenic” atau “nonacnegenic”. Label ini bisa menjelaskan bahwa produk tersebut tidak dapat menjadi penyebab jerawat ataupun penyumbatan pori-pori. Selain memiliki label noncomedogenic, ada baiknya kamu memilih produk yang bebas parfum, menggunakan bahan dasar air, dan juga bebas alkohol.

4. Mencuci Tangan Secara Teratur

Selain ini bisa mencegah kuman bersarang di tangan. Ingat, kamu juga diharuskan untuk menjauhkan tangan sendiri dari wajah. Agar kuman yang berada didalam tangan tidak berpindah ke wajahmu dan menjadi pemicu munculnya jerawat.

5. Menjaga Kebersihan

Ganti sarung bantal secara teratur untuk menghindari kuman merekat di wajah. Kemudian, jaga kebersihan rambut dengan cara mencucinya secara teratur agar komponen rambut yang mengenai wajah bebas dari minyak.

Selain itu, kurangi penggunaan telepon atau ponsel sampai merekat ke wajah saat menelepon. Lebih bagus gunakan earphone.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Masker Alami untuk Wajah Berjerawat Saat Hamil

Sumber: https://blogpictures.99.co/

Tapi obat jerawat memang bisa membantu menuntaskan dilema jerawat yang timbul. Akan tetapi ibu yang sedang hamil harus berhati-hati, dikarenakan bahan yang ada didalamnya belum tentu aman untuk digunakan ibu yang sedang hamil. Selain kamu berkeinginan mencoba obat alami untuk menuntaskan jerawat saat hamil berikut ini ialah ulasan lengkapnya.

Madu untuk Wajah Berjerawat Saat Hamil

Selain dapat membantu melembutkan kulit, madu juga bermanfaat untuk membantu menuntaskan jerawat dikarenakan bersifat antiseptik serta antibakteri. Untuk memanfaatkan madu sebagai obat jerawat, Bumil bisa mengoleskan madu ke kulit wajah yang sudah dibersihkan. Setelah itu diamkan selama 20 hingga 30 menit baru setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Minyak Kelapa untuk Wajah Berjerawat Saat Hamil

Manfaat dari minyak kelapa sebagai obat jerawat dapat kamu perolah dengan menjadikannya sebagai pelembab alammi yang bisa kamu pakai pada malam hari sebelum tidur. Minyak kelapa mudah diresapi kulit dan diandalkan berperan sebagai antijamur dan antibakteri.

Jeruk Nipis

Bumil bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menuntaskan dilema kulit berjerawat. Caranya juga cukup mudah, ambil air perasan jeruk nipis, dan oleskan langsung ke wajah yang sedang berjerawat dengan menggunakan kapas. Diamkan selama sekitar 10 menit, baru kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Jeruk nipis bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan meredakan peradangan.

Jika berkeinginan memakai bahan alami di atas, Bumil bisa mengoleskannya ke kulit secara sedikit terutamanya dahulu. sklice, soolantra, stromectol Dengan timbulnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal dan kemerahan, lantas bilas sampai bersih dan hentikan pengaplikasiannya.

Selain perawatan untuk jerawat dari luar, ibu hamil juga diharuskan untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam. ivermectin side effects puppies Caranya mudah yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah serta sayur. Selain hal tersebut, ibu hamil perlu untuk mengkonsumsi cukup air dan juga menghindari konsumsi dari minuman berkafein dan juga berkarbonasi dengan berlebihan.

Jerawat saat hamil bisa reda dengan sendirinya demikian itu kadar hormon kembali normal. Jadi, jangan terlalu cemas dengan kemunculannya karena setelah Si Kecil lahir, karena lazimnya jerawat akan sirna dengan sendirinya.

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai penyebab, cara mengatasi, dan juga obat alami untuk wajah berjerawat saat hamil yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga  Manfaat Masker Spirulina Tiens, Untuk Kecantikan