Ukuran gawang sepak bola standar FIFA untuk junior dan senior

Ukuran gawang sepak bola
Ukuran gawang sepak bola
image quoracdn.net

Ukuran gawang sepak bola standar Nasional dan Internasional lengkap yang sesuai dengan pedoman FIFA mulai dari panjang hingga tingginya. 

Sampai saat ini sepak bola masih menjadi olahraga yang paling diminati di seluruh dunia. Bagi para pencinta olahraga si kulit bundar ini tentunya akan penasaran mengenai seluk-beluknya mulai dari ukuran lapangannya, gawang, serta hal-hal terkait sepak bola lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gawang sepak bola mulai dari tinggi serta lebarnya. Jika kita ingin mengetahui ukuran pasti dari gawang sepak bola tentu kita harus mengacu pada peraturan yang ditetapkan oleh FIFA selaku induk sepak bola Internasional.

Gawang memang merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam permainan sepak bola. Lantas tahukah Anda berapa ukuran standar gawang sepak bola terutama tinggi dan lebarnya?

Sekilas mengenai gawang sepak bola

Gawang dalam permainan sepak bola merupakan sebuah tempat untuk menyarangkan bola. Gawang yang terdapat di lapangan sepak bola biasanya memiliki bentuk persegi panjang dengan 2 tiang yang tegak secara vertikal. Untuk bagian atas gawang terdapat sebuah tiang berbentuk horizontal yang menjadi pembatas dari tinggi gawang itu sendiri.

Di bagian belakang gawang sepak bola terdapat sebuah jaring untuk menahan laju bola agar tidak keluar lapangan. Salah satu fungsi jaring pada gawang permainan sepak bola adalah untuk mengidentifikasi gol yang terjadi. Sedangkan di depan gawang ini terdapat satu orang pemain yang secara khusus ditugaskan untuk menjaga agar bola tidak masuk ke dalamnya, pemain tersebut dinamakan kiper.

Sejarah gawang sepak bola

Awal sejarah sepak bola tentunya gawangnya tidak seperti yang saat ini kita lihat. Dulunya permainan sepak bola hanya menggunakan sebuah gawang kecil yang digunakan sebagai tempat untuk menyarangkan bola. Barulah di tahun 1882 melalui konferensi yang diadakan oleh FA untuk pertama kalinya gawang sepak bola dibuat.

Dalam konferensi yang diadakan pada bulan Desember tahun 1882 tersebut FA telah menetapkan bahwa gawang menjadi salah satu komponen yang wajib dalam permainan sepak bola. Gawng tersebut merupakan sebuah tiang yang ditancapkan secara vertikal di kedua sisi dan di bagian atasnya diberi mistar.

Sejak ditetapkan oleh FA akhirnya gawang menjadi salah satu komponen yang wajib dalam permainan sepak bola dan harus ada dalam setiap lapangan sepak bola standar. Meskipun demikian, awal mula gawang dibuat masih belum terdapat jaring seperti yang saat ini kita lihat.

Dengan tidak adanya jaring pada gawang tersebut akan membuat wasit sulit untuk menentukan apakah terjadi gol atau tidak. Hal ini lantaran saat bola dimasukkan ke dalam gawang maka tidak akan ada yang menahan Nya sehingga akan sangat sulit mengetahui apakah bola masuk atau tidak, terutama saat bola ditendang dengan keras. Sehingga pada akhirnya diciptakanlah inovasi untuk menampilkan jaring di belakang gawang untuk menahan laju bola yang terlalu cepat.

Penggunaan jaring pada gawang tepatnya terjadi saat pertandingan antara North melawan kesebelasan The South di tahun 1981 tepatnya pada bulan Januari. Sejak saat itu penggunaan jaring pada gawang sepak bola menjadi standar yang telah ditetapkan dan dipakai hingga saat ini.

Ukuran gawang sepak bola standar

Ukuran gawang sepak bola standar
image stadia-sports.co.uk

Dalam permainan sepak bola standar, ukuran gawang yang ditetapkan oleh FIFA memiliki tinggi 2,44 meter. Sedangkan untuk lebar gawang itu sendiri yaitu 7,32 m. Ukuran tinggi gawang tersebut merupakan standar yang digunakan oleh FIFA dalam berbagai macam ajang sepak bola internasional.

Sedangkan untuk ukuran jala atau jaring yang terdapat di belakang gawang yaitu memiliki diameter lubang sekitar 10 centi. Ukuran ini sebenarnya tidak wajib akan tetapi intinya yang penting bola tidak bisa melewatinya.

Untuk material yang digunakan sebagai tiang gawang secara umum berbahan besi yang cukup kuat untuk bisa menahan laju bola yang kencang. Selain itu, gawang dalam permainan sepak bola standar juga harus kuat dan tidak mudah roboh serta tidak boleh bergerak saat terkena angin atau tendangan bola.

Untuk warna nya sendiri biasanya gawang sepak bola dicat berwarna putih sama dengan garis yang ada di lapangan sepak bola. Warna putih dipilih lantaran dianggap lebih mudah untuk dilihat mengingat dasar lapangan sepak bola yang digunakan adalah rumput berwarna hijau.

Ukuran gawang sepak bola mini

Setelah kita mengetahui ukuran lebar dan tinggi gawang sepak bola standar, sekarang kita akan sedikit membahas mengenai sepak bola mini termasuk berapa ukuran gawang yang digunakan dalam permainan sepak bola mini tersebut.

Sesuai namanya, sepak bola mini tentunya menggunakan lapangan yang jauh lebih kecil dan ukuran gawang nya pun juga pastinya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan gawang standar. Lantas tahukah Anda berapa ukuran dari gawang sepak bola mini tersebut?

Ada beberapa jenis gawang sepak bola mini di antaranya adalah:

Gawang sepak bola PSG-01

Gawang sepak bola ini sangat kecil dan portable sehingga bisa dibawa kemana-mana. Gawang sepak bola PSG 01 hanya memiliki tinggi 80 cm dengan lebar 112 cm, tentunya dengan ukuran tersebut tidak membutuhkan kiper sebagai penjaga gawang.

Gawang sepak bola GSK 120

Untuk gawang sepak bola yang satu ini sekilas hampir mirip dengan gawang yang digunakan dalam sepak bola standar hanya saja ukurannya sangat minim yaitu memiliki tinggi hanya 80 cm dan lebar 120 cm. Gawang ini berbahan besi dan biasanya bisa dirakit sehingga mudah untuk dibawa.

Gawang sepak bola mini portable GSMP 01

Gawang sepak bola mini yang selanjutnya adalah jenis portable GSM P 01. Gawang ini sebenarnya hampir mirip dengan gawang standar akan tetapi dengan ukuran yang sedikit lebih kecil. Ukuran gawang ini memiliki tinggi 200 cm dengan lebar 500 cm. 

Gawang ini juga dilengkapi dengan jaring di belakang dan bisa dibawa ke mana-mana alias portable. Dengan ukurannya yang mini serta mudah dipindahkan sehingga membuatnya sangat cocok digunakan di tempat latihan. Baca juga Ukuran lapangan sepak bola standar Nasional dan Internasional

Gawang sepak bola junior GSJ-01

Gawang sepak bola junior memiliki tinggi 200 cm dan lebar 500 cm. Gawang jenis ini biasanya sering digunakan untuk permainan sepak bola junior. Gawang tipe ini biasanya permanen atau ditanam di dalam tanah. 

Nah demikianlah beberapa ulasan mengenai beberapa ukuran gawang yang sesuai standar dalam permainan sepak bola mini maupun dewasa.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.