Sejarah sepak bola dunia

Sejarah sepak bola di Indonesia dan dunia (lengkap)

Olahraga
Sejarah sepak bola dunia

Sejarah sepak bola di Indonesia dan dunia yang diulas secara lengkap dan gamblang dalam sebuah artikel, serta beberapa peraturan singkat permainan sepak bola.

Tidak bisa dipungkiri jika sepak bola saat ini merupakan olahraga yang paling populer di seluruh dunia. Sepak bola sangat dikenal terutama di penjuru Eropa, Amerika Selatan, dan sebagian besar negara Afrika. Berbicara mengenai asal usul atau sejarah sepak bola sebenarnya ada banyak pertentangan mengenai siapa sebenarnya yang menemukan olahraga ini.

Dalam artikel berikut ini kita akan mempelajari bagaimana asal usul atau sejarah sepak bola hingga menjadi salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia saat ini.

Pengertian sepak bola

Kata sepak bola sebenarnya berasal dari 2 kata, sepak yang berarti menendang sedangkan bola yang berarti sesuatu yang bulat dan berbahan kulit. Sehingga permainan sepak bola bisa dikatakan sebagai bola bundar yang disepak menggunakan kaki.

Sejarah sepak bola dunia

Pada awal kemunculannya beberapa mengatakan bahwa sepak bola berawal dari tahun 2500 sebelum masehi. Pada waktu itu orang-orang Yunani, Mesir dan Cina tampaknya telah menjadi bagian dari sejarah sepak bola. Meskipun tentunya pada waktu itu sepak bola tidak sebagus dan semenarik saat ini. Sepak bola dimainkan dengan cara yang sangat sederhana dan dengan menggunakan alat yang sederhana pula.

Secara umum permainan sepak bola sebagian besar dilakukan menggunakan tangan, kaki, dan bahkan tongkat untuk mengontrol bola. Permainan sepak bola di Romawi harpastum merupakan sebuah permainan yang menggunakan bola berbasis kepemilikan dimana masing-masing pihak akan berusaha mempertahankan kepemilikan tersebut selama mungkin. Biasanya orang-orang Yunani kuno ini akan berkompetisi dalam game serupa berjudul episkyros. Meskipun sebenarnya aturan sepak bola ini lebih mirip dengan rugby dibandingkan dengan sepak bola modern saat ini.

Sedangkan permainan yang diyakini paling mirip dengan sepak bola modern saat ini adalah sebuah permainan yang diberi nama Tsu’Chu. Dalam bahasa Cina Tsu’Chu berarti menendang bola. Dimana permainan ini telah diketahui pertama kali dimainkan pada dinasti han atau 206 sebelum Masehi.

Sepak bola atau Tsu’Chu ini diakui sebagai bentuk sepak bola kuno yang telah dimainkan selama ratusan tahun sebelum Masehi. Dalam permainan sepak bola kuno ini seorang pemain akan menggiring sebuah bola berbahan kulit dan memasukkannya ke jaring yang digantung di antara dua batang bamboo.

Dalam permainan sepak bola kuno ini pemain harus menggunakan kaki dan bagian lain dari tubuhnya. Salah satu perbedaan utama antara permainan Tsu’Chu dengan sepak bola saat ini adalah gawang atau sasaran yang digunakan memiliki ketinggian sekitar 30 kaki yang digantung bukan seperti gawang yang saat ini kita lihat.

Sejak diperkenalkannya pertama kali sepak bola kuno atau Tsu’Chu ini semakin populer di seluruh dunia. Banyak budaya yang memiliki aktivitas hampir mirip dengan permainan sepak bola kuno ini, termasuk kemari di Jepang yang masih dimainkan sampai saat ini. Penduduk asli Amerika juga memiliki Pahsaherman sedangkan Penduduk asli Australia memainkan Marn Grook yang kesemuanya hampir mirip dengan permainan sepak bola.

Sejarah sepak bola di eropa

Sejarah sepak bola di eropa

Setelah di Cina, sejarah sepak bola terus berkembang hingga ke Eropa tepatnya di negara Inggris. Sepak bola mulai berkembang di Eropa moderen sejak periode abad pertengahan dan seterusnya. Di suatu tempat sekitar abad ke-9 seluruh kota di Inggris telah melakukan permainan sepak bola dengan cara menendang kandung kemih babi dari satu Lenmarc Lenmarc lainnya. Permainan ini sering dianggap sebagai gangguan dan bahkan dilarang selama beberapa periode di Inggris.

Beberapa permainan yang saat ini dikenal sebagai sepak bola tersebut telah lama dipertandingan di Inggris. Permainan tersebut telah melibatkan dua tim besar dan mungkin jumlahnya bukan 11 per 1 tim. Bahkan permainan sepak bola di Inggris ini dapat merentang dari satu ujung kota ke kota lainnya. Di mana kedua tim berusaha untuk menendang bola ke gawang lawan mereka.

Dalam permainan sepak bola ini game-game tersebut seringkali memiliki skor rendah. Aturan standar masih belum ditegakkan, jadi hampir semua cara diizinkan dalam permainan tersebut. Bahkan permainan sepak bola ini bisa menjurus pada perkelahian atau bahkan pelanggaran yang mungkin saat ini dianggap kejam. Akan tetapi pada waktu itu tentu masih menjadi sesuatu yang diperbolehkan karena belum adanya aturan.

Sebagai negara industri keterbatasan ruang di dalam kota dan juga kurangnya waktu luang bagi para pekerja menjadi salah satu faktor penurunan Animo masyarakat terhadap sepak bola ini. Selain itu, belum ditegakkannya aturan juga membuat sepak bola terkadang berakhir dengan kekerasan.

Sejarah sepak bola moderen

Kodifikasi sepak bola dimulai di sekolah-sekolah umum di Inggris pada awal abad ke-19. Dalam sistem sekolah swasta sepak bola adalah permainan di mana tangan diperbolehkan dalam aturan ini dan bahkan bergulat diizinkan dalam rangka merebut bola dari lawan. Meskipun ini sedikit berbeda dengan sepak bola saat ini akan tetapi inilah awal sepak bola modern dibentuk.

Dua gawang mulai ditempatkan di masing-masing ujung, dan disana Sudah ada kiper bahkan taktik pola diperkenalkan. Aturan main pun mulai dibuat seperti halnya melakukan tekel telah dilarang namun aturannya masih bervariasi.

Dari sini sejarah sepak bola terus berkembang hingga ditetapkannya banyak aturan. Pada periode 1800 an klub-klub mulai muncul khususnya di sekolah-sekolah di Inggris. Meskipun demikian dalam bentuk semi terorganisir aturannya hampir mirip dengan permainan rugby meskipun sudah mulai menyerupai sepak bola modern saat ini.

Peraturan telah dibuat akan tetapi dalam permainan sepak bola di tahun tersebut kekerasan masih sering muncul seperti saling menendang kaki lawan terutama pada daerah tulang kering. Bahkan ini menjadi sesuatu hal yang menyenangkan.

Selama bertahun-tahun lamanya sejarah sepak bola masih belum banyak berubah akan tetapi perkembangannya pasti. Beberapa sekolah tersebut mulai bertanding satu sama lain. Selama waktu periode ini para pemain masih diizinkan untuk menggunakan tangan dalam permainan sepak bola meskipun penggunaan tangan hanya diizinkan untuk mengoper bola ke belakang seperti pada permainan rugby.

Sejarah asosiasi sepak bola

Asosiasi sepak bola pertama kali didirikan pada 26 Oktober 1863. Pada waktu itu federasi sepak bola berusaha untuk menyatukan berbagai kode dan sistem yang digunakan dalam permainan sepak bola di seluruh Inggris. Dalam aturan tersebut salah satunya adalah permainan sepak bola hanya boleh menggunakan kaki dan tidak diperkenankan menggunakan tangan.

Meskipun aturan diciptakan untuk membuat permainan sepak bola semakin menarik akan tetapi beberapa klub tampaknya tidak senang dengan aturan ini. Mereka lebih menyukai sepak bola gaya lama yang saat ini mungkin dikenal sebagai permainan rugby. Meskipun demikian Aturan ini masih belum dapat menyeluruh di Inggris karena beberapa orang masih melakukan permainan sepak bola dengan gaya lama.

Sejarah sepak bola profesional

Selama perjalanannya sejarah sepak bola terus berkembang mulai dari sepak bola kuno, moderen, hingga sebagai olahraga yang yang banyak digemari di seluruh dunia. Seiring perkembangannya sepak bola profesional mulai bermunculan terutama pada periode 1887. Pada waktu itu banyak dari klub sepak bola mulai bergabung dengan FA hingga jumlahnya mencapai 128.

Meskipun pada waktu itu sepak bola mulai berkembang dan banyak klub yang bergabung dengan FA, akan tetapi FA membuat aturan bahwa pemain sepak bola tetap harus amatir. Artinya tidak ada perputaran uang dalam permainan sepak bola.

Seiring bertambahnya waktu tepatnya pada tahun 1870-an ketika permianan sepak bola dikenakan biaya masuk saat menonton para pemain jelas tidak senang dan menuntut kompensasi untuk pelatihan dan waktu permainan mereka. Hingga akhirnya beberapa club sepak bola mulai membayar pemain mereka sehingga membuat sepak bola menjadi olahraga professional.

Penyebaran sepak bola di seluruh dunia

Seiring dengan kepopuleran sepak bola di Inggris olahraga ini semakin tumbuh terutama di negara-negara Eropa lainnya. Pada waktu itu liga sepak bola mulai bermunculan di seluruh dunia. Belanda dan Demak pada tahun 1889 mulai menciptakan klub-klub di negara mereka. Sedangkan Negara Amerika Latin seperti Argentina mulai bermunculan club pada tahun 1893, Chile Pada tahun 1895, Swiss dan Belgia pada tahun 1895, sedangkan Itali pada tahun 1898.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dibentuk di Paris pada tahun 1904 dengan tujuh anggota. Beberapa anggota tersebut seperti Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Sedangkan jerman mengumumkan niatnya untuk bergabung pada hari yang sama.

Pada tahun 1930, Piala Dunia FIFA pertama kali diadakan di Uruguay. Pada waktu itu Ada 41 anggota FIFA dan tetap menjadi puncak dunia sepak bola sejak saat itu. Hari ini FIFA memiliki lebih dari 200 anggota dan Piala Dunia menjadi salah satu acara terbesar dalam even olahraga dunia.

Sejarah sepak bola di Indonesia

Sejarah sepak bola di Indonesia

Seiring meningkatnya kepopuleran permainan sepak bola, olahraga yang satu ini juga merambah ke berbagai negara Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Sejarah sepak bola di Indonesia dimulai pada tahun 1914 di mana pada waktu itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Sedangkan sejarah sepak bola modern di Indonesia dimulai dari terbentuknya PSSI atau induk sepak bola di Indonesia yang terjadi pada tahun 1930 tepatnya pada tanggal 19 April di Yogyakarta.

Pada awal awalnya sepak bola di Indonesia masih diselenggarakan secara amatir, yang disebuat sebagai perserikatan. Hingga pada tahun 1979 hingga 1980-an telah dikenalkan sebuah kompetisi liga sepak bola utama atau yang dikenal dengan Galatama. Meskipun demikian keduanya masih berjalan sendiri-sendiri. Galatama merupakan awal dari terbentuknya olahraga profesional pertama kali di Indonesia meskipun pada awalnya galatama masih masih semi professional.

Pada kompetisi Galatama ini pertandingan sepak bola Masih terdiri dari 1 devisi saja, hingga pada tahun 1983 dan 1990 dikembangkan menjadi dua devisi. Untuk membuat sepak bola di Indonesia semakin berkembang PSSI akhirnya memiliki inisiatif untuk menggabungkan antara Galatama dan perserikatan di tahun 1994 menjadi Liga Indonesia.

Akhirnya pada tahun 2008 PSSI secara resmi menyelenggarakan Liga Super Indonesia yang merupakan liga sepak bola profesional pertama kali di Indonesia.

Meskipun hingga saat ini sepak bola Indonesia masih belum memiliki prestasi yang begitu Gemilang karena adanya Gejolak politik yang sering terjadi. Dimana gejolak politik tersebut salah satunya berimbas pada sepak bola di Indonesia, sehingga membuatnya sulit berkembang. Meskipun demikian sepak bola diakui atau tidak menjadi salah satu olahraga yang sangat merakyat dan digemari di Negara kita tercinta ini.

Peraturan sepak bola

Salah satu hal yang paling penting dalam perjalanan sejarah sepak bola adalah dibuatnya aturan yang mencakup pelanggaran dan juga waktu permainan. FIFA telah membuat peraturan sepak bola standar internasional yang akan dijadikan acuan bagi negara-negara lain anggotanya nya. Aturan ini juga mencakup mengenai waktu/durasi pertandingan, pelanggaran, dan juga sistem pertandingan sepak bola.

Secara umum dalam pertandingan sepak bola dibagi menjadi dua babak. dimana masing-masing babak terdiri dari 45 menit. Jadi total durasi pertandingan sepak bola adalah 90 menit + 15 menit sebagai waktu istirahat. Durasi tersebut merupakan waktu normal pertandingan sepak bola.

Akan tetapi jika dalam waktu 2 kali 45 menit pertandingan masih berakhir Imbang maka akan diadakan perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu ini biasanya terdiri dari dua babak dimana masing-masing babak terdiri dari 15 menit. Jika dalam masa perpanjangan waktu kedua tim masih Imbang maka akan diadakan adu tendangan penalti.

Ukuran lapangan sepak bola

Salah satu peraturan sepak bola yang telah dibuat oleh FIFA adalah menentukan ukuran lapangan sepak bola standar internasional. Dimana lapangan yang digunakan harus berbentuk persegi panjang. Dengan ketentuan panjang lapangan harus 100 sampai 110 meter dengan lebar 64 hingga 75 meter. Jadi dimensi lapangan sepak bola berbeda dengan ukuran lapangan bulu tangkis atau tenis di mana panjang dan lebarnya telah ditentukan.

Nah demikian tadi ulasan mengenai sejarah sepak bola di Indonesia dan dunia yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda seputar perkembangan sepak bola di negara kita dan di dunia secara umum.