10 Manfaat bermain voli yang mungkin tidak kamu sangka

manfaat bermain voli
Manfaat bermain voli
image defense.gov

Pastinya semua dari kita sudah mengenal olahraga voli bukan? Olahraga ini memang cukup menarik untuk dimainkan dan bisa dikatakan menjadi salah satu permainan yang ringan.

Olahraga voli juga relatif lebih aman lantaran sangat minim kontak fisik. Hingga tidak heran jika banyak orang yang memainkan voli sebagai olahraga rutinan. 

Sekilas mengenai permainan voli

Voli merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan tangan sebagai tumpuan utama saat bermain. Dalam permainan bola voli kita harus dituntut untuk menjaga agar bola tidak jatuh di area permainan kita. Karena jika hal itu terjadi maka lawan akan mendapatkan poin.

Permainan bola voli umumnya bisa dimainkan oleh 6 orang dalam satu tim, terkadang juga hanya 5, misalnya saja dalam permainan bola voli mini. Akan tetapi dalam permainan bola voli standar sebuah tim tidak boleh memiliki pemain kurang dari 4. Jika hal ini terjadi, misalnya jika satu tim terkena kartu merah sehingga pemainnya kurang dari 4 maka tim tersebut akan dinyatakan kalah.

Untuk aturan skor dalam permainan bola voli secara umum menggunakan format 3 kali kemenangan, yang itu artinya jumlah maksimal setnya adalah 5. Ada juga permainan bola voli yang menggunakan format dua kali kemenangan sehingga maksimal setnya 3. Dalam satu set permainan bola voli terdiri dari 25 poin, jika terjadi skor imbang 24-24 maka akan diadakan poin tambahan. Penambahan poin ini akan terus dilakukan hingga satu dari kedua tim bisa mengungguli lawannya sebanyak 2 poin.

Manfaat bermainan bola voli

Jika kamu adalah salah satu orang yang gemar berolahraga cobalah untuk bermain bola voli. Permainan ini selain mengasyikkan ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat bermain bola voli tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini:

1. Bisa membantu memperbaiki postur tubuh

Nah jika kamu ingin memiliki tinggi badan yang ideal cobalah sering berolahraga seperti bermain voli. Dalam permainan bola voli biasanya kita akan sering melompat. Aktivitas ini ternyata sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh terutama dalam meninggikan badan secara alami.

Manfaat ini bisa sangat terasa terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan. Jadi cobalah maksimalkan masa pertumbuhan anda dengan sering berolahraga seperti bermain voli agar tinggi badan anda bisa maksimal.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Banyak dari jenis olahraga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang, seperti contohnya bermain bola voli. Olahraga yang cukup dan memenuhi kebutuhan kalsium adalah kunci utama bagi anda untuk meningkatkan kesehatan tulang. Cobalah bermain voli setidaknya dua kali dalam seminggu selama sekitar 1 jam. 

Melakukannya secara rutin secara bertahap akan membantu anda meningkatkan kesehatan tulang dan menjaganya agar tidak mudah rapuh. Olah raga voli juga sangat cocok dilakukan oleh wanita karena tidak adanya kontak fisik sehingga mengurangi resiko cedera.

3. Bantu turunkan berat badan

Ini memiliki berat badan ideal? Cobalah rutin bermain voli. Ya permainan bola voli memang menuntut anda untuk tetap aktif bergerak sehingga akan membantu membakar lemak lebih efisien. Ini sangat cocok terutama bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Memang bagi mereka dengan berat badan berlebih mungkin akan sedikit kesulitan saat bermain bola voli. Akan tetapi itu bukan masalah besar, karena intinya adalah hanya sekedar berolahraga, bukan untuk meraih kemenangan.

Anda juga bisa memilih posisi tertentu dalam bermain voli agar kelebihan berat badan anda tidak begitu mengganggu, misalnya bertugas sebagai libero. 

4. Bantu mencegah insomnia

Nah manfaat bermain bola voli yang satu ini sangat dirasakan terutama bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Meningkatkan aktivitas fisik seperti berolahraga memang diketahui cukup efektif dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang. Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan.

Saat berolahraga terutama bermain bola voli akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Hal ini kabarnya akan sangat membantu dalam mengatasi insomnia. Jadi tunggu apalagi, cobalah untuk rutin berolahraga terutama di pagi hari. 

5. Bisa dimainkan siapa saja di segala usia

Menurut sejarah permainan bola voli, olahraga ini memang didesain khusus untuk bisa dimainkan oleh siapa saja di segala usia. Saat olahraga ini ditemukan oleh William G Morgan dia ingin menciptakan sebuah permainan yang bisa dimainkan oleh orang tua. Jadi akhirnya dia menciptakan olahraga bola voli yang dianggap Morgan lebih ringan dan tidak membutuhkan tenaga yang ekstrem. 

Terlebih lagi dalam permainan bola voli juga tidak ada kontak fisik yang keras sehingga cukup aman jika dimainkan oleh lansia sekalipun. Meskipun demikian, melakukan pemanasan terlebih dahulu sangat dianjurkan sebelum bermain voli untuk mengurangi resiko cidera.

6. Bantu meningkatkan kesehatan mental anda

Ternyata manfaat bermain bola voli bukan hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga mental. Olahraga yang sifatnya permainan seperti halnya bola voli memang bisa memberikan efek yang positif untuk kesehatan mental. Olahraga semacam ini bisa meningkatkan mood serta membuat pikiran menjadi lebih fresh. Hal ini tentunya akan sangat membantu menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres.

Olahraga voli sangat cocok dilakukan terutama di sore hari setelah bekerja. Cobalah menemukan klub voli agar anda bisa bermain secara rutin. 

7. Menjaga kesehatan jantung

Olahraga secara rutin seperti bermain voli telah dikaitkan dengan meningkatnya kesehatan jantung. Hal ini tampaknya masuk akal lantaran olahraga memang dapat membantu mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang terkait erat dengan penyakit jantung. 

Misalnya saja berolahraga secara rutin bisa membantu melatih jantung serta mencegah obesitas. Tentunya hal ini akan sangat berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung cobalah untuk tidak terlalu memaksakan diri untuk berolahraga berat. Oleh sebab itu, bermain voli mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Meskipun demikian cobalah untuk menjaga intensitasnya dan jangan terlalu berlebihan.

8. Mencegah diabetes

Siapa yang menyangka jika rutin bermain bola voli ternyata bisa mencegah penyakit diabetes. Olahraga memang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan anda secara keseluruhan termasuk mencegah berbagai macam penyakit. 

Penyakit diabetes bisa dicegah dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Jadi cobalah untuk rutin bermain bola voli paling tidak tiga kali dalam seminggu agar anda terhindar dari penyakit diabetes. 

9. Melatih otot kaki dan tangan

2 bagian tubuh yang cukup aktif saat bermain bola voli adalah tangan dan kaki. Keduanya akan dilatih untuk terus bekerja saat bermain sehingga membuat otot pun terbiasa. Hal ini pada gilirannya akan membuat otot menjadi lebih kuat dan tidak mudah mengalami masalah.

Salah satu bagian otot yang cukup merasakan manfaat dari bermain bola voli adalah paha. Paha adalah bagian tubuh yang menjadi tumpuan saat kita melakukan smash dalam permainan bola voli. 

10. Meningkatkan konsentrasi

Anak-anak sangat dianjurkan untuk banyak bergerak untuk meningkatkan kewaspadaan serta konsentrasi. Dan salah satu cara melatih konsentrasi yang paling baik adalah melakukan olahraga yang sifatnya permainan seperti voli. Sudah barang tentu saat bermain voli kita akan dituntut untuk bergerak dan melatih konsentrasi untuk menebak serangan lawan. Jadi bermain voli akan berguna dalam meningkatkan kewaspadaan serta tingkat konsentrasi kita.

Nah bagaimana setelah membaca mengenai manfaat bermain voli di atas apakah anda tertarik untuk memainkan olahraga yang satu ini?. Sebelum bermain voli jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu serta menerapkan keamanan standar agar terhindar dari cedera.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →