Ukuran lapangan sepak

Ukuran lapangan sepak bola standar Nasional dan Internasional

Olahraga

Ukuran lapangan sepak bola yang sesuai standar Nasional dan Internasional serta beberapa dari markas klub besar dunia lainnya seperti Real Madrid dan Manchester United.

Sekilas tentang sepak bola

Permainan sepak bola
image: pacaf.af.mil

Sepak bola merupakan olahraga paling fenomenal karena olahraga yang satu ini memiliki penggemar paling banyak di seluruh dunia. Hampir semua benua di seluruh dunia pasti mengenal yang namanya sepak bola meskipun mungkin di beberapa negara kurang begitu tenar, akan tetapi hampir semua orang mengetahui tentang olahraga yang satu ini.

Di Indonesia sendiri permainan sepak bola begitu melekat pada masyarakat kita. Lihat saja bagaimana saat tim sepak bola Indonesia bertanding melawan negara lain pasti di setiap Stadion akan dipenuhi pengunjung atau penonton. Hal ini menunjukkan Animo masyarakat kita sangat besar terhadap pertandingan sepak bola.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat anda ingin bermain sepak bola adalah lapangan atau area yang digunakan untuk bertanding. Area ini tentunya bukan hanya sekedar area karena ada ukuran khusus yang telah ditentukan oleh FIFA Federasi Sepak Bola Internasional. Nah bagi Anda yang ingin tahu Berapa ukuran lapangan sepak bola yang sesuai standar Nasional dan Internasional berikut ulasannya untuk anda:

Komponen dalam lapangan sepak bola

Dalam lapangan sepak bola yang sesuai standar Nasional dan Internasional ada beberapa komponen yang wajib ada di dalam lapangan tersebut diantaranya adalah:

Lingkar tengah

Di dalam lapangan sepak bola terdapat sebuah lingkaran yang berada di tengah di mana lingkaran ini memiliki ukuran jari-jari yaitu 9,5 m. Lingkar Tengah ini biasanya terdapat juga titik yang digunakan untuk melakukan Kick Off atau dimulainya pertandingan sepak bola.

Area penalti

Area penalti atau juga disebut sebagai kotak penalti merupakan sebuah garis yang memiliki ukuran persegi panjang yang berada di ujung lapangan sepak bola pada masing-masing gawang. Untuk area penalti sendiri memiliki panjang total 40,3 meter dan lebar 16.5 meter. Di dalam area penalti tersebut terdapat sebuah titik yang digunakan untuk melakukan tendangan hukuman (penalti). Titik tersebut memiliki jarak dari gawang yaitu 11 meter.  

 Tiang gawang

Salah satu komponen yang wajib ada dalam lapangan sepak bola adalah tiang gawang. Gawang dalam permainan sepak bola memiliki ukuran persegi panjang dengan tinggi 2,4 meter dan lebar 7,3 meter. Di kedua gawang tersebut juga terdapat sebuah jaring yang bertujuan untuk mencegah bola keluar terlalu jauh dari area gawang saat dimasukkan.

Ukuran lapangan sepak bola standar Internasional

Ukuran lapangan sepak
image: wikimedia.org

Secara umum ukuran lapangan sepak bola tidak ditentukan secara standar dengan ukuran yang tepat, baik untuk ukuran lapangan standar Nasional dan Internasional. Karena masing-masing lapangan sepak bola Internasional memiliki ukuran yang berbeda-beda akan tetapi pada dasarnya memiliki panjang antara 90 sampai 110 meter.

Contohnya saja ukuran lapangan sepak bola Stadion Old Trafford markas Manchester United memiliki panjang 105 meter x 68 meter. Sedangkan untuk ukuran lapangan sepak bola Stadion Santiago Bernabeu yang merupakan markas dari klub Real Madrid memiliki panjang 108 meter dengan lebar 72 meter.

Berikut selengkapnya:

  1. Panjang lapangan sepak bola yaitu antara: 90-110 meter
  2. Lebar lapangan sepak bola standar adalah: 45-90 meter
  3. Jari-jari lingkaran tengah pada lapangan sepak bola yaitu sekitar : 9.15 meter
  4. Garis pada daerah gawang lapangan sepak bola yaitu : 18.3 x 5.5 meter
  5. Sedangkan untuk daerah Pinalti lapangan sepak bola harus berukuran: 40.3 x 16.5 meter
  6. Untuk jarak titik tendangan penalti dalam lapangan sepak bola dengan garis gawang harus memiliki ukuran : 11 meter
  7. Jarak Antara titik penalti dengan garis busur yaitu : 9.15 meter
  8. Ukuran tinggi gawang pada lapangan sepak bola : 2.4 meter
  9. Ukuran lebar gawang lapangan sepak bola yaitu : 7.3 meter

Ukuran lapangan sepak bola mini

Ukuran lapangan sepak bola mini
image: publicdomainpictures.net

Selain sepak bola ukuran standar ternyata ada juga lapangan sepak bola ukuran mini. Dari namanya saja kita bisa menebak jika lapangan sepak bola mini tentunya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan standar. Ukuran lapangan sepak bola mini biasanya digunakan untuk anak-anak SD sederajat.

Ukuran panjang lapangan sepak bola mini hanya 60 kali 40 meter saja. Dengan ketinggian gawang 2 meter dan lebar gawang hanya 5 meter. Sedangkan untuk jarak antara tendangan penalti ke gawang yaitu 9 meter dengan area penalti 12 kali 13 meter. Sepak bola mini umumnya dimainkan oleh 7 orang pada masing-masing tim dengan durasi waktu 20 x 2 menit.

Peraturan singkat permainan sepak bola

Dalam permainan sepak bola pada masing-masing tim terdapat 11 pemain utama dengan ketentuan 10 pemain lapangan dan satu orang keeper yang bertugas menjaga gawang. Dalam pertandingan sepak bola resmi umumnya terbagi menjadi dua bagian atau babak dimana pada masing-masing babak berdurasi 45 menit dengan waktu istirahat 15 menit. Sehingga waktu pertandingan total 90 menit + 15 menit.

Dalam pertandingan sistem gugur biasanya ada tambahan waktu 15 menit x 2, Jika masing-masing tim memiliki skor imbang hingga waktu 90 menit berakhir. Jika pada tambahkan waktu tersebut skor kedua tim tetap Imbang maka pertandingan akan dilanjutkan dengan adu tendangan pinalti.

Dalam adu tendangan penalti biasanya masing-masing tim dipersilahkan untuk mengirim 5 orang penendang. Siapa dari kedua tim tersebut yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka dialah pemenangnya. Jika dari 5 penendang tersebut keduanya tetap Imbang maka akan ditambah satu lagi penendang hingga ada satu pemain dari kedua tim tersebut gagal melakukan tendangan.

Sedangkan untuk peraturan pertandingan sendiri dalam permainan sepak bola seorang pemain hanya boleh menggiring bola menggunakan kedua kaki. Apabila bola disentuh entah itu disengaja atau tidak maka akan terjadi pelanggaran atau yang disebut dengan handsball. Hanya keeper lah satu-satunya pemain yang diperbolehkan untuk memegang bola, itu pun tidak boleh keluar dari area pinalti.

Sejarah singkat permainan sepak bola

Sejarah sepak bola dunia dimulai sejak berabad-abad yang lalu di mana permainan sepak bola diyakini pertama kali dimainkan pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada waktu itu orang-orang Tiongkok menendang bola yang terbuat dari kulit ke arah gawang kecil yang mereka buat. Selain di Tiongkok, ternyata permainan sepak bola juga dilakukan di negara Jepang di mana di negara tersebut permainan ini dinamakan kemari. Setelah itu permainan sepak bola mulai dikenal di seluruh dunia dan pertama kali dipopulerkan di Inggris. Di negara tersebut peraturan sepak bola mulai dibuat sehingga permainan sepak bola menjadi semakin menarik.

Demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan sepak bola Nasional dan Internasional yang sesuai standar yang telah ditentukan oleh FIFA yang merupakan induk dari Federasi sepak bola Internasional.