Pengertian rendah hati serta manfaatnya bagi kehidupan

Pengertian rendah hati
Pengertian rendah hati
image dumblittleman.com

Pengertian rendah hati serta manfaat orang yang memiliki sifat tersebut. Rendah hati merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sifat rendah hati ini sangat positif dan akan membawa banyak kebaikan bagi orang yang memilikinya.

Rendah hati berbeda dengan minder atau yang sering dikatakan sebagai rendah diri. Meskipun kebanyakan orang terkadang sulit membedakan antara keduanya. Untuk membantu anda lebih memahami pengertian rendah hati, berikut ulasannya:

Pengertian rendah hati

Pengertian rendah hati adalah sadar bahwa dirinya memiliki kekurangan serta kelemahan sebagai manusia. Dengan demikian orang yang memiliki sifat rendah hati tidak akan sombong dan menyepelekan orang lain.

Sedangkan lawan dari rendah hati adalah sombong, di mana sifat ini sangat buruk dimiliki oleh seseorang. Pengertian sombong adalah menghargai diri sendiri terlalu berlebihan. Orang yang sombong biasanya relatif lebih menyepelekan orang lain.

Sedangkan istilah lainnya yang cukup berkaitan adalah rendah diri. Pengertian rendah diri adalah menghargai diri sendiri terlalu rendah. Orang yang rendah diri biasanya memiliki kepercayaan diri yang rendah. Orang semacam ini membutuhkan sebuah motivasi untuk bisa meningkatkan kepercayaan dirinya.

Sifat rendah hati harus diiringi dengan kepercayaan diri yang tinggi agar membuat seseorang tersebut bisa mengeluarkan potensi pada dirinya secara maksimal. Lantas apa saja manfaat jika seseorang memiliki sifat rendah hati?.

Manfaat rendah hati

Setelah mengetahui pengertian rendah hati tersebut tentu anda bisa memperkirakan bahwa orang yang memiliki sifat ini adalah orang yang baik. Berikut daftar manfaat rendah hati:

1. Jauh dari sifat sombong

Seperti yang anda ketahui bahwa rendah hati merupakan lawan dari sombong. Sombong adalah sifat yang buruk sehingga harus anda buang jauh-jauh. Orang yang memiliki sifat rendah hati biasanya dia terhindar dari sifat sombong tersebut. 

2. Lebih bisa menghargai orang lain

Sifat rendah hati benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan terutama saat seseorang bersosialisasi. Jika anda menemukan orang yang memiliki sifat rendah hati maka pasti anda akan senang dengannya. 

Orang dengan sifat rendah hati relatif bisa menghargai orang lain karena dia tahu bahwa dirinya sendiri juga memiliki kekurangan. Dengan demikian orang yang memiliki sifat rendah hati tidak akan mudah untuk meremehkan orang lain. 

3. Disukai banyak orang

Salah satu ciri-ciri teman yang baik adalah memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong. Semua dari kita pasti sepakat jika rendah hati merupakan sifat yang baik sehingga pasti banyak orang yang akan menyukainya.

Anda pastinya akan jengkel jika memiliki teman yang angkuh dan sombong. Begitu juga sebaliknya, anda pastinya akan menyukai jika memiliki teman yang rendah hati serta bisa menghargai anda. Untuk itulah alasan kenapa orang yang rendah hati relatif lebih disukai orang lain.

4. Memiliki ketenangan jiwa

Manfaat rendah hati yang selanjutnya adalah memiliki ketenangan jiwa. Dengan sifat rendah hati maka anda bisa lebih fokus menata diri anda. Jadi anda tidak terlalu pusing membandingkan diri anda dengan orang lain.

Karena orang yang memiliki sifat rendah hati akan sadar bahwa setiap orang itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi dia tidak akan terbebani dengan sifat sombong yang akan membuat jiwanya tidak tenang.

5. Memiliki aura yang positif

Rendah hati merupakan sifat yang positif sehingga akan memancarkan aura positif pula pada diri seseorang. Kebanyakan hati seseorang memang bisa dilihat dari aura wajah, tutur kata, serta perangainya. Dengan aura yang positif pula akan membuat seseorang lebih disukai banyak orang.

6. Ada banyak orang yang akan simpati kepada anda

Keuntungan memiliki sifat rendah hati yang selanjutnya adalah anda akan lebih mudah mendapatkan simpati orang lain. Terutama jika anda telah menjadi orang yang sukses dan tetap mempertahankan sifat rendah hati yang dimiliki. Pastinya akan ada banyak orang yang simpati dengan anda.

7. Ada banyak orang yang menghargai anda

Orang yang rendah hati itu biasanya lebih bisa menghargai orang lain. Timbal baliknya maka kita juga akan dihargai orang lain. Perilaku kita pada seseorang akan mempengaruhi perilaku seseorang pada kita. Jadi usahakan untuk tetap mempertahankan sifat rendah hati yang anda miliki. Supaya ada banyak orang yang tetap menghargai anda.

8. Lebih mudah meraih kesuksesan

Mungkin anda berpikir tidak ada hubungannya antara ciri-ciri orang sukses dengan rendah hati. Tetapi sebenarnya sifat rendah hati yang anda miliki mungkin saja akan mengantarkan anda pada sebuah kesuksesan.

Ingat orang yang memiliki sifat rendah hati itu biasanya disukai banyak orang dan mudah untuk bersosialisasi. Tentunya ini merupakan salah satu modal yang sangat penting sekali untuk meniti karir anda menuju sebuah kesuksesan.

Sebaliknya orang yang sombong cenderung tidak disukai orang lain dan bisa jadi akan menghambat kesuksesannya. Tentu hal ini tidak mutlak karena tergantung juga bagaimana usaha anda untuk meraih sebuah kesuksesan.

9. Lebih mudah dalam menerima kebenaran

Orang yang tidak memiliki sifat rendah hati biasanya akan sulit untuk menerima hidayah atau petunjuk. Karena biasanya sifat sombong itu juga disertai dengan gengsi. Sehingga tidak mengherankan jika orang yang memiliki sifat rendah hati secara umum lebih mudah dalam menerima hidayah. Baca juga Arti kata rendah hati dan bedanya dengan minder

10. Lebih bisa bersyukur

Orang yang memiliki sifat rendah hati itu relatif lebih bisa bersyukur. Dia tidak terlalu memperdulikan mengenai kekurangannya, bukannya tidak ingin memperbaiki, tapi dia bisa menerima apa yang telah tuhan berikan kepada nya. Perasaan ini nantinya akan membuat hatinya semakin tenang.

11. Dijauhkan dari sifat dengki

Diantara penyebab munculnya kedengkian pada diri seseorang adalah adanya sifat sombong. Dia selalu tidak rela jika ada orang lain yang lebih dari dirinya. Sifat dengki ini tentu sangat buruk sekali dan akan membuat pelakunya dibenci orang lain.

Sedangkan orang yang memiliki sifat rendah hati tentu akan jauh dengan kesombongan yang akan mengantarkannya pada sifat dengki. Jadi tidak heran jika sifat rendah hati akan membuat seseorang memiliki hati yang bersih.

12. Lebih bisa melihat kelebihan orang lain

Jika ingin bertanya mengenai kelebihan yang anda miliki cobalah untuk bertanya kepada orang yang rendah hati. Orang yang memiliki sifat rendah hati itu lebih bisa melihat kelebihan anda sehingga dia akan bisa memberikan penilaian yang objektif.

Bertanya mengenai kelebihan anda kepada orang lain terkadang dibutuhkan untuk mengetahui bakat yang kita miliki. 

Demikian tadi ulasan mengenai pengertian rendah hati serta manfaatnya bagi kehidupan kita. Semoga kita termasuk orang yang memiliki sifat rendah hati tersebut sehingga akan dijauhkan dari sifat sombong.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →