Arti kata rendah hati

Arti kata rendah hati dan bedanya dengan minder

Arti kata
Arti kata rendah hati
Arti kata rendah hati

Rendah hati merupakan sifat yang sangat terpuji. Sifat ini harus dimiliki oleh setiap muslim dan bahkan bagi semua orang. meskipun banyak orang yang sering mengucapkan kata rendah hati akan tetapi ternyata masih belum banyak yang mengetahui apa arti kata rendah hati yang sesungguhnya. 

Arti kata rendah hati

Karena ternyata rendah hati hampir mirip dan terkadang orang salah memahaminya di mana kata yang diartikan sama seperti dengan rendah diri. 

Kata rendah hati dan rendah diri merupakan dua kata yang memiliki penyebutan hampir sama akan tetapi berbeda dari sisi makna. Rendah hati diartikan sebagai sebuah sifat dimana seseorang merasa dirinya tidak lebih dibandingkan orang lain. 

Rendah hati adalah sebuah sifat dimana seseorang menghargai dirinya sesuai dengan porsinya, tanpa menganggap remeh orang lain. Sedangkan di dalam agama kata rendah hati sering diartikan sebagai tawadhu’.

Orang yang memiliki sifat rendah hati biasanya juga akan bisa menghargai orang lain dan tidak mudah meremehkannya. Lawan dari kata rendah hati adalah sombong dimana keduanya merupakan sifat yang saling bertolak belakang. 

Selain itu, orang yang memiliki sifat rendah hati juga menganggap bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga dia tidak akan menjadi orang yang angkuh atau sewenang wenang kepada orang lain.

Sedangkan rendah diri atau terkadang disebut sebagai minder merupakan sebuah sifat di mana dia merasa dirinya rendah di hadapan orang lain. Rendah diri ini bisa dikatakan sebagai sifat yang negatif karena orang yang memilikinya akan selalu merasa dirinya kurang berharga.

Ciri-ciri orang yang memiliki sifat rendah hati

Tidak sungkan untuk memuji orang lain. Orang yang memiliki sifat rendah hati biasanya tidak sungkan memuji orang lain yang memiliki kelebihan di atas dirinya. 

Ringan tangan dalam membantu orang lain. orang yang memiliki sifat rendah hati biasanya juga mudah sekali dalam membantu orang lain. Hal ini dikarenakan pemilik sifat rendah hati akan merasa bahwa dirinya suatu saat akan membutuhkan bantuan orang lain sehingga dia juga harus memberikan bantuan saat orang lain membutuhkan. 

Tidak suka menonjolkan dirinya. Orang yang memiliki sifat rendah hati biasanya tidak suka mengumbar kelebihannya di depan orang lain dia terkesan menutupi kelebihannya jika tidak benar-benar dibutuhkan. Singkatnya orang yang memiliki sifat rendah hati sangat kalem dan tidak terkesan angkuh. 

Tidak terlalu banyak bicara. Terlalu banyak bicara terkadang merupakan hal yang buruk jika tidak diarahkan. Sedangkan orang yang memiliki sifat rendah hati ini biasanya jarang sekali berbicara jika dia merasa bahwa pembicaraannya tidak penting. 

Contoh sifat rendah hati

Orang yang memiliki sifat rendah hati ini biasanya juga disukai oleh orang lain karena dirinya biasanya juga mudah menghargai orang lain. Contoh yang paling gampang dari pemilik sifat rendah hati adalah seorang petarung UFC yang namanya baru-baru ini cukup terkenal yaitu Khabib Nurmagomedov. Meskipun dia seorang petarung yang belum pernah terkalahkan, akan tetapi dia selalu menghargai dan tidak pernah merendahkan lawan-lawannya. 

Sedangkan salah satu orang yang dianggap memiliki sifat sombong adalah Conor Mcgregor. Terlepas dari apakah sifat sombong yang dimilikinya hanya sebuah settingan saja untuk membuat pertandingan semakin seru, akan tetapi nyatanya banyak orang yang mem-bully atau membenci dirinya karena sifat yang dia miliki. Ini menunjukkan betapa pentingnya kita memiliki sifat rendah hati dan harus menghindari sifat sombong.

Demikian tadi ulasan mengenai arti kata rendah hati dan bedanya dengan rendah diri yang mungkin belum banyak orang yang tahu. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan memberi wawasan tambahan bagi anda. Jika anda suka dengan artikel di atas jangan lupa untuk membagikannya.