12 Cara menghibur diri sendiri yang patut Anda coba

cara menghibur diri sendiri
cara menghibur diri sendiri
image hearstapps.com

Terkadang dalam hidup kita butuh untuk menghibur diri sendiri, ada banyak cara yang bisa dilakukan termasuk pergi berekreasi. Satu dari sekian banyak kesalahan seseorang adalah terlalu mengharapkan kebahagiaan dari orang lain.

Kehadiran orang lain di dekat kita memang bisa menjadi pelengkap kebahagiaan, tetapi itu bukan satu-satunya. Yang sangat perlu untuk menghibur diri anda adalah anda sendiri. Dengan berpikir demikian anda akan berhenti terlalu berharap kepada orang lain.

Seperti halnya saat kita dalam masalah terkadang kita sangat berharap ada orang yang bisa membantu kita. Anggapan seperti ini harus dibuang jauh-jauh karena terkesan kita akan menjadi orang yang lemah. Kalau kita sering berpikir bahwa kebahagiaan kita itu selalu datang dari orang lain maka rasanya akan sulit untuk meraihnya.

Karena tentu tidak selamanya orang lain akan bisa memberikan kebahagiaan pada kita. Terkadang orang lain pergi meninggalkan kita dan disaat seperti ini kita akan merasa hancur dan sangat sedih lantaran terlalu mengharapkan kehadiran orang lain dalam hidup kita.

Tips menghibur diri sendiri 

Nah bagi anda yang selalu ingin mendapatkan kebahagiaan, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah menghibur diri sendiri. Lantas bagaimana caranya?berikut beberapa tips menghibur diri sendiri yang bisa anda lakukan:

1. Selalu bersyukur

Dalam hidup terkadang kita akan dihadapkan pada sesuatu yang kurang mengenakkan. Seperti misalnya kehidupan yang kita rencanakan tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk bisa menerima hal ini anda perlu lebih bersyukur.

Bersyukur bukan hanya bisa menenangkan hati dan pikiran, tetapi juga lebih ke sebuah proses menghibur diri sendiri. Jadi untuk anda yang ingin hidup lebih bahagia maka rasa syukur harus benar-benar ada dalam diri.

2. Lakukan hobi anda

Hobi adalah sesuatu yang menyenangkan saat kita mengerjakannya. Melakukan hobi ternyata bisa membantu menghibur diri anda terutama saat ada masalah. Jika anda suka melakukan sesuatu seperti memancing, membaca, atau mungkin berolahraga cobalah untuk lebih banyak meluangkan waktu untuk nya.

Belum lagi meluangkan banyak waktu untuk melakukan hobi ternyata juga bisa mengasah bakat anda. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang mencoba menemukan bakat yang anda miliki.

3. Luangkan waktu untuk diri anda sendiri

Seringkali kita meluangkan waktu untuk orang lain tetapi terkadang kita lupa bahwa sebenarnya diri kita sendiri membutuhkan waktu untuk lebih menikmati hidup. Jangan biarkan kesibukan anda melupakan waktu untuk menghibur diri sendiri.

Sesekali anda bisa mengambil cuti dan istirahat dari aktivitas yang melelahkan. Setelah itu lakukanlah apa yang menurut anda menyenangkan, mungkin anda bisa pergi berbelanja atau sekedar merawat diri. Jadi jangan melulu terlalu disibukkan dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya.

4. Lihatlah orang yang ada di bawah anda

Salah satu cara menghibur diri sendiri yang patut dicoba adalah dengan melihat orang-orang yang ada di bawah anda. Sering melihat orang yang berada di bawah anda bukan mengajari kita untuk menjadi orang yang sombong. Tetapi ini lebih untuk membantu anda agar lebih bersyukur.

Dengan melihat orang lain yang memiliki nasib kurang beruntung akan membuat anda sadar bahwa apa yang sudah kita miliki selayaknya patut untuk disyukuri dan dinikmati. Hal ini akan membuat anda lebih kuat dan menjadi sebuah dorongan semangat dalam menjalani kehidupan.

5. Bangkitkan kepercayaan diri anda

Diantara cara menghibur diri sendiri yang tidak boleh anda lupakan adalah dengan membangkitkan kepercayaan diri. Rasa percaya diri yang tinggi akan membangkitkan semangat bagi anda untuk menjalani kehidupan. Orang yang percaya diri relatif lebih bahagia serta dapat mengeluarkan potensi yang dia miliki dengan maksimal.

Salah satu cara meningkatkan percaya diri adalah dengan mengasah bakat yang dimiliki. Memahami bahwa setiap orang punya kekurangan dan kelebihan juga bisa membangkitkan kepercayaan diri anda. 

6. Hibur diri anda dengan selalu berfikir positif

Menanamkan pikiran positif akan memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan hidup. Pikiran positif akan selalu mendatangkan sesuatu yang positif pula. Ini merupakan hiburan yang sangat baik untuk diri anda sekaligus berguna mensejahterakan mental.

Selalu berpikir positif akan membuat kita tidak mudah was-was dan khawatir. Percayalah bahwa apapun yang menimpa diri anda itu sudah ditetapkan oleh yang maha kuasa. Tugas kita hanya berusaha semaksimal mungkin dan selebihnya serahkan pada tuhan.

7. Jangan terlalu mendengarkan kritikan orang

Ini bukan berarti menjadikan anda sebagai orang yang keras kepala. Tetapi lebih kepada menyaring setiap kritikan yang ditujukan kepada anda. Tidak semua orang yang mengkritik itu bertujuan baik, ada pula yang hanya sebagai celaan saja untuk membuat mental kita jatuh.

Jadi sebaiknya jangan terlalu mendengarkan kritikan orang lain. Hibur diri anda dengan hal-hal yang bisa membuat anda lebih semangat. Jangan jadikan kritik sebagai sebuah hambatan melainkan hanya sebagai sebuah cermin untuk introspeksi diri.

8. Hibur diri anda dengan pergi berlibur

Ini adalah salah satu cara yang bisa anda coba untuk menghibur diri sendiri disaat galau. Mengunjungi tempat-tempat tertentu memang bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh, ini tentunya juga sangat berguna untuk menghilangkan beban. Berlibur akan memberikan sebuah kenangan yang baik sekaligus menjadi sebuah momen untuk melupakan sejenak masalah yang sedang anda hadapi.

Sebaiknya jangan pergi sendiri, ajak keluarga atau teman dan buat liburan anda menjadi menyenangkan dan begitu terkesan. Ini bisa menjadi energi pembangkit semangat untuk menjalani aktivitas keseharian.

9. Perbanyak olahraga

Olahraga terkadang bisa menjadi sebuah hiburan yang memiliki efek sangat luar biasa. Anda pasti sering mendengar mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan mental. Ternyata ini bukan hanya sekedar mitos, ada banyak fakta yang menunjukkan bahwa olahraga ternyata bisa menghilangkan stres dan menjadi sebuah media hiburan.

Tentunya anda harus memilih olahraga yang dirasa cocok. Olahraga yang sifatnya permainan bisa menjadi pilihan yang cukup bagus, misalnya seperti bermain tenis meja, bulu tangkis atau basket. Jika anda tidak memiliki keahlian dalam olahraga yang sifatnya permainan, bersepeda di pagi hari mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus.

10. Berkumpul bersama teman

Salah satu yang membuat kita sering merasa suntuk adalah karena terlalu mengurung diri di rumah. Untuk itu cobalah menghibur diri sendiri dengan keluar bersama teman-teman anda. Terkadang saat kita sudah mulai memasuki usia dewasa dan punya keluarga sendiri waktu bersama teman menjadi sangat kurang.

Berkumpul bersama keluarga itu bagus tetapi terkadang kita juga membutuhkan orang lain untuk sekedar melepas kerinduan. Apalagi jika anda punya teman yang baik dan jarang sekali bertemu. Mungkin sesekali menemuinya bisa menghibur diri anda. 

11. Menulis di buku harian

Cara lainnya yang patut anda coba untuk menghibur diri sendiri adalah dengan menuliskan perasaan anda di sebuah buku harian. Jika curhat dengan teman dirasa kurang cukup untuk menghibur diri anda, cobalah untuk menuangkan perasaan dengan menuliskannya di sebuah buku harian. 

Menuangkan perasaan di sebuah buku harian bukan hanya bisa menjaga privasi, tetapi juga sebagai media untuk melatih kreativitas anda terutama dalam hal menulis. 

12. Membaca sebuah cerita inspiratif

Membaca sebuah cerita inspiratif ternyata cukup ampuh dalam menghibur diri di saat sedang ada banyak masalah. Cerita inspiratif memang bisa membangkitkan semangat serta membuat kita lebih bergairah dalam menjalani hidup. 

Pilihlah sebuah cerita yang menurut anda menarik untuk dibaca, dan pastinya harus bermakna dan bisa mendekatkan diri anda kepada sang maha pencipta. Ini akan memberikan ketentraman kepada batin sekaligus menjadi sebuah nasehat.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →