13 Manfaat sabar dalam meraih kesuksesan hidup di dunia & akhirat

manfaat sabar
Manfaat sabar
image dumblittleman.com

Manfaat sabar dalam meraih sebuah kesuksesan hidup di dunia dan akhirat. Menjalani hidup di dunia itu tidak mudah ada banyak lika-liku kehidupan yang menyertainya, sehingga dibutuhkan kesabaran untuk menjalaninya. Kesabaran yang baik tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi orang yang menjalankannya. Sabar bukan hanya sekedar menahan emosi tetapi juga ulet serta tidak mudah menyerah dalam menjalani kehidupan.

Lantas apa saja manfaat sabar dalam meraih sebuah kesuksesan hidup didunia dan akhirat?. Mari simak ulasannya berikut ini:

Manfaat sabar bagi kehidupan anda

1. Lebih mudah meraih sebuah kesuksesan

Salah satu cara menjadi orang yang sukses adalah dengan menumbuhkan kesabaran dalam dirinya. Dia tahu untuk meraih sebuah kesuksesan pasti dibutuhkan waktu serta perjuangan.

Tentu hal ini tidak bisa diraih begitu saja tanpa adanya kesabaran. Jadi orang yang sabar relatif lebih mudah untuk meraih kesuksesan hidup.

2. Mendatangkan pahala

Allah subhanahu wa ta’ala selalu menyuruh hambanya untuk tetap bersabar dalam setiap ujian yang diberikan nya. Dengan kesabaran yang baik maka seseorang akan mendapatkan pahala yang besar di sisi tuhannya. 

Sabar dalam menjalani ujian memang tidaklah mudah, sehingga tidak mengherankan jika sabar bisa mendatangkan sebuah pahala yang besar. Jadi cobalah untuk tetap menyakinkan diri anda agar selalu bersabar dalam segala macam kondisi.

3. Tidak mudah menyerah

Orang yang sabar itu biasanya ulet dan tidak mudah menyerah. Sifat ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Jika anda ingin menjadi orang yang sukses maka sangat wajib untuk menanamkan sifat sabar ini.

Dalam hidup memang ada banyak rintangan yang harus kita lalui. Banyak orang yang mudah menyerah sehingga membuatnya sulit dalam meraih kesuksesan. 

4. Orang sabar itu lebih konsisten

Manfaat sabar yang tidak kalah penting adalah menumbuhkan konsistensi dalam hidup. Perlu anda ketahui salah satu ciri-ciri orang sukses adalah dia selalu bisa konsisten. Konsisten sangat dibutuhkan dalam kehidupan, karena tidak adanya konsisten maka akan sulit bagi seseorang untuk maju dan berkembang.

Orang yang tidak konsisten relatif lebih mengikuti arus dan tidak memiliki pendirian. Sehingga akan sulit baginya untuk menemukan kesuksesannya sendiri.

5. Bisa menyelesaikan masalah dengan baik

Sabar dalam menyelesaikan masalah itu harus, karena tanpa adanya kesabaran akan sulit untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang baik. Orang yang tidak bisa bersabar relatif lebih terburu-buru dan mengandalkan emosinya saja.

Sehingga membuatnya lebih sulit untuk berpikir jernih dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Oleh sebab itu, cobalah untuk melatih diri agar bisa bersabar, supaya nantinya anda bisa meraih kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.

6. Mengantarkan anda pada surga

Sebagai seorang Muslim yang beriman tujuan akhir kehidupan kita adalah surga. Dan meraih kebahagiaan di surga tidaklah mudah sehingga sangat diperlukan kesabaran. 

Untuk mendapatkan surga memang ada banyak rintangan yang harus dilalui terlebih dahulu. Termasuk ujian kesenangan dan kesusahan. Kalau kita bisa sabar dalam melaluinya maka akan mengantarkan kita pada kebahagiaan yang hakiki yaitu surga.

7. Lebih disukai teman

Memiliki teman yang tidak mudah emosi dan sabar tentu sangat menyenangkan sekali. Orang yang tidak bisa bersabar relatif sulit mendapatkan teman. Kalaupun mereka bisa mendapatkannya, palingan hubungan pertemanan tersebut kebanyakan tidak akan berjalan baik. Jadi sifat sabar akan memberikan banyak keuntungan bagi anda terutama dalam menjalin hubungan pertemanan.

8. Lebih disegani dan dihargai orang lain

Anda ingin lebih dihargai orang lain? Cobalah untuk menanamkan sifat sabar. Untuk membuat anda disegani dan dihargai orang lain itu tidak harus dengan arogansi. Arogansi hanya akan membuat orang lain takut tapi sebenarnya dia tidak pernah menghargai anda.

Jadi jika suatu saat anda tidak ditakuti orang lain maka penghargaan dan keseganan mereka juga akan hilang. Nah agar anda tetap disegani dan dihargai cobalah untuk menanamkan sifat sabar. Penghargaan pada orang yang sabar itu relatif lebih tulus dan tidak mudah hilang.

9. Bisa mengambil keputusan dengan bijak

Bagi anda yang menjadi seorang pemimpin memiliki kesabaran sangat diperlukan terutama dalam mengambil keputusan. Mengambil keputusan dalam keadaan emosi tidak akan menyelesaikan masalah justru akan menambah masalah baru. Jadi berusahalah tetap tenang dan bersabar dalam menjalani kehidupan.

10. Lebih bisa mengendalikan diri

Pengendalian diri yang baik akan berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Jadi tidak mengherankan jika kebanyakan orang sukses adalah mereka yang bisa bersabar dengan pengendalian diri. Pengendalian diri yang baik akan membuat anda lebih bijak dalam mengambil keputusan serta lebih bisa berpikir jernih.

11. Orang yang sabar itu lebih tekun

Salah satu yang akan berpengaruh pada kesuksesan seseorang adalah tingkat ketekunannya dalam melakukan setiap pekerjaan. Bahkan orang yang tekun itu biasanya lebih bisa menggapai sebuah kesuksesan dibandingkan orang yang cerdas tetapi tidak sabar.

Hal ini dikarenakan kesuksesan yang besar itu tidak datang begitu saja, pasti akan diperlukan waktu, kerja keras, serta pengorbanan yang tidak sedikit. 

12. Mendapatkan sesuatu yang lebih dari ekspektasi

Terkadang melalui sebuah kesabaran kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari ekspektasi kita. Sebuah kesabaran yang baik akan memberikan banyak keuntungan bahkan lebih dari apa yang telah kita usahakan. Salah satu yang mendasari nya adalah faktor keberkahan. Karena semua ujian hidup manusia itu ingin melihat sejauh mana seseorang bisa bersabar dan tetap konsisten.

13. Lebih menikmati proses

Kehidupan kita ini bukan hanya tentang hasil tetapi juga proses. Bahkan hidup seseorang itu lebih banyak berputar di proses daripada hasil. Jadi anda akan sangat merugi jika tidak menikmati proses dan hanya menanti hasil.

Orang yang bersabar relatif bisa menikmati proses dan menganggapnya bagian dari sesuatu yang harus dilalui. Jadi dia tidak terlalu khawatir mengenai kesulitan yang saat ini dilaluinya. Orang yang sabar itu tahu betul bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan, dan ketika dia sabar dalam menjalani ujian akan ada pahala yang besar menantinya.

Manfaat sabar bagi kesehatan

Ternyata memiliki sifat sabar bukan hanya bermanfaat untuk meraih sebuah kesuksesan hidup, tetapi ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan anda. Tidak percaya?

Biasanya orang yang sabar itu relatif bisa mengendalikan emosi sehingga dia lebih kecil beresiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 lalu yang dirilis oleh Journal Of American Medical Association menunjukkan bahwa orang-orang yang bersabar relatif memiliki resiko yang lebih rendah terkena hipertensi.

Fakta lain juga menunjukkan bahwa kesabaran yang baik pada diri seseorang akan sangat berpengaruh dalam mengurangi tingkat stres. Tingkat stress yang tinggi telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan seperti menurunnya sistem imun, penyakit jantung dan stroke.

Demikian tadi beberapa manfaat sabar dalam menjalani kehidupan serta meraih sebuah kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →