Manfaat Susu Sapi Murni yang Sayang Jika Dilewatkan. Yuk, Wajib Baca!

manfaat susu sapi murni

manfaat susu sapi murni

Manfaat Susu Sapi Murni – Apakah Anda salah seorang penggemar susu? Susu adalah salah satu minuman yang mengandung gizi berguna bagi kesehatan tubuh. Pada saat ini, kebanyakan orang mengonsumsi susu dalam kemasan daripada susu sapi murni.

Padahal susu murni lebih dianjurkan untuk dikonsumsi. Susu sapi murni atau susu murni adalah jenis susu yang kandungan nutrisinya tidak memiliki penambahan atau pengurangan apapun. Selain itu, susu sapi murni tidak melewati banyak tahap proses pengolahan.

Kebanyakan, susu sapi murni tidak melewati UHT (ultra high temperature) atau proses pasteurisasi. Sehingga tentunya kandungan dalam susu sapi murni masih terjaga. Jika menurut Anda sering minum susu sapi murni hanya untuk kesehatan gigi dan tulang, Anda salah besar.

Manfaat susu sapi murni bahkan lebih dari itu. Segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan juga diberikan kandungan susu sapi murni yang kaya akan gizi ini, lho. Penasaran apa saja manfaat susu sapi murni untuk kesehatan?

Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat susu sapi murni yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Susu menjadi opsi sebagai sumber gizi untuk mendukung pertumbuhan. Ahli gizi mengatakan bahwa susu sapi murni mengandung nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin D, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin B12. Ada pula kandungan niacin, kolin, zinc, asam amino, asam linoleat, protein, karbohidrat, lemak, kalori, riboflavin, serta potasium.

Gizi dan senyawa tersebut membantu untuk memenuhi gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh selain dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

manfaat susu sapi murni

Sumber: https://www.liputan6.com

1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Manfaat susu sapi yang pertama adalah membantu pertumbuhan tulang. Dikatakan demikian karena susu sapi kaya akan kandungan kalsium juga mineral. Susu sapi juga dapat membantu menambah kesehatan tulang karena diperkaya dengan vitamin D dan fosfor.

2. Menyehatkan Jantung

Susu sapi sebagai sumber potasium rupanya mampu menyehatkan fungsi jantung. Susu sapi mengandung potasium yang mampu menstabilkan darah dan tekanan darah. Tentunya ini akan membuat kemungkinan risiko penyakit jantung menurun dan peredaran darah juga menjadi lancar .

3. Menurunkan Resiko Kanker

Ditunjukkan sebuah penelitian bahwa kandungan susu sapi yang kaya akan vitamin D yang dapat melindungi kanker dan mampu memainkan peran dalam pertumbuhan sel. Susu sapi juga mengandung kalsium dan laktosa yang berguna untuk mencegah kanker ovarium, lho.

4. Membantu Pembentukan Massa Otot

Kandungan protein yang ada dalam susu sapi bisa membantu penyusunan massa otot. Umumya, olahragawan memakai khasiat susu sapi murni yang satu ini untuk memperbaiki otot yang mengalami kerusakan. Tidak cuma itu, susu sapi murni juga mengandung lemak jenuh yang mampu mencegah penguraian massa otot sebagai kekuatan.

5. Menurunkan Resiko Radang Sendi

Seperti yang telah disebutkan di atas, susu sapi murni adalah sumber gizi yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin K dan magnesium juga terkandung pada susu sapi yang baik untuk menurunkan risiko radang sendi atau osteoporosis.

6. Baik untuk Penderita Anemia

Penyusunan sel darah merah atau sel eritrosit dapat dibantu karena adanya kandungan susu sapi yang kaya akan zat besi. Bagi penderita anemia yang memiliki kekurangan sel eritrosit dan hemoglobin dalam tubuh agar mampu beraktivitas dengan normal, khasiat susu sapi ini sangat cocok.

7. Membatasi Berat Badan

Susu sapi murni memiliki berbagai gizi yang bisa membantu membatasi berat badan. Seperti kandungan protein, yang mampu membantu merasa kekenyangan untuk waktu yang sedikit lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Ada pula asam linoleat yang membantu untuk menghalangi produksi lemak dalam tubuh.

manfaat susu sapi murni

Sumber: https://asset.kompas.com

8. Mencegah Gigi Berlubang

Enamel gigi (lapisan luar gigi) bisa terkikis akibat rentan terhadap asam dan penumpukan bakteri. Mengonsumsi susu bisa membangun enamel yang telah rusak disebabkan adanya vitamin D, vitamin K, juga kalsium yang ada pada kandungan susu sapi.

9. Mencegah Diabetes

Ditunjukkan sebuah penelitian bahwa susu sapi mengandung mineral yang mampu mencegah diabetes. Mineral dan gizi lainnya dalam susu sapi bisa membatasi kadar hormon insulin dan menetralkan gula darah.

10. Menjaga Tubuh Tetap Fit

Dalam kandungan susu sapi memiliki kadar magnesium yang memberikan khasiat untuk kesehatan beberapa sistem syaraf dan jantung agar berkerja dengan baik. Selain itu, magnesium juga berguna untuk menjaga tubuh tetap fit yang disebabkan oleh aktivitas seharian.

11. Mengatasi Depresi

Dalam kandungan susu sapi memiliki kadar vitamin D yang mampu mendukung produksi serotonin. Serotonin adalah hormon yang mampu memperbaiki suasana hati, nafsu makan, juga kwalitas tidur.

Kandungan vitamin D tersebut juga mampu mengatasi depresi juga PMS sebab perubahan suasana hati yang tidak menentu dan kelelahan kronis.

12. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat susu sapi murni yang lainnya adalah bisa membantu penyembuhan luka. Adanya zat zinc dalam kandungan susu sapi membantu fibrinogen menyusun benang-benang fibrin untuk menutup luka. Zat tersebut juga bisa membantu menghentikan pendarahan yang terlalu banyak.

13. Meringankan Kinerja Otak Besar

Zat leticin dan iodium juga dimiliki pada kandungan susu sapi murni yang bisa berkontribusi untuk membantu meringankan kinerja otak besar. Zat tersebut bisa meningkatkan efisiensi kerja otak sehingga membantu sistem koordinasi tubuh dengan lingkungan.

14. Menetralisir Racun

Manfaat susu sapi juga sebagai menetralisir racun. Ada banyak zat yang masuk dalam tubuh kita sehingga tubuh mudah terpapar racun atau zat yang tidak baik untuk tubuh. Khasiat susu juga termasuk untuk menetralkan racun, baik logam, timah, cadmium, dan sebagainya.

15. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Terakhir, untuk kesehatan kulit adalah manfaat susu sapi yang juga populer. Dengan membuat kulit terasa dingin karena adanya sifat anti inflamasi, susu juga bisa menyejukkan kulit yang terbakar.

Untuk produk kecantikan, susu juga dipakai untuk menghilangkan kerutan, pengecil pori-pori, sebagai cleanser dan exfoliator pada kulit sensitif.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Pegagan Mencegah Berbagai Penyakit. Check It!