Ampuh! 8 Cara Mengatasi Perut Kembung August 2022
cara mengatasi perut kembung

Ampuh! 8 Cara Mengatasi Perut Kembung

Tidak perlu khawatir jika perut kembung karena kebanyakan penyebab tidak berbahaya dan dapat meningkatkan sendiri. Namun, Anda selalu dapat mempercepat dengan membuat tips untuk mengatasi perut kembung.

Apa yang kamu lakukan?

Berikut 8 Cara Mengatasi Perut Kembung

cara mengatasi perut kembung

Perut menjadi datar jika ada sejumlah gas yang menumpuk dalam sistem pencernaan seperti usus dan lambung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh dimasukkannya udara produksi gas di luar atau meningkat di usus.

Selain menggunakan obat-obatan medis untuk mengatasi perut kembung, ada berbagai cara dan perawatan di rumah yang dapat membantu meredakan keluhan. Inilah upaya yang dapat Anda lakukan.

1. Menahan kentut atau sendawa

Jika Anda sering menahan kentut atau sendawa, Anda harus mengubah kebiasaan ini sehingga lambung tidak lagi meningkat. Kentut dan Sendawa adalah cara alami tubuh untuk meredakan perut kembung dengan menghilangkan gas berlebih ke perut.

Jadi, jika perut Anda merasa tidak nyaman, melihat dengan cepat kemampuan untuk menjauh dari orang di sekitarnya untuk menghilangkan gas. Untuk perut merasa lebih lega, anda juga dapat menghilangkan gas yang terperangkap dengan buang air besar.

2. Kompres air hangat

Jika anda memiliki banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasi perut kembung. Cukup siapkan wasslap atau kain bersih, kolam renang dan air panas.

Celupkan wistlap atau membersihkan kain di baskom air hangat, lalu kencangkan kelebihan air. Tempelkan kompres panas selama 10-15 menit di atas perut untuk menghilangkan rasa sakit dan kram.

Suhu panas membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah yang mengandung oksigen dapat mengalir dengan lancar. Otot perut juga menjadi lebih lembut dan santai, sehingga mereka dapat mengurangi nyeri perut, dan melepaskan kelebihan gas atau kentut.

3. Lebih banyak bergerak

Ketika perut terlihat seperti kembung, jangan biarkan diri Anda tetap diam dan meninggalkan kondisi ini berkepanjangan. Bangun dengan cepat untuk duduk, lalu cobalah berjalan sekitar 10-15 menit.

Sports Light membantu untuk rileks otot-otot usus dan memfasilitasi pengeluaran gas. Kiat untuk mengatasi perut yang rata ini juga dapat meluncurkan bahan tinja. Dengan cara ini, gas menyebabkan kunci kembung selama defec.

4. Berikan pijatan di perut

Jika perut Anda mulai merasa kembung dan suka, cobalah mengatasi kondisi ini dengan memijat perut. Pijat perut membantu memulai pergerakan sistem pencernaan sambil menghilangkan gas ke dalam lambung.

  • Tempatkan kedua tangan tepat di tulang pinggul kanan.
  • Pijat perlahan dengan gerakan berputar disertai dengan tekanan cahaya ke sisi kanan tulang rusuk.
  • Buat pijatan sambil mengarah ke perut bagian atas, lalu ke sisi kiri.
  • Terus membawa pijatan tangan ke bawah ke tulang pinggul kiri.
  • Ulangi dengan cara yang sama.

Pijat perut seharusnya dapat meringankan ketidaknyamanan karena perut kembung. Namun, jika kondisi Anda tidak membaik atau pijatan bahkan tidak akan memperburuk kembung, Anda harus berhenti memijat dan memilih perawatan lain.

5. Makan perlahan

Anda disarankan untuk makan perlahan jika Anda tidak ingin keluhan perut memburuk. Karena, kebiasaan makan terlalu cepat dapat memicu pintu masuk banyak udara ke dalam saluran pencernaan.

Kondisi ini kemudian menyebabkan lambung merasa kembung, penuh dan lebih baik. Untuk mengatasi perut yang bengkak dan lebih baik, cobalah masih mengunyah makanan perlahan sampai makanan menjadi halus.

Anda bisa terbiasa mengunyah sekitar 30 akun. Pastikan mulut Anda ditutup dengan mengunyah dan Anda tidak makan sambil berbicara. Kedua hal ini juga akan mencegah masuknya lebih banyak udara ke dalam perut.

6. Jangan merokok

Alih-alih memitigasi kondisi perut yang meningkat dan lebih baik, kebiasaan merokok sebenarnya dapat memperburuk pengaduan. Memang, ketika Anda menelan asap rokok, udara akan memasuki tubuh pada saat yang sama sehingga menambah gas.

Semakin banyak jumlah udara dan asap dimasukkan, semakin banyak gas yang terakumulasi dalam saluran pencernaan. Secara bertahap, kebiasaan ini juga membuka peluang untuk mengiritasi pencernaan.

7. Hindari minum soda

Buang obat-obatan menggunakan soda

Bir, soda dan minuman ringan dapat memperburuk akumulasi gas di perut dan usus. Ini karena bir, soda, dan minuman ringan yang berisi sejumlah gas karbon dioksida.

Karbon dioksida dapat menyebabkan gelembung di saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung. Selain itu, konten pemanis buatan dalam berbagai minuman juga dapat membuat perut lebih nyaman.

8. Sesuaikan asupan makanan

Beberapa jenis makanan yang relatif sehat bisa menjadi dalang di balik keluhan perut kembung. Contoh-contoh seperti makanan berlemak, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, produk susu olahan dan bahan-bahan makanan serat tinggi.

Anda selalu membutuhkan berbagai makanan dan minuman untuk mendapatkan konsumsi nutrisi. Namun, itu harus membatasi jumlah makanan dan minuman yang anda konsumsi untuk mencegah munculnya kembung.

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas, cobalah untuk meningkatkan jumlah secara bertahap dan tidak pada suatu waktu. Jika Anda ingin melipatgandakan makanan kaya serat tetapi Anda khawatir tentang perut kembung, coba tambahkan angka secara perlahan.

Bantu tubuh Anda menyesuaikan setidaknya seminggu. Jika Anda tidak merasa kembung atau Anda suka, anda dapat menambahkan sebagian kecil makanan daripada sebelumnya.