Arti kata ambigu

Maksud dan arti kata ambigu serta contohnya

arti kata ambigu

Maksud dan arti kata ambigu serta contohnya yang diulas secara lengkap agar membuat anda lebih mudah memahaminya.

Kata ambigu mungkin sudah sering anda dengar akan tetapi ternyata banyak orang yang masih belum mengetahui apa maksud dan arti kata ambigu tersebut. Untuk membuat anda lebih mengetahui mengenai contoh serta penggunaan kata ambigu, berikut kami sajikan ulasannya untuk anda.

Arti kata ambigu

Menurut KBBI atau kamus besar bahasa indonesia arti kata ambigu adalah yang memiliki makna ganda atau lebih dari satu. Jadi kata ambigu merupakan sebuah kata yang memiliki dua arti.

Sebenarnya yang membuat kata tersebut memiliki dua arti adalah karena konteks dari penggunaan kata tersebut. Istilah ambigu juga dianggap sebagai sesuatu yang penuh keraguan atau tidak ada kepastian, sehingga biasanya kalimat yang mengandung kata ambigu relatif membuat seseorang bingung atau salah tafsir.

Mengingat kata ambigu memiliki makna ganda jadi penggunaan kata tersebut terkadang membingungkan orang yang membacanya. Untuk itu sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menggunakan beberapa kata ambigu agar lawan bicara anda tidak salah paham.

Contoh kata ambigu

Orang tua

Kata orang tua juga dianggap sebagai salah satu jenis kata ambigu karena bisa memiliki dua makna. Sebenarnya selama kita memahami konteks dari kalimatnya kata ambigu tersebut tidaklah membingungkan 

Kata orang tua bisa memiliki dua makna: 1. Orang yang sudah tua secara usia, 2. Seorang ayah atau ibu. 

Gigit jari

Kata gigit jari terkadang juga memiliki dua makna sehingga membuatnya menjadi salah satu kata ambigu. Gigit jari bisa diartikan: 1. Orang yang menggigit jarinya, 2. Tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Baca juga artikel seputar arti kata Up

Angkat kaki

Contoh kata ambigu yang selanjutnya adalah angkat kaki. Arti angkat kaki adalah: 1. Orang yang mengangkat kakinya, 2. Pergi dari suatu tempat.

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai arti kata ambigu beserta contohnya. Semoga dengan informasi di atas membuat anda lebih memahami apa maksud serta arti kata ambigu tersebut. 

Selain itu dengan memahami penggunaan kata ambigu diharapkan anda bisa lebih bijak dalam menggunakannya sehingga tidak membuat lawan bicara menjadi bingung.