8 Cara membuat masker tomat untuk wajah yang cantik dan sehat

Cara Membuat Masker Tomat
Cara Membuat Masker Tomat
image from pxhere.com

Cara membuat masker tomat untuk wajah sekaligus tips menggunakannya yang bisa anda coba di rumah karena sangat mudah dan praktis. Mungkin sudah banyak yang mengenal tomat untuk kecantikan kulit wajah. Pasalnya, banyak sekali kandungan yang dimiliki oleh tomat. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengolahnya sebagai masker yang alami. Berikut ini ada beberapa cara membuat masker tomat untuk wajah.

 

Cara membuat masker tomat untuk kulit wajah

1. Campuran tomat dan mentimun

Cara membuat masker tomat untuk wajah yang pertama adalah mencampurkan mentimun di dalamnya. Caranya cukup mudah, siapkan tomat dan mentimun segar. Setelah itu, tumbuk ke dua bahan tersebut hingga benar – benar halus. Aplikasikan masker tomat tersebut secara merata dengan gerakan memijat. Tunggu selama 20 hingga 30 menit. Lalu, bilas dengan air hangat.

Campuran tomat dan mentimun memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan tomat berupa vitamin C yang tinggi membantu dalam menyembuhkan jerawat. Selain itu, campuran masker ini mampu menghaluskan kulit serta membuat kulit wajah lebih cerah. Sifat dingin dari mentimun membantu dalam mengecilkan pori – pori kulit wajah.

2. Campuran tomat dan minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat banyak karena kandungan nutrisinya sangat lengkap. Bagaimana jika dicampurkan dengan tomat? Pastinya campuran kedua bahan tersebut akan memberikan manfaat yang maksimal. Campuran tomat dan minyak zaitun mampu menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Terlebih lagi dengan kandungan vitamin A, C dan E di dalam kedua bahan tersebut. Campuran tomat dan minyak zaitun akan mempercepat hasil yang diinginkan.

Cara membuat masker tomat untuk wajah ini, cukup mudah dilakukan. Siapkan saja satu buah tomat yang segar. Setelah itu, blender tomat tersebut hingga halus. Terakhir, tambahan beberapa sendok minyak zaitun. Oleskan masker tersebut pada kulit wajah selama 20 menit. Kemudian bilas dan keringkan.

3. Campuran oatmeal dan tomat

Cara membuat masker tomat untuk wajah yang berikutnya adalah dengan mencampurkan tomat dan oatmeals. Daintara manfaat masker oatmeal untuk wajah adalah bertindak sebagai exfoliator alami kulit. Kedua bahan tersebut dirasa mampu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang terangkat akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan menghindari berbagai permasalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Untuk membuatnya, siapkan satu buah tomat yang terlah diblender. Setelah itu, campurkan dengan oatmeal. Setelah itu, aplikasikan masker tersebut ke seluruh wajah hingga rata. Biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sembari digosokkan perlahan agar sel kulit mati ikut terangkat.

4. Campuran tomat dan alpukat

Menggunakan masker yang terbuat dari tomat dan alpukat membantu kulit wajah dalam melawan pembentukan komedo, meredakan kemerahan dan juga membuat kulit lembab. Hal ini membuat masker ini sangat cocok bagi pemilik kulit kering dan kombinasi. Kandungan vitamin A dan E di dalam buah alpukat mampu mengembalikan tekstur kulit. Selain itu, kandungan minyak alami di dalam alpukat membuat kulit wajah lebih lembab.

Cara membuat masker tomat untuk wajah ini cukup mudah dilakukan. Pilih buah alpukat yang memiliki tekstur lembut. Setelah itu, haluskan tomat dan buah alpukat. Campurkan kedua bahan tersebut. Lalu, oleskan pada kulit wajah Anda hingga rata. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

5. Campuran tomat dan air perasan lemon

Cara membuat masker tomat untuk wajah yang berikutnya adalah dengan mencampurkan tomat dan air lemon. Siapkan saja satu buah tomat segar dan air perasan lemon. Setelah itu, haluskan tomat tersebut. Tambahkan lemon ke dalamnya dan aduk hingga rata. Aplikasikan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sebagai langkah terakhir.

Campuran tomat dan perasan lemon mempu mencerahkan kulit wajah. Pasalnya, kandungan vitamin C di dalam tomat dan lemon itulah yang membentu mengatasi kulit kusam. Bukan hanya itu saja, manfaat masker ini membantu menyamarkan bintik dan flek hitam serta membantu mengecilkan pori – pori.

Namun bagi pemilik kulit sensitif harus cukup berhati – hati menggunakan masker yang satu ini. Pasalnya, lemon memiliki zat asam di dalamnya. Sehingga saat digunakan akan membuat kulit terasa terbakar dan perih.

6. Campuran tomat dan susu

Kandungan tomat yang tinggi adalah antioksidan dari vitamin C. Kandungan inilah yang membantu dalam mencerahkan kulit wajah. Namun, bagaimana kalau tomat dicampurkan dengan susu? Seperti diketahui susu membuat kulit menjadi lebih cerah dan putih. Maka tidak ada salahnya jika mencampurkan kedua bahan tersebut agar hasilnya lebih maksimal.

Cara membuat masker tomat untuk wajah ini bisa dilakukan sendiri. Siapkan satu buah tomat yang segar. Setelah itu, blender tomat tersebut hingga halus. Tambahkan susu murni ke dalamnya. Balurkan hingga merata di seluruh kulit wajah. Diamkan selama 20 menit. Lakukan perawatan yang satu ini satu minggu sekali.

7. Campuran tomat dan yogurt

Cara membuat masker tomat untuk wajah yang berikutnya adalah dengan mencampurkan tomat dan yogurt. Siapkan tomat dan belah menjadi dua bagian. Keluarkan daging buahnya. Setelah itu, haluskan dan campurkan dengan yogurt secukupnya. Aduk rata dan aplikasikan ke kulit wajah selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Tepuk – tepuk wajah agar kandungan bahan tersebut meresap.

Campuran tomat dan yogurt sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat. Pasalnya, yogurt sendiri memiliki kandungan prebiotik yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, campuran ini bisa dijadikan sebagai relaksasi dan memelihara elastisitas kulit. Dengan begitu, kulit wajah akan terasa bersih, lembut dan senangtiasa lembab.

8. Masker tomat sederhana

Cara membuat masker tomat untuk wajah bisa dilakukan tanpa harus mencampurkan bahan apapun ke dalamnya. Hanya cukup dengan tomat saja. Bahkan penggunaannya juga cukup mudah. Salah satunya adalah dengan memotong buah tomat menjadi dua bagian. Setelah itu, aplikasikan daging buah tomat pada kulit wajah. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

Kedua, hampir sama cara pembuatannya. Cukup blender atau haluskan tomat hingga berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan beberapa menit atau hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan tepuk – tepuk menggunakan handuk kering.

Masker tomat sederhana ini rupanya juga mampu membuat kulit wajah lebih cantik. Kandungan vitamin C di dalam tomat mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, masker tomat sederhana ini juga membuat kulit nampak glowing dan cerah. Masker tomat juga mengurangi minyak berlebih serta memperkecil pori – pori.

Tanpa bersusah payah, masker tomat sederhana bisa Anda gunakan setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang benar – benar Anda impikan.

Mungkin banyak yang masih menganggap tomat sebagai buah atau sayur. Di samping itu semua, bahan dapur yang satu ini memang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Semoga cara membuat masker tomat untuk wajah di atas bisa membantu Anda.