7 Manfaat kunyit untuk wajah agar lebih cantik secara alami

Kulit wajah, Masker wajah
manfaat kunyit untuk wajah
image via wikimedia.org

Manfaat kunyit untuk wajah yang sangat luar biasa dan menakjubkan karena rempah yang satu ini memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Kunyit adalah satu dari sekian banyak bahan alami yang biasanya digunakan sebagai bumbu rempah saat memasak makanan atau sebagai pewarna alami. Kunyit merupakan tanaman asli yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Dimana tanaman ini selain dapat dijadikan sebagai bumbu masak ternyata juga menyimpan banyak manfaat terutama untuk kecantikan kulit wajah Anda. Cara paling gampang yang bisa Anda coba untuk memperoleh manfaat dari kunyit untuk kecantikan adalah dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

 

Manfaat kunyit untuk wajah

Kunyit bisa dibuat masker tanpa bahan tambahan lainnya atau bisa juga divariasikan dengan bahan lain seperti susu, madu, tomat, atau yang lainnya. Semua itu dapat disesuaikan dengan kebutuha kulit Anda. Bagi yang belum mencoba, Anda tentu ingin tahu apa saja manfaat kunyit untuk wajah. Untuk itu, berikut ini adalah ulasan beberapa manfaat tersebut yang perlu diketahui sehingga semakin yakin untuk menjadikan kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk merawat wajah sehari-hari.

1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini yang ditandai dengan munculnya flek hitam atau garis halus di wajah merupakan hal yang sangat ditakuti oleh para wanita. Untuk menghambat tanda-tanda tersebut, menggunakan masker kunyit merupakan cara alami yang mudah dilakukan. Hal ini karena kunyit mengandung antioksidan dan anti inflamasi untuk meremajakan sel-sel kulit. Untuk mendapattkan manfaat ini, masker kunyit biasanya dicampur dengan perasan air lemon

2. Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah

Selain mencegah penuaan dini, manfaat masker kunyit untuk wajah juga dapat menghilangkan flek atau noda hitam di wajah. Caranya, campur 1 sendok tomat yang telah dihaluskan, kunyit bubuk, gula pasir, teh hijau, dan 1 sendok makan air perasan lemon. Perpaduan bahan ini akan mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Gunakan masker selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan lakukan cara ini 2 – 3 kali seminggu. Pasti noda hitam di wajah lama kelamaan akan menghilang.

3. Mencerahkan Kulit

Masker kunyit mampu membantu memutihkan atau mencerahkan kulit ketika dipadukan dengan susu dan madu. Madu memiliki kandungan yang dapat menutrisi kulit sehingga menjadikan kulit lebih lembab dan halus. Sedangkan susu kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menghambat penuaan dini serta mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

4. Melindungi Kulit Dari Dampak Buruk Sinar UV

Kunyit juga dapat melindungi kulit wajah dari pancaran sinar matahari yang dapat merusak kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tambahkan tomat dan yoghurt pada masker kunyit. Yoghurt berfungsi untuk mendinginkan kulit setelah terpapar sinar UV sedangkan buah tomat mengandung antioksidan yang berperan sebagai tabir surya alami untuk melindungi kulit. Cukup campurkan semua bahan tersebut menjadi satu dan oleskan di kulit yang telah dibersihkan. Setelah 20 menit, bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan cara ini secara teratur dan wajah pun akan bersih bercahaya.

5. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah secara alami memproduksi minyak dan lilin untuk mencegah kulit kering melalui kelenjar sebassea. Namun kelenjar sebasea yang terlalu aktif menyebabkan wajah memproduksi minyak berlebih sehingga membuat kulit terlihat sangat berminyak. Hal ini dapat menyebabkan wajah rentan berjerawat. Penggunaan masker kunyit dapat membantu mengontrol produksi minyak tersebut. Hal ini karena kunyit mengandung asam lemak dan phyosterols di mana kandungan tersebut yang berperan penting untuk mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah.

6. Membersihkan Kulit Wajah

Setiap orang tentu kesal ketika ada noda yang mengganggu di kulit. Masker kunyit dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Caranya cukup campurkan masker kunyit dengan yogurt dan madu. Alpukat memiliki kandungan asam lemak dan vitamin E yang dapat menjaga kelembaban kulit wajah sedangkan yoghurt kaya akan kalsium dan vitamin B yang bermanfaat melindungi kut wajah dari bakteri. Hasilnya, kulit pun nampak lebih bersih bercahaya

7. Menghilangkan Jerawat

Apakah Anda sering mengalami jerawatan? Gunakan masker kunyit dan masalah ini pun dapat segera diatasi. Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat kunyit untuk wajah adalah mengontrol kelebihan minyak di wajah yang menjadi penyebab utama jerawat. Selain itu, kandungan antioksidan pada kunyit juga ampuh untuk mengatasi jerawat di kulit sehingga jerawat cepat kering dan tidak muncul lagi serta tidak meninggalkan bekas.