Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui. Check It!

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil – Manggis (Garcinia mangostana) kerap kali dijuluki sebagai “ratu buah” yaitu salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini yaitu jenis buah eksotik yang berasal dari Asia Tenggara.

Untuk ibu hamil, manfaat buah manggis bisa didapatkan dengan mengolahnya menjadi menu makanan menarik, seperti smoothie, salad, dan jus, atau bahkan dengan cara mengonsumsinya secara langsung.

Ada banyak manfaat buah manggis untuk ibu hamil, di balik rasanya yang manis dan asam. Dalam nutrisi di dalamnya menjadikan buah manggis baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Penasaran dengan berbagai manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui oleh Calon Bunda

1. Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan kerap kali menjadi keluhan yang banyak diserukan oleh para ibu hamil. Namun, kemungkinan terkena masalah ini untuk ibu hamil sangat kecil karena manfaat buah manggis mengandung serat alami yang bisa menyehatkan sistem pencernaan.

Buah manggis juga bisa memicu aktivitas bakteri baik di dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang mengalami diare maupun terkena infeksi saluran kemih. Meski demikian, manfaat manggis harus diteliti lebih lanjut untuk ibu hamil ini.

2. Menyehatkan Sistem Imun

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini didapatkan dari kandungan serat dan vitamin C di dalamnya. Serat yaitu salah satu bagian yang dibutuhkan dalam sistem imun, meskipun vitamin C bisa mengembangkan kinerja sel-sel yang mendukung sistem imun di dalam tubuh.

Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat antibakteri yang bisa melawan bakteri yang masuk ke tubuh sehingga tidak sampai ke janin. Meski demikian, khasiat ini masih perlu diteliti lebih dalam.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Tidak jarang beberapa ibu hamil mengalami diabetes yang hanya terjadi selama masa kehamilan alias diabetes gestasional. Mengkonsumsi manggis dipercaya bisa menurunkan risiko ini karena kandungan antioksidan unik dalam buah manggis yang bernama xanthone.

Kandungan serat juga bisa memainkan manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini. Pasalnya, serat dalam mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya resistensi insulin, tetapi klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menyehatkan Janin

Manfaat buah manggis bukan hanya akan dinikmati oleh ibu hamil, tetapi juga bayi yang dikandungnya. Folat adalah salah satu kandungan buah manggis. Folat ini bisa mencegah kelainan turunan, seperti kelainan sumsum tulang belakang dan otak.

Namun, Bunda masih perlu minum suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan folat selama masa kehamilan. Selain folat, manfaat buah manggis untuk ibu hamil juga mengandung mangan, nutrisi yang dibutuhkan dalam penyusunan sistem tulang pada janin.

Dalam antioksidan dalam buah manggis juga berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel pada bayi dalam kandungan.

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Sumber: https://www.popmama.com

5. Mengandung Gizi yang Tinggi

Manggis memberikan banyak nutrisi penting dan relatif rendah kalori. Kandungan satu porsi 1 cangkir (196 gram) porsi manggis kalengan yang dikeringkan yaitu:

  • Kalori: 143
  • Karbohidrat: 35 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 9% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin B9 (folat): 15% dari RDI
  • Mangan: 10% dari RDI
  • Vitamin B1 (tiamin): 7% dari RDI
  • Vitamin B2 (riboflavin): 6% dari RDI
  • Tembaga: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI

Manggis mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga banyak fungsi tubuh, termasuk penyembuhan luka, kekebalan, produksi DNA, kontraksi otot, dan pensinyalan saraf.

Selain itu, satu cangkir (196 gram) buah ini menyediakan hampir 14% RDI untuk serat, nutrisi yang kerap kali kurang dalam makanan orang.

6. Mengurangi Risiko Cacat Lahir Pada Janin

Untuk ibu hamil, buah manggis bermanfaat karena mengandung folat dalam jumlah yang baik. Satu cangkir manggis mengandung 61 mikrogram folat.

Dalam mencegah risiko perkembangan kelainan tertentu dan cacat lahir, folat memainkan peran penting. Kelainan tersebut  seperti cacat lahir pada otak dan tulang belakang, pada bayi yang belum lahir.

Jadi, dalam buku Health Benefits of Mangosteens, makan manggis selama kehamilan dikatakan bisa melindungi janin dari risiko kelainan.

7. Melindungi Tubuh dari Risiko Kanker

Pericaps manggis terdiri dari senyawa yang populer sebagai xanthone yang memberi Bunda manfaat anti kanker. Xanthone mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh kita selama kehamilan. Hal tersebut dikatakan pada salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine.

Jadi, manfaat buah manggis untuk ibu hamil melindungi Bunda dan janin yang belum lahir dari efek berbahaya akibat penyakit mematikan.

8. Kaya Antioksidan yang Kuat

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil salah satunya juga termasuk senyawa manggis yang paling penting, yaitu kandungan antioksidannya yang unik.

Antioksidan yaitu senyawa yang bisa menetralkan efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan berbagai macam penyakit kronis.

Sebagian nutrisi terkandung pada buah manggis dengan kemampuan sebagai antioksidan, seperti folat dan vitamin C. Ditambah, menyediakan juga xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Mempunyai jurnal yang diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine, dikatakan bahwa aktivitas antioksidan xanthone sudah menghasilkan efek anti-inflamasi, antikanker, anti-penuaan, dan antidiabetik. Dengan demikian, xanthone dalam manggis berpotensi pada manfaat kesehatan potensial.

manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Sumber: https://www.alodokter.com

9. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil juga dikenal bisa mencegah anemia. Kekayaan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan banyak khasiat obat lainnya, membantu mengontrol sel darah, sehingga mencegah anemia pada ibu hamil.

10. Mengontrol Kolesterol dan Menurunkan Risiko Stroke

Untuk ibu hamil juga dikenal manfaat manggis untuk meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah manggis dikala hamil bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, karena kandungan seratnya yang kaya.

Ini berpotensi mengontrol terjadinya stroke dan serangan jantung, karena aliran darah di sistem saraf meningkat. Jumlah kalium yang baik di dalamnya berkhasiat dalam menyeimbangkan kadar natrium dan tekanan darah.

11. Memiliki Sifat Anti-Peradangan

Xanthone yang ditemukan dalam manggis bisa berperan dalam mengurangi peradangan. Ini menjadi manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang baik. Diperlihatkan pada penelitian hewan dan tabung reaksi bahwa xanthone bisa mengurangi risiko penyakit inflamasi dan memiliki efek anti-inflamasi, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Manggis juga kaya serat yang menawarkan berbagai macam manfaat. Contohnya, sebagian penelitian pada hewan memperlihatkan bahwa diet tinggi serat bisa membantu mengurangi reaksi peradangan tubuh kita.

Meski data ini cukup membuat berbahagia, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami bagaimana manggis memengaruhi peradangan dan perkembangan penyakit pada manusia.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Meski Bunda sedang hamil, pasti tetap ingin memiliki kulit yang sehat dan bagus. Khasiat buah manggis untuk ibu hamil juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari merupakan kejadian umum dan merupakan penyumbang utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan.

Tentu Anda tidak menginginkan hal ini kan? Orang mengalami lebih banyak elastisitas pada kulit mereka jika diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari . Hal tersebut menurut sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition selama 3 bulan pada manusia. Sedangkan lebih sedikit akumulasi senyawa tertentu yang dikenal berkontribusi pada penuaan kulit.

Para peneliti menegaskan bahwa kapasitas antioksidan dan anti-inflamasi manggis yaitu alasan utama efek perlindungan kulit ini, tetapi dibutuhkan lebih banyak penelitian lebih lanjut.

13. Mencegah Tuberkulosis

Penelitian memperlihatkan bahwa khasiat buah manggis untuk ibu hamil akan mencegah dan membunuh Mtb atau Microbacterium tuberculosis, salah satu penyebab tuberkulosis. Manggis bisa dinikmati langsung setelah dicuci dan kupas.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal. Yuk, Simak Selengkapnya Berikut Ini!