Cara Melihat Password WiFi dengan Mudah Menggunakan Laptop dan HP

Cara melihat Password WiFi

Cara melihat Password WiFi

CaraProfesor.com  – WIFI singkatan dari “Wireless Fidelity” adalah teknologi komunikasi nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk pertukaran informasi.

WIFI atau sering ditulis dengan “Wi-Fi” pertama kali ditemukan oleh perusahaan NCR Corporation dan AT & T pada tahun 1991 dengan sistem checkout.

Teknologi WiFi telah banyak digunakan di perangkat mobile seperti smartphone dan laptop ke perangkat elektronik lainnya seperti televisi, pemutar DVD, kamera digital, printer, konsol game dan bahkan lebih luas untuk komputer rumah, seperti lampu, Kulkas dan pendingin (AC).

Karena kemampuannya yang memungkinkan Local Area Network (Local Area Network atau LAN) untuk beroperasi tanpa memerlukan kabel (nirkabel), Teknologi Wi-Fi menjadi semakin populer dan menjadi pilihan praktis bagi sebagian besar rumah jaringan atau bisnis.

Wi-Fi adalah jaringan area lokal atau LAN (Local Area Network) yang tidak memerlukan kabel dengan koneksi kecepatan tinggi.

Wi-Fi sering disebut sebagai WLAN atau Wireless Local Area Network. Radio sinyal adalah kunci yang memungkinkan komunikasi dalam jaringan Wi-Fi.

Teknologi Wi-Fi menggunakan gelombang radio dalam dua transmit frekuensi dan menerima sinyal radio. Frekuensi gelombang radio 2,4 GHz dan 5 GHz frekuensi.

Router menerima data internet akan diterjemahkan menjadi sinyal radio yang ditransmisikan dari perangkat WIFI ke WiFi penerima seperti smartphone dan laptop dilengkapi dengan koneksi WiFi.

Komputer atau smartphone akan segera menerima sinyal WiFi membacanya dan menerjemahkannya ke dalam data yang dapat dipahami oleh perangkat tersebut.

Jadi ada hubungan antara pengguna dan jaringan. Dengan cara yang sama, transmisi informasi dari komputer atau ponsel, perangkat akan menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mengirimkan menggunakan antena. Sebuah router nirkabel menerima sinyal dan menerjemahkannya. Router mengirimkan informasi ke Internet melalui koneksi Ethernet .

Nah, cara untuk meelihat password untuk Wi-Fi itu sedikit rumit atau bisa dibilang gampang-gampang sulit. Lebih sederhananya, Kamu dapat meminta kata sandi wifi langsung ke pemilik. Namun, ada cara lain untuk mengetahui kata sandi Wi-Fi yang dapat dicoba.

Jadi bagaimana cara mengetahui kata sandi wifi untuk menghubungkan langsung ke jaringan Wi-Fi, namun tidak pernah terhubung ke Wi-Fi?

Cara Melihat Password WiFi di Smartphone dan Laptop

Setelah mengetahui bagaimana untuk mengetahui password Wi-Fi, kamu pasti tidak akan punya kendala lagi dalam urusan akses ke Internet untuk download, streaming, dan masih banyak lagi.

Penting untuk diingat juga, cara mencari tahu password wifi tidak boleh disalahgunakan, terutama jika itu akan digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab, dan masuk ke wifi orang lain.

Selain merugikan orang lain, untuk masuk wifi dengan sengaja hal itu bertentangan dengan aturan. Karena itu, mudah-mudahan tips ini dapat digunakan untuk hal-hal yang berguna.

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

1. Cara Melihat kata sandi nirkabel WiFi dari Wireless Router

Untuk mengetahui password untuk Wi-Fi pada laptop, kalian dapat melakukan pengecekan di wireless router yang dipasang. Biasanya di bagian belakang atau bawah, ada akan ditulis SSID dan kata sandi.

Selain di sana, kita bisa memeriksa dari kata sandi dari tempat kardus router yang pertama kalian membelinya. Selanjutnya, akan ada serangkaian angka yang ditandai ‘key’. Itulah kata sandi WiFi kalian.

2. Cara Melihat Kata Sandi WiFi di Laptop Windows

Jika kalian ingin berbagi sandi WiFi kepada orang lain, tapi kalian lupa kata sandinya pada laptop Windows, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  • Pada taskbar sebelah kanan bawah, lalu klik tulisan WiFi, pilih ‘Network & Internet Settings/Pengaturan Jaringan dan Internet’ dan klik ‘WiFi.
  • Lalu pilih ‘Ubah pengaturan adaptor/Change Adapter Options’ di bagian bawah halaman.
  • Klik kanan pada koneksi WiFi sedang digunakan.
  • Kemudian pilih ‘Status’ dan ‘Wireless Properties’, diikuti dengan memilih tab Security.
  • Di bagian bawah dari ‘jaringan keamanan kunci/Network Security Key’, klik ‘Tampilkan Karakter/Show Character’. Dari inilah kalian dapat tahu kata sandi yang sedang kamu gunakan.

3. Cara Cek Kata Sandi WiFi dengan CMD

Aplikasi CMD (command prompt) adalah aplikasi standar Windows yang dapat digunakan untuk memeriksa password wifi yang sedang digunakan. Inilah caranya:

  • Di dalam menu ‘Start’ pada Laptop dengan Windows, cari aplikasi ‘Run’. Biar lebih mudah, kalian bisa menggunakan shortcut “Windows + R’.
  • Di kolom pencarian, ketik ‘CMD’ dan klik ‘OK’.
  • Kemudian, akan terlihat kotak latar belakang hitam. Silahkan tulis di profil [nets wlan show profiles] tanpa tanda kurung. Klik tombol ‘Enter’ setelahnya.
  • Secara otomatis, akan ada berbagai WiFi yang telah digunakan di Windows pada laptop. Pilih nama Wi-Fi yang ingin kalian ketahui password-nya.
  • Silakan profil write [netsh kunci acara wlan “Nama Wi-Fi” = jelas]. Dalam melakukannya, kalian akan tahu kata sandi keamanan di ‘Security Settings’ pada ‘Key Content’.

4. Cara Mengetahui Kata SAndi WiFi Pada Laptop Mac.

Bagi kalian yang menggunakan Laptop Mac, kalian juga dapat mengetahui kata sandi WiFi dengan mudah dan tanpa perlu menghubungkan terlebih dahulu dengan WiFi.

  • Pertama, buka ‘Finder’ pada laptop Mac kalian, lalu klik ‘Go’.
  • Dalam ‘drop down’, klik ‘Utilities’, kemudian klik dua kali ‘Keychain Access’.
  • Kemudian mencari nama jaringan yang sedang kalian gunakan dan double-klik nama jaringan (Wi-Fi) itu.
  • Selain itu, pada ‘Attributes’, klik ‘Show Password’. muncul kotak perintah pada laptop, masukkan kata sandi laptop Mac. Klik ‘Allow’.
  • Dengan demikian, kata sandi WiFi dapat kamu ketahui.

Baca juga : Cara Melihat Password WiFi Yang Sudah Connect Di Android Tanpa Root

Cara Mengetahui Password WiFi di Smartphone

Selain laptop atau komputer pengguna untuk kalian smartphone Android juga dapat menemukan password wifi. Tahapan sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi WiFi Master Key. Lalu, membuka aplikasinya dan pilih ‘Lakukan Sekarang’.
  • Kemudian klik ‘Aktifkan WiFi dan memindai ‘Hotspot’.
  • Kemudian, aplikasi akan meminta izin akses WiFi. Setelah itu, klik lagi ‘lakukan sekarang’.
  • Aplikasi WiFi Master Key akan melihatkan daftar koneksi WiFi dengan keterangan ‘Aman, Koneksi Gratis, Sambungkan’
  • Klik ‘Connect/Sambuungkan’ dan WiFi akan terhubung.

Cara Melihat Pasword WiFi

Ada juga aplikasi WiFi Password Recovery di Google Play Store secara gratis yang dapat kalian gunakan untuk mengetahui kata sandi internet. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Download WiFi Password Recovery. Lalu, membuka aplikasinya.
  • Kemudian, aplikasi akan meminta izin akses WiFi. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan history riwayat koneksi WiFi yang pernah digunakan pada smartphone dengan kata sandinya.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengetahui password WiFi pada laptop atau komputer dan pada smartphone. Kalian juga dapat mencoba untuk memeriksa kata sandi Wi-Fi meskipun tidak pernah terhubung sebelumnya.

About M Irwan Ardiansyah

Penulis ialah penggemar Chelsea FC dengan idola Frank Lampard

View all posts by M Irwan Ardiansyah →