Efek samping minyak bulus serta manfaat dan mitosnya

Efek samping minyak bulus
Efek samping minyak bulus

Efek samping minyak bulus serta manfaatnya yang mungkin masih belum banyak diketahui orang. Penggunaan minyak bulus akhir-akhir ini cukup banyak diminati lantaran dinilai memberikan banyak manfaat khususnya bagi pria dan wanita.

Lantas tahukah anda apa itu minyak bulus?. Sesuai namanya minyak bulus merupakan minyak yang dihasilkan dari bulus atau kura-kura. Lantas tahukah anda apa saja kegunaan serta manfaat minyak bulus serta efek sampingnya?. Berikut kami sajikan daftar manfaat serta efek samping minyak bulus yang perlu kamu tahu:

Manfaat minyak bulus

Membantu mencerahkan kulit wajah

Salah satu kegunaan atau manfaat minyak bulus adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Bagi anda yang memiliki kulit wajah yang kusam akibat terkena sinar matahari jangan khawatir karena minyak bulus berguna mengembalikan kecerahan alami kulit wajah anda. 

Bantu hilangkan jerawat

Bagi anda yang masih dipusingkan dengan munculnya jerawat di wajah tidak ada salahnya menggunakan minyak bulus untuk mengatasinya. Minyak bulus dipercaya memiliki kemampuan dalam membasmi jerawat dan mencegahnya muncul kembali.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam minyak bulus adalah vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Minyak bulus juga membantu meredakan jerawat dengan cara mengurangi peradangan yang ditimbulkannya.

Sebagai minyak pijat

Selain bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan, minyak bulus ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak pijat atau urut. Memijat tubuh menggunakan minyak bulus berkhasiat menghilangkan rasa pegal akibat kecapean setelah sehari bekerja.

Penggunaan minyak bulus ini sebenarnya lebih membantu dalam merumuskan tubuh agar lebih mudah dipijat.

Atasi flek hitam di wajah

Efek pencerah alami dari minyak bulus ternyata bukan hanya membantu mencerahkan kulit wajah tetapi juga menyamarkan flek hitam. Ini merupakan salah satu kegunaan minyak bulus yang paling banyak diminati oleh wanita. 

Flek hitam bisa muncul di wajah akibat jerawat atau sinar matahari yang mengenai kulit. Menggunakan minyak bulus secara rutin setidaknya 1 kali dalam seminggu akan berguna dalam mengurangi flek hitam di wajah.

Minyak bulus berguna menyamarkan stretch mark

Tahukah anda apa itu stretch mark?. Bagi anda kaum hawa pasti mengenal masalah kulit yang satu ini. Stretch mark merupakan sebuah cacat ringan pada kulit yang terjadi setelah melahirkan. 

Stretchmark biasanya menimpa seorang wanita terutama di bagian sekitar perut atau paha. Kemunculan stretch mark tentu sangat mengganggu karena membuat anda kurang percaya diri terutama di hadapan pasangan. 

Akan tetapi ternyata minyak bulus memiliki efek yang cukup baik dalam menyamarkan strechmark tersebut. Anda bisa mengoleskan minyak bulus ke area yang terdapat stretch mark kemudian lakukan pemijatan ringan. 

Setelah dirasa cukup gak basuh tubuh anda menggunakan air hingga tidak ada minyak bulus yang masih menempel.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Penggunaan minyak bulus ke kulit wajah ternyata bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput. Dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalam minyak bulus akan sangat berguna dalam merawat kulit wajah khususnya menjaganya dari efek buruk radikal bebas.

Mengencangkan kulit wajah

Minyak bulus ternyata sangat baik sekali digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Salah satu kegunaan dari minyak bulus adalah membantu mengencangkan kulit wajah anda sehingga mengurangi resiko kulit menjadi kendur.

Kulit wajah yang terlihat kencang akan membuatnya tampak lebih muda. Jadi rutin menggunakan minyak bulus telah dikaitkan dengan pengurangan tanda-tanda penuaan.

Menghaluskan kulit wajah

Kandungan vitamin E yang sangat banyak dalam minyak bulus dipercaya mampu menghaluskan kulit wajah secara alami dan tentunya aman. Meskipun penggunaan minyak bulus sendiri terdapat beberapa efek samping akan tetapi sebenarnya tidak begitu parah selama anda tidak memiliki kulit sensitif.

Jadi penggunaan minyak bulus bisa dijadikan alternatif sebagai produk yang kaya akan manfaat.

Menghaluskan tumit yang kasar

Jika anda sering mengeluh mengenai tumit anda yang kasar cobalah menggunakan minyak bulus untuk menghaluskan nya. Kandungan bahan alami yang terdapat dalam minyak bulus seperti vitamin E sangat berguna dalam mengatasi tumit yang kasar.

Cara menggunakannya sangat mudah sekali, anda bisa mengoleskan minyak bulus ke bagian tumit anda di malam hari sebelum tidur. Setelah itu pada pagi harinya bersihkan tumit anda hingga bersih menggunakan air.

Efek samping minyak bulus

Nah setelah anda mengetahui beragam manfaat minyak bulus di atas sebelum menggunakannya anda harus memahami terlebih dahulu apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan minyak bulus.

Berikut kami rangkum daftar efek samping minyak bulus yang perlu anda waspadai:

Bisa menimbulkan gatal-gatal

Diantara salah satu efek dari penggunaan minyak bulus yang tidak diinginkan adalah munculnya rasa gatal. Sebenarnya efek samping dari minyak bulus ini kerap terjadi terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Untuk itu sebaiknya bagi anda yang ingin menghindari efek samping minyak bulus tersebut cobalah untuk menerapkannya terlebih dahulu ke tangan anda. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum menggunakan minyak bulus ke kulit wajah yang tentu lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lainnya.

Iritasi pada kulit

Beberapa orang juga melaporkan penggunaan minyak bulus dapat menyebabkan iritasi pada kulit mereka. Efek samping minyak bulus ini tentu harus anda waspadai dan cobalah untuk menghentikan penggunaan nya jika efek samping tersebut anda alami.

Bau yang kurang enak

Diantara efek samping minyak bulus yang mungkin cukup mengganggu anda adalah baunya yang cukup menyengat. Ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri jika anda menerapkan minyak bulus ke kulit wajah anda. Oleh sebab itu setelah anda menggunakan minyak bulus sebagai bahan perawatan kecantikan sebaiknya bersihkan hingga benar-benar tuntas.

Kalau perlu lakukan perawatan setelahnya menggunakan bahan lain yang dapat menghilangkan bau menyengat dari minyak bulus tersebut.

Beresiko meningkatkan jerawat

Meskipun minyak bulus mampu mengurangi munculnya jerawat di wajah akan tetapi bagi sebagian orang justru penggunaan minyak bulus dapat membuat wajah mereka semakin berjerawat. Hal ini bisa saja terjadi jika seseorang tidak cocok dalam menggunakan bahan asing untuk wajah mereka.

Jadi jika anda tergolong memiliki kulit yang sensitif dan kurang cocok dengan bahan seperti minyak bulus sebaiknya hindari penggunaan minyak bulus pada kulit wajah. Sebagai gantinya mungkin anda masih bisa menerapkannya pada bagian tubuh lain seperti tumit atau perut.

Memicu mual dan muntah

Sebenarnya efek samping minyak bulus yang satu ini lebih dipicu karena baunya yang kurang sedap sehingga bagi sebagian orang akan menyebabkan rasa mual dan muntah. Jika anda benar-benar tidak menyukai bau dari minyak bulus sebaiknya hindari penggunaan nya terutama pada kulit wajah.

Karena bau yang menyengat tersebut tentu akan sangat mengganggu dan membuat anda mual jika kelamaan menciumnya. 

Fakta dan mitos seputar minyak bulus

Salah satu hal yang membuat minyak bulus menjadi sangat terkenal adalah karena dianggap mampu memperbesar mister p bagi laki-laki. Lantas apakah benar minyak bulus bisa melakukannya?

Sebenarnya secara ilmiah masih belum ditemukan adanya bukti yang nyata jika minyak bulus mampu memperbesar mr p pada pria. Justru penggunaan minyak bulus pada mr p disinyalir dapat menimbulkan efek samping. Salah satu efek samping ini bisa terjadi lantaran alergi yang ditimbulkan dari minyak bulus tersebut.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena alat vital merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif sehingga penggunaan bahan apapun harus benar-benar aman dan cocok bagi kulit, termasuk penggunaan minyak bulus itu sendiri.

Selain itu salah satu hal yang membuat minyak bulus cukup terkenal adalah karena dianggap mampu membesarkan buah dada wanita. Lagi-lagi manfaat minyak bulus yang satu ini juga tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Karena tidak ada penelitian yang secara tegas mengkonfirmasi mengenai penggunaan minyak bulus mampu meningkatkan ukuran buah dada wanita.

Akan tetapi efek pengencang alami yang dimiliki oleh minyak bulus disinyalir menjadi sinyal penting mengenai manfaatnya untuk buah dada. 

Demikian tadi ulasan mengenai efek samping minyak bulus serta manfaatnya yang mungkin belum anda ketahui. Semoga dari ulasan artikel di atas akan membuat anda lebih memahami apa saja kegunaan dari minyak bulus serta efek samping yang mungkin bisa ditimbulkannya.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →