Efek samping masker alpukat

Efek samping masker alpukat untuk kulit wajah

Efek samping masker alpukat

Efek samping masker alpukat untuk kulit wajah serta manfaatnya yang sangat luar biasa. Plus tips untuk menghindari efek samping tersebut agar tidak terlalu mengganggu kecantikan kulit wajah.

Kita semua pasti mengenal dengan buah alpukat. Ya selain buah ini rasanya enak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu diantara manfaat alpukat adalah saat digunakan sebagai masker wajah.

Hal ini tidak mengherankan memang karena buah alpukat memiliki nutrisi yang sangat melimpah, dimana sebagian besar nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Ciri fakta ini banyak orang yang mulai menggunakan masker alpukat sebagai bahan perawatan kecantikan. 

Manfaat masker alpukat untuk wajah

Lantas tahukah anda apa saja manfaat masker alpukat untuk wajah?. Berikut informasinya untuk anda.

Sumber antioksidan

Buah alpukat diketahui mengandung vitamin e yang cukup melimpah. Di mana vitamin jenis ini diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Vitamin yang bertindak sebagai antioksidan penting yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. 

Jadi salah satu manfaat masker alpukat adalah membantu kulit agar tampak lebih muda. Karena memang antioksidan memiliki efek menghambat kerusakan akibat radikal bebas.

Melembabkan kulit wajah

Anda ingin memiliki kulit wajah cantik dan lembab alami?. Mungkin menggunakan buah alpukat bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Hal ini dikarenakan di dalam buah alpukat memang mengandung beberapa nutrisi yang secara alami mampu melembabkan kulit. Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker wajah untuk membuat kulit tampak lebih lembab alami. 

Membersihkan kulit secara alami

Pemakaian masker alpukat secara rutin bukan hanya dapat melembabkan kulit tetapi juga membuatnya tampak lebih bersih. Efek positif dari masker alpukat ini didapat karena buah ini memang mampu mengangkat kotoran di kulit wajah. 

Mengaplikasikan masker alpukat ke kulit wajah akan membantu pengelupasan sel kulit mati dan mengangkatnya bersama saat anda mencuci kulit wajah. Lakukan secara rutin akan tetapi tidak berlebihan maka hasilnya akan luar biasa.

Eksfoliasi kulit 

Eksfoliasi merupakan sebuah proses pengelupasan kulit. Hal ini biasanya bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan sel kulit yang tidak sehat. Dampaknya kulit wajah akan menjadi halus. 

Untuk mendapatkan kulit yang halus tersebut anda bisa mengaplikasikan masker alpukat ke kulit wajah anda selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah selesai anda bisa membalasnya dengan bersih sehingga tidak ada kotoran yang menempel. 

Mencerahkan kulit wajah

Salah satu manfaat masker alpukat untuk kulit wajah dan membantunya tampak lebih cerah alami. Hal ini dikarenakan dalam buah alpukat terdapat banyak vitamin diantaranya adalah vitamin E dan C. Vitamin C merupakan salah satu agen antioksidan sekaligus mampu membuat kulit tampak lebih cerah. 

Cara membuat masker alpukat sangat mudah sekali. Pertama anda bisa menghaluskan nya dengan menggunakan blender lalu terapkan ke kulit wajah anda. Mencampurnya dengan bahan lain seperti madu atau minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan yang bagus agar nutrisinya lebih kaya.

Jika sudah selesai seperti biasa diaplikasikan ke kulit wajah kemudian bilas sampai bersih setelah 10 menit. Lakukan langkah ini secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu akan membantu anda mendapatkan kulit cerah terawat.

Setelah kita membahas mengenai manfaat dari masker alpukat sekarang kita akan mencari tahu apakah penggunaan masker alpukat secara rutin baik untuk kulit anda. Ternyata memang penggunaan masker alpukat memiliki efek samping tertentu yang sebenarnya efek samping ini bisa diminimalisir.

Efek samping masker alpukat

Sebagai penyeimbang informasi berikut kami sajikan mengenai efek samping masker alpukat untuk kulit wajah anda.

Menimbulkan alergi kulit

Salah satu efek samping masker alpukat yang perlu anda waspadai adalah menyebabkan alergi pada mereka yang tidak tawar dengan penggunaan alpukat. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya alergi ini jarang terjadi.

Sudah alergi mulai muncul maka anda harus menggantikan penggunaan masker alpukat. Selain itu pastikan untuk melakukan terlebih dahulu pada kulit tangan anda untuk memastikan bahwa anda tidak alergi dengan alpukat.

Timbul rasa gatal pada wajah

Salah satu reaksi yang didapat saat pertama kali menggunakan masker alpukat adalah timbulnya rasa gatal di wajah. Jadi untuk itu sebaiknya anda harus berhati-hati saat menggunakan alpukat sebagai masker wajah. Jika anda merasa efek samping masker alpukat ini mulai sangat mengganggu sebaiknya jangan meneruskan penggunaannya.

Membuat wajah tampak lebih kering

Efek samping masker alpukat yang satu ini sebenarnya didapatkan jika anda terlalu sering menggunakannya. Akan tetapi jika masker alpukat digunakan secara wajar maka efek samping ini biasanya tidak akan mengganggu. 

Penggunaan masker alami secara berlebihan dapat menghilangkan minyak yang terdapat pada kulit wajah. Minyak ini sebenarnya sangat diperlukan sebagai pelembab alami kulit meskipun jika berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan masker alpukat untuk wajah.

Dapat memicu jerawat

Jika anda tergolong memiliki kulit sensitif dan alergi sebaiknya hindari penggunaan masker alpukat. Hal ini dikarenakan ternyata masker alpukat dapat menyebabkan jerawat bagi mereka yang tidak cocok. Jadi sangat penting sekali untuk mengenali jenis kulit anda terlebih dahulu sebelum menggunakan masker apapun.

Nah demikian tadi informasi mengenai efek samping masker alpukat dan manfaatnya untuk kesehatan wajah yang mungkin bisa anda jadikan referensi sebelum menggunakannya.