Efek samping buah nanas serta manfaatnya yang perlu kamu tahu

Efek samping buah nanas

Efek samping buah nanas yang perlu kamu ketahui terutama bagi ibu hamil serta manfaatnya yang cukup banyak di samping efek merugikan tersebut.

Nanas merupakan buah tropis yang sangat menyegarkan. Buah ini sangat cocok terutama dikonsumsi saat musim panas. Buah nanas mengandung banyak nutrisi penting terutama vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Selain dikonsumsi secara , buah nanas juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti selai, dibuat rujak, serta asinan.

Kandungan gizi buah nanas bukan hanya didominasi oleh vitamin C saja tetapi juga beberapa mineral penting lainnya. Dari kesemua fakta ini membuat nanas menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

Manfaat buah nanas

Lantas tahukah anda apa saja manfaat yang terkandung dalam buah nanas tersebut?. Berikut ini sajikan manfaat buah nanas untuk anda:

Mengurangi risiko penyakit jantung

Bagi anda yang beresiko tinggi mengalami penyakit jantung tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah nanas. Kandungan vitamin C dalam buah nanas diketahui mampu mencegah oksidasi kolesterol yang mengarah pada penyakit jantung. Oksidasi kolesterol ini bisa membuat kolesterol menjadi plak hingga menempel pada arteri dan menyumbatnya. 

Menurunkan berat badan

Bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal cobalah banyak mengkonsumsi buah-buahan segar seperti nanas. Nanas diperkaya akan nutrisi yang mampu membuat kebutuhan nutrisi anda terpenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi maka anda tidak akan mudah lapar.

Selain itu, nanas juga mengandung serat yang berguna melancarkan buang air besar. Melancarkan buang air besar sangat penting sekali karena saat proses tersebut racun dan juga lemak di dalam tubuh juga akan dikeluarkan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Di tengah merebaknya virus corona seperti saat ini meningkatkan daya tahan tubuh menjadi sangat penting. Hal ini lantaran virus akan lebih mudah menyerang manusia jika imunitas mereka lemah. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan imunitas anda.

Meningkatkan kesehatan tulang anda

Tulang merupakan organ yang sangat penting sekali karena salah satu tugasnya adalah menopang tubuh. Kekurangan nutrisi pada tulang dapat membuatnya mudah rapuh. Jadi untuk menjaganya tetap kuat anda membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi seperti mineral. 

Buah nanas adalah salah satu makanan yang sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu nutrisi yang terdapat dalam buah nanas adalah mangan, di mana dalam satu cangkir buah nanas menyediakan hingga 75% kebutuhan mangan harian anda.

Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker masih menjadi salah satu momok yang paling menakutkan bagi siapapun. Salah satu jenis kanker yang banyak menimpa seseorang adalah kanker prostat. Buah nanas diperkaya akan kandungan antioksidan yang sangat penting untuk mencegah penyakit kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam nanas didominasi oleh vitamin C dan betakaroten. Konsumsi buah nanas dapat mengurangi hingga 32% kemungkinan seorang laki-laki terkena kanker prostat.

Meningkatkan kesuburan

Meskipun diantara efek samping buah nanas untuk ibu hamil adalah dapat membahayakan janin akan tetapi buah yang satu ini ternyata justru dapat meningkatkan kesuburan. Buah nanas sangat baik terutama dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan.

Di dalam buah nanas mengandung asam folat, beta karoten, seng serta tembaga yang kesemuanya tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia. Hanya saja untuk ibu hamil sebaiknya memang harus mengurangi konsumsi nanas terutama yang belum 100% matang.

Menjaga kesehatan kulit anda

Kandungan antioksidannya yang tinggi dari vitamin C dan beta karoten memainkan peran penting dalam memerangi radikal bebas. Radikal bebas bukan hanya berefek pada meningkatnya resiko kanker tetapi juga dapat membuat kulit menjadi tampak lebih tua.

Konsumsi buah-buahan segar yang diperkaya akan kandungan antioksidan dari vitamin C sangat berguna dalam mencegah penuaan serta meningkatkan kesehatan kulit. Terlebih lagi kandungan vitamin C dalam buah nanas juga berperan penting dalam menciptakan collagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang menyusun kulit.

Jadi dengan konsumsi buah nanas secara rutin maka proses regeneasi kulit akan berjalan maksimal, sehingga pada akhirnya penuaan dini bisa dicegah.

Efek samping buah nanas

Tentu di balik manfaatnya yang begitu banyak ada efek samping buah nanas yang mungkin perlu anda ketahui. Dengan mengetahui efek samping tersebut diharapkan anda lebih bijak dalam konsumsinya, serta agar anda lebih berhati-hati. Berikut daftar efek samping konsumsi buah nanas secara berlebih:

Memicu kenaikan gula darah

Walau bagaimanapun juga rasa manis yang dimiliki oleh buah nanas merupakan hasil dari kandungan gulanya yang cukup tinggi. Kandungan gula tersebut tentu sangat tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Akan tetapi bagi mereka yang sehat sebenarnya tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi buah nanas selama tidak berlebihan.

Memicu pendarahan

Efek samping buah nanas yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan pendarahan. Inilah alasan utama kenapa ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah nanas terlalu banyak apalagi yang belum terlalu matang.

Kandungan senyawa yang yang bertanggung jawab dalam menyebabkan pendarahan adalah bromelain. Senyawa ini biasanya banyak terdapat pada batang pohon nanas. Selain terdapat pada batang pohonnya, nanas mudah diketahui juga memiliki kandungan bromelain lebih tinggi dibandingkan buah nanas yang sudah masak.

Berinteraksi dengan beberapa obat

Jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti amoxilin dan antibiotik sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nanas terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ternyata buah nanas dapat berinteraksi dengan kedua jenis obat tersebut sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan munculnya efek samping yang tidak diinginkan.

Selain kedua jenis obat tersebut, sebaiknya hindari juga mengkonsumsi buah nanas saat anda sedang meminum obat apapun sebagai langkah pencegahan. Atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi buah nanas setelah minum obat tertentu.

Bisa merusak gigi

Diantara efek samping buah nanas yang tidak diinginkan adalah dapat merusak enamel gigi. Hal ini dikarenakan di dalam buah nanas terdapat kandungan asam yang cukup tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering. Meskipun demikian, sesekali mengkonsumsi buah nanas juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan gigi anda karena kandungan mineralnya yang tinggi.

Risiko meningkatkan energi

Seperti yang anda tahu bahwa salah satu nutrisi yang paling banyak terdapat di dalam nanas adalah vitamin C. Meskipun vitamin C ini baik untuk kesehatan tetapi anda tidak boleh mengkonsumsi nya terlalu banyak. Kelebihan dosis vitamin C dapat menyebabkan pusing, mual, serta muntah. 

Hal ini tentu akan semakin parah jika kelebihan dosis vitamin C dialami oleh anak-anak. Untuk itu sebaiknya kontrol asupan buah nanas agar anda terhindar dari efek samping yang ditimbulkannya. Baca juga Efek samping buah naga

Bisa menyebabkan rematik

Siapa yang menyangka jika ternyata buah nanas yang memberikan banyak manfaat juga bisa memicu penyakit rematik. Hal ini dikarenakan beberapa zat yang terdapat di dalam buah nanas saat dikonsumsi ternyata menjadi seperti fermentasi yang hampir mirip dengan alkohol. Sehingga konsumsi buah nanas terlalu berlebihan dikhawatirkan dapat memicu penyakit rematik.

Sekali lagi hal ini sebenarnya tidak perlu anda khawatirkan selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah nanas tersebut. 

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →