Manfaat Minyak Kayu Putih yang Tidak Boleh Dilewatkan. Check It!

manfaat minyak kayu putih

manfaat minyak kayu putih

Manfaat Minyak Kayu Putih – Kayu putih, atau nama lainnya Eucalyptus yaitu tanaman asli Australia yang digunakan untuk berbagai produk kesehatan. Minyak kayu putih atau minyak dari tanaman kayu putih ini dipakai sebagai pengharum, antiseptik alami, hingga bahan kosmetika.

Melansir Medical News Today, minyak kayu putih telah digunakan sebagai bahan pengobatan alami di China, India, hingga Eropa semenjak ribuan tahun silam. Daun eucalyptus menghasilkan minyak kayu putih mengandung eucalyptol yang disuling dengan uap.

Terdapat flavonoid dan tanin dalam daun minyak kayu putih. Zat tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan termasuk antioksidan nabati. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat minyak kayu putih yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Meredakan Batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih dipakai untuk meredakan batuk. Sebagai salah satu bahan aktifnya, minyak kayu putih terkandung pada beberapa obat batuk alami yang dijual bebas di pasaran. Gejala batuk akibat flu atau salesma dapat diredakan dengan menggosokkan minyak kayu putih di dada dan tenggorokan.

2. Membantu Mengeluarkan Lendir

Banyak orang risih saat batuk terus-menerus namun lendir atau sputum di tenggorokan tidak kunjung keluar. Situasi tersebut membuat tidak nyaman. Minyak kayu putih terbukti tidak hanya meredakan batuk. Khasiat minyak kayu putih juga dapat mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan.

Cara menerapkan manfaat minyak kayu putuh untuk mengeluarkan sputum yaitu dengan menghirup uap hangat yang ditetesi sedikit minyak kayu putih. Coba gosok bagian tubuh yang tidak nyaman dengan minyak kayu putih, bila Anda tidak nyaman menghirup uap hangat.

manfaat minyak kayu putih

Sumber: https://images.solopos.com

3. Mencegah Gigitan Serangga

Nyamuk biasanya datang pada manusia yang memakai baju gelap, misalnya hitam. Gigitan serangga, termasuk nyamuk, dapat berbahaya untuk kesehatan kita. Untuk melindungi diri dari gigitan serangga, Anda dapat menerapkan minyak kayu putih.

Supaya lebih praktis, pakai produk pengusir serangga dengan bahan alami minyak kayu putih. Semprotan khusus antiserangga dengan bahan kayu putih telah diproduksi beberapa produsen ternama.

4. Merawat Luka

Orang dari suku Aborigin Australia memakai daun minyak kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Hingga kini, untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan juga telah memakai minyak kayu putih.

Untuk membantu perawatan luka ringan di rumah, Anda dapat memakai krim atau salep khusus dengan bahan aktif kayu putih. Khasiat minyak kayu putih juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan gejala herpes. Caranya, pada area yang sakit dapat dioleskan minyak kayu putih.

5. Meringankan Sesak Nafas

Penderita sinusitis saat mengalami sesak napas dapat memanfaatkan minyak kayu putih. Caranya, yaitu uap hangat yang ditetesi sedikit minyak kayu putih dapat Anda hirup. Pada selaput lendir, larutan uap hangat ini akan bereaksi. Tidak hanya mengurangi lendir, zat ini juga bermanfaat melonggarkan saluran pernafasan.

6. Menyegarkan Nafas

Selama ini banyak orang mengandalkan mint sebagai senjata untuk menuntaskan bau mulut. Padahal, kayu putih juga memiliki khasiat sejenis. Kayu putih mengandung zat antibakteri yang dapat membantu melawan kuman penyebab bau mulut. Tidak heran jika akhir-akhir ini bermunculan produk obat kumur dan pasta gigi dengan bahan aktif kayu putih.

manfaat minyak kayu putih

Sumber: https://m.merdeka.com

7. Meringankan Nyeri Sendi

Studi menggambarkan, minyak kayu putih dapat membantu mengatasi nyeri sendi. Beberapa krim dan salep yang dijual bebas di pasaran mengandung bahan aktif minyak kayu putih untuk meredakan rheumatoid arthritis dan osteoartritis.

Tidak hanya nyeri sendi, Anda juga dapat memakai minyak kayu putih untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat cidera sendi, sakit punggung dan masalah otot. Kendati khasiat minyak kayu putih untuk kesehatan cukup berbagai, namun Anda tetap perlu berhati-hati menerapkan minyak atsiri ini.

Produk kayu putih biasanya aman diterapkan di kulit selama minyak diencerkan. Bila diterapkan sembarangan, efek samping minyak kayu putih dapat mengiritasi kulit. Hindari penggunakan yang terlalu dekat dengan area mata.

Demi keamanan, sebelum memakai minyak kayu putih pantasnya Anda berkonsultasi ke dokter. Anda juga perlu melakukan percobaan alergi di bagian tubuh seperti lengan bagian dalam. Bila tidak ada reaksi dalam 24 jam, minyak kayu putih aman diterapkan. Selain iritasi, minyak kayu putih memiliki efek samping lainnya yaitu pusing, lemas, diare, mual, muntah, dan sakit perut.

Baca Juga: Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan. Check It!