10 Tips cara menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap cantik

Kecantikan, Tips
cara menjaga kesehatan kulit
image from myhealthtips.in

Tips cara menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap cantik dan sehat secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat sekaligus menerapkan beberapa masker alami. Ada pepatah lama yang cukup terkenal yaitu wajah merupakan cerminan kepribadian kita. Hal ini menunjukkan bahwa bagian tubuh yang pertama kali dilihat orang adalah wajah. Untuk menjaganya tetap sehat dan terawat sangat penting sekali. Ada banyak produk perawatan kulit wajah yang tersedia, di mana produk tersebut mengklaim dapat memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah anda.

Meskipun menawarkan banyak manfaat, akan tetapi produk semacam itu terkadang justru memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan kulit wajah anda. Karena sebagian besar produk di pasaran ternyata mengandung bahan kimia yang justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah Anda. Kulit wajah merupakan bagian yang sangat sensitif sehingga Anda harus hati-hati dalam melakukan perawatan.

 

Penyebab kerusakan pada kulit

Makanan yang tidak sehat: makanan merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan ketidak sehatan pada kulit Hal ini dikarenakan makanan merupakan bahan bakar utama tubuh Anda. Jadi apa yang Anda makan akan mempengaruhi kesehatan termasuk kulit wajah. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan berminyak sangat tidak baik untuk kesehatan kulit wajah Anda.

Kerusakan akibat sinar matahari: paparan sinar matahari berlebih pada kulit dapat menyebabkan kerusakan seperti kulit kering dan mudah keriput. Sinar UV akan membuat kulit mengalami kekeringan sehingga dapat meningkatkan risiko munculnya tanda-tanda penuaan lebih awal.Sinar matahari berlebih juga dapat membuat kulit tampak gelap dan kusam.

Debu dan polusi: Debu dan polusi dapat menyebabkan kulit menjadi tampak kusam dan tidak sehat. Selain itu dulu sebelumku juga akan memicu munculnya garis-garis halus dan kerutan di kulit wajah yang merupakan tanda-tanda penuaan. Debu yang menempel di kulit wajah juga dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat dan komedo.

Stres berlebihan: Manajemen stres yang buruk juga akan mempengaruhi kesehatan kulit anda. Sering mengalami stres akan memicu munculnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Untuk itu menjaga manajemen stres yang baik sangat diperlukan bukan hanya untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi juga tubuh anda secara keseluruhan.

 

Cara menjaga kesehatan kulit wajah

1. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur pada umumnya diperkaya dengan vitamin dan mineral yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Jadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap sehat dan terawat adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Keduanya memiliki kandungan vitamin seperti vitamin, C A, dan E. Kesemua nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk membuat kulit tetap sehat terawat. Vitamin C misalnya, berguna menciptakan kolagen yang merupakan protein penting untuk meregenerasi sel kulit. Sedangkan vitamin A, bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sama seperti vitamin A, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang juga berperan penting dalam mencegah penuaan dini.

2. Banyak konsumsi air putih

Air putih sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuatnya tetap terhidrasi tidak terkecuali kulit anda. Jadi diantara cara menjaga kesehatan kulit yang sangat penting adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuatnya tampak lebih kenyal dan lembab secara alami. Sebaliknya, kulit yang mengalami dehidrasi akan mudah kering sehingga lebih rentan mengalami masalah seperti keriput.

Anda disarankan mengkonsumsi sedikitnya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan cantik secara alami. Pastikan anda memilih air putih karena selain alami juga lebih aman untuk dikonsumsi jangka panjang.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga sering dikaitkan dengan kesehatan kita. Hal ini tidak mengherankan mengingat ada banyak manfaat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Selain dapat menjaga kesehatan jantung dan organ lainnya, melakukan olahraga secara rutin juga berguna menjaga kesehatan kulit. Melakukan olahraga dapat membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh yang juga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, berolahraga juga membantu Anda mengurangi tingkat stres di mana stres merupakan pemicu berbagai macam masalah kulit.

Saat kita melakukan olahraga, maka sirkulasi darah juga lebih lancar sehingga nutrisi akan lebih mudah didistribusikan ke berbagai macam organ dalam tubuh kita termasuk kulit. Hal ini sangat penting sekali karena untuk membuat kulit tetap sehat Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisinya.

4. Mengontrol tingkat stres

Stres ternyata dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan kulit di antaranya adalah menyebabkan jerawat dan komedo. Untuk itu manajemen stres yang baik sangat diperlukan agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Produksi minyak berlebih pada kulit terkadang juga dipicu oleh stres. Kelebihan minyak bisa membuat kulit tampak kusam karena membuat debu lebih mudah menempel.

Bukan hanya itu, produksi minyak yang tidak terkontrol juga lebih memungkinkan kulit mengalami jerawatan. Hal ini dikarenakan minyak dapat menyebabkan sumbatan pada kulit sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Untuk itu, mengontrol tingkat stres merupakan langkah yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit anda.

5. Gunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit

Cara menjaga kesehatan kulit wajah agar terlihat lebih cantik alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit Anda. Kenapa hal ini penting?. Karena penggunaan bahan kimia untuk kulit wajah dapat membahayakan kesehatannya. Bukan hanya itu, produk berbahan kimia bukan membuat kulit anda lebih cantik, tetapi terkadang justru menimbulkan masalah bagi kesehatan kulit. Jadi pilihan yang sangat baik adalah memanfaatkan bahan-bahan alami seperti madu, minyak zaitun dan masker buah-buahan.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit memiliki banyak kelebihan. Selain lebih aman, juga memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik. Memang melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami terkadang lebih repot sehingga jarang dilakukan. Akan tetapi untuk kesehatan kulit anda, saya rasa hal ini bukanlah masalah besar bagi anda.

6. Banyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti teh hijau, buah strawberry dan lain-lain sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Antioksidan merupakan senyawa penting yang berguna menghalangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menimbulkan masalah serius bagi kesehatan kulit anda. Beberapa diantara masalah kulit yang ditimbulkan radikal bebas termasuk keriput dan penuaan. Sedangkan masalah yang cukup serius seperti kanker kulit.

7. Cukupi kebutuhan vitamin C harian Anda

Cara menjaga kesehatan kulit yang selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan nutrisi utama untuk kulit. Vitamin C berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit sekaligus mencegah dari kerusakan. Vitamin C bermanfaat menciptakan kolagen yang merupakan protein penting bagi kulit. Produksi kolagen yang cukup akan membantu regenarasi kulit lebih baik sehingga akan membuat kulit wajah anda tampak lebih muda.

Untuk keamanan, sebaiknya cukupi kebutuhan vitamin C dari makanan. Mendapatkan asupan vitamin C dari suplemen sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan efek samping jangka panjang. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan kulit karena mengandung tinggi vitamin C diantaranya adalah buah jeruk, strawberry, jambu biji, pepaya, dan kiwi.

8. Tingkatkan asupan vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E merupakan nutrisi yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kulit anda. Vitamin E memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah penuaan dini. Meningkatkan asupan vitamin E bermanfaat mengencangkan kulit secara alami sehingga akan mengurangi risiko munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah.

Artikel terkait: 15 Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Bukan hanya itu, vitamin E juga bertindak sebagai tabir surya alami yang berguna melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa paparan sinar matahari berlebih akan berakibat buruk bagi kesehatan kulit. Selain menyebabkan penuaan, efek sinar UV juga mengarah pada penyakit kanker. Beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung tinggi vitamin E diantaranya seperti biji-bijian, minyak zaitun, dan minyak ikan.

9. Penuhi kebutuhan tidur

Memiliki waktu istirahat yang cukup ternyata berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Bahkan, sering begadang ternyata dapat membuat anda lebih tua dibandingkan usia yang sebenarnya. Begadang dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi membuatnya tampak kering dan kusam. Selain itu, menurut penelitian begadang juga meningkatkan resiko stres juga berdampak buruk untuk kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup terutama di malam hari untuk menjaga kesehatan kulit. Jika kesulitan mendapatkan waktu Istirahat di malam hari, Anda bisa menambah waktu tidur di siang hari.

Baca juga: 15 Cara mengencangkan kulit wajah secara alami

10. Melakukan perawatan kulit wajah secara teratur

Tidak bisa dipungkiri, salah satu cara menjaga kesehatan kulit yang paling penting adalah dengan merawatnya. Melakukan perawatan secara rutin dan dengan cara yang benar akan membuat kulit lebih sehat dan tampak cantik alami. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pastikan anda menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit. Beberapa bahan alami seperti madu, minyak zaitun, dan buah-buahan termasuk pepaya, pisang dan strawberry bisa anda gunakan sebagai masker kulit wajah.

Demikian tadi cara menjaga kesehatan kulit secara alami yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga dengan menerapkan tips di atas bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat terawat.