Top 15 Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami

Cara menghilangkan kerutan di wajah
Cara menghilangkan kerutan di wajah
image from pixabay.com

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dengan bahan rumahan, Sekaligus beberapa tips penting untuk memperlambat munculnya kerutan di wajah anda.

Kerutan di wajah merupakan tanda penuaan yang tidak bisa dihindari saat bertambahnya usia. Kulit wajah akan mengalami kendur sehingga garis garis halus dan kerutan akan semakin nampak. Kerutan di wajah bisa muncul akibat sinar UV berlebih atau kotoran yang menempel sehingga menyebabkan penuaan lebih cepat.

Perawatan medis ataupun penggunaan bahan-bahan kimia dapat membantu anda mengatasi kerutan di wajah dengan cepat. Akan tetapi terkadang memberikan dampak negatif yang justru membahayakan kulit Anda.

 

Beberapa penyebab munculnya kerutan di wajah

1. Kebiasaan mengunyah permen karet

Kebiasaan sepele tetapi memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan kulit adalah mengunyah permen karet. Yup,, terlalu sering mengunyah permen karet ternyata dapat meningkatkan resiko munculnya kerutan di wajah lebih cepat. Bagi Anda yang tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya kurang kebiasaan tersebut.

2. Konsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda memang memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat memicu munculnya kerutan di wajah. Minuman bersoda mengandung tinggi gula yang berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit.

3. Kulit kering

Membiarkan kulit kering dalam waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Jadi anda harus menjaga kelembaban kulit anda secara kontinyu. Gunakan pelembab yang sesuai dengan karakteristik kulit wajah anda. Jika kesulitan menemukan produk seperti itu, gunakan bahan-bahan alami sebagai gantinya.

4. Kurang berolahraga

Mendapatkan waktu olahraga yang cukup sangat penting sekali. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kulit wajah. Kurangnya aktivitas fisik ternyata dapat menyebabkan karutan di wajah. Pastikan anda mendapatkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk beraktivitas fisik. Selain berguna mencegah munculnya kerutan di wajah, langkah ini juga sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

5. Paparan sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan munculnya kerutan di wajah. Hal ini biasanya disertai dengan flek hitam yang juga cukup mengganggu. Pastikan anda menggunakan tabir surya sebelum berada di luar rumah dalam waktu yang lama.

 

Cara menghilangkan kerutan di wajah

Berikut cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami menggunakan bahan-bahan rumahan:

1. Buah nanas

Buah nanas diperkaya dengan vitamin yang membantu meremajakan sekaligus mengencangkan kulit secara alami. Selain itu, kandungan bromelain yang merupakan bahan aktif dalam buah nanas berguna menjada kulit tetap sehat dan terbebas dari kerutan. Caranya: haluskan buah nanas kemudian oleskan pada kulit anda hingga merata. Tunggu selama 10 menit setelah itu bilas wajah anda dengan air.

2. Bubuk susu

Cara menghilangkan kerutan yang tidak kalah efektif adalah menggunakan bubuk susu. Caranya campur 2 sendok makan madu, 4 sendok makan susu bubuk, dan air hangat secukupnya. Aduk ketiga bahan tadi hingga Anda mendapatkan sebuah pasta yang kental.

Terapkan ke wajah anda selama 10 sampai 15 menit kemudian dibersihkan dengan air. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat mengakibatkan kerutan di wajah. Susu diperkaya dengan retinol yang merupakan obat topikal yang sangat baik untuk meningkatkan kekencangan kulit anda.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk menghilangkan kerutan di wajah. Penggunaan minyak kelapa secara rutin dapat membantu menghilangkan garis halus di wajah serta masalah penuaan lainnya. Minyak kelapa juga dapat menghalangi kerusakan akibat paparan sinar matahari, di mana sinar matahari adalah satu diantara penyebab munculnya kerutan di wajah.

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak kelapa: pertama tuangkan minyak kelapa murni ke dalam mangkuk kecil. Oleskan secara merata di wajah anda, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan wajah anda.

4. Buah pisang

Buah pisang mengandung beberapa mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Menerapkan buah pisang secara rutin di kulit wajah dapat menghilangkan kerutan dan garis halus yang menjadi tanda-tanda penuaan. Kandungan nutrisi dalam buah pisang berguna meremajakan kulit sekaligus membuatnya lebih kenyal.

Caranya gunakan buah pisang sebagai masker wajah dengan cara menghaluskan nya terlebih dahulu. Setelah anda mendapatkan texture yang diinginkan, tambahkan sedikit susu untuk membuatnya sedikit encer. Balurkan ke kulit wajah anda hingga merata dan tunggu sekitar 20 menit. Langkah terakhir bilas dengan air.

5. Mentimun

Mentimun memiliki sifat pendingin yang sangat baik untuk menenangkan kulit sekaligus membuatnya halus secara alami. Menempelkan irisan mentimun di mata dan bagian kulit wajah lainnya berguna menghilangkan kerutan dan garis halus. Lakukan setidaknya 4 sampai 5 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Buah semangka

Buah semangka mengandung tinggi air sehingga sangat baik untuk membersihkan dan mengurangi kerutan di wajah. Menggunakan buah semangka dapat membantu meremajakan dan mengembalikan cahaya alami kulit wajah. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan semangka cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokkan buah semangka ke kulit wajah anda sekitar 4 sampai 5 menit.

7. Madu

Manfaat madu untuk kecantikan kulit memang sangat luar biasa, di antaranya adalah menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Madu memiliki segudang mineral dan vitamin serta beberapa enzim yang kesemuanya sangat baik untuk memperlambat proses penuaan kulit.
Cara menggunakan madu untuk menghilangkan kerutan di wajah tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu ke seluruh bagian wajah kecuali mata. Biarkan selama 30 menit jika sudah selesai Anda bisa membilasnya dengan air dingin.

8. Tepung beras

Tepung beras selain bisa digunakan sebagai bahan pokok makanan ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Salah satu manfaat beras untuk kecantikan adalah menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Caranya: campur tepung beras, susu, dan air mawar kemudian aduk ke semua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Gunakan sebagai masker wajah paling tidak 15 sampai 20 menit, setelah itu Anda bisa membersihkan nya dengan air.

9. Telur

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang cukup simpel yaitu menggunakan telur. Caranya: pisahkan putih telur dari kuningnya kemudian kocok hingga teksturnya sedikit encer. Balurkan ke seluruh wajah anda untuk membantu mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Lakukan secara rutin agar kerutan di wajah anda segera hilang.

10. Jahe

Jahe adalah ramuan alami yang cukup baik untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya: haluskan jahe terlebih dahulu kemudian tambahkan sedikit madu ke dalamnya. Konsumsi secara rutin untuk mengurangi kerutan di wajah. Jahe dan madu bertindak sebagai agen pertahanan kulit dalam melawan munculnya kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

11. Strawberry

Strawberry adalah buah yang sangat menawan, bukan hanya karena warnanya yang menarik tetapi juga manfaatnya untuk kulit wajah. Di antara manfaat buah strawberry yang cukup baik adalah membantu menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Caranya blender buah strawberry hingga halus kemudian tambahkan dengan satu sendok makan madu. Gunakan sebagai masker wajah secara teratur untuk membantu mengurangi kerutan di wajah.

12. Menggunakan sendok dingin

Ada cara menghilangkan kerutan di wajah yang cukup praktis tetapi memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik, yaitu menggunakan sendok dingin. Caranya: masukkan sendok ke dalam kulkas setelah itu biarkan hingga dingin. Kemudian oleskan pada area bawah mata atau bagian kulit wajah lainnya yang terdapat kerutan. Lakukan secara rutin untuk membantu menyamarkan kerutan di wajah.

13. Buah apel

Ambil beberapa irisan buah apel kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit madu, setelah itu oleskan pasta kental tersebut pada wajah anda hingga merata. Lakukan paling tidak 2 sampai 4 kali dalam seminggu untuk menghilangkan kerutan di wajah. Apel mengandung asam malat yang berperan penting untuk mengurangi penuaan pada kulit.

14. Air mawar

Air mawar dikatakan sebagai salah satu obat rumahan terbaik dalam menghilangkan kerutan di wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tambahkan beberapa gliserin dan jus lemon. Campur ketiga bahan tadi dengan baik kemudian gunakan pada wajah anda. Paket wajah ini berguna melembabkan kulit secara alami sekaligus membuatnya tampak kencang dan terbebas dari kerutan.

15. Aprikot

Manfaat buah aprikot untuk kesehatan sangat banyak sekali. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung berbagai mineral penting seperti magnesium, kalium, fosfor, dan kalsium. Kesemua mineral tersebut berperan penting dalam meningkatkan kesehatan kulit termasuk mencegah munculnya kerutan di wajah.

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan aprikot: pertama haluskan buah aprikot terlebih dahulu. Kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan susu. Gunakan sebagai masker wajah, kemudian diamkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin selama kurang lebih 1 bulan, untuk membantu Anda menghilangkan kerutan di wajah.

 

Tips mencegah kerutan di wajah

1. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung tinggi antioksidan dapat mencegah kerutan di wajah. Antioksidan berperan penting dalam mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh efek buruk radikal bebas. Beberapa buah seperti strawberry, anggur, delima, dan blueberry merupakan yang paling tinggi mengandung antioksidan.

2. Jaga kelembaban kulit anda

Masalah kulit kering seringkali membuat kita kurang percaya diri. Selain membuat kulit tampak tidak sehat, ternyata dehidrasi pada kulit juga menyebabkan kerutan di wajah. Anda bisa melembabkan kulit secara alami menggunakan bahan-bahan alami atau dengan banyak mengkonsumsi air putih. Usahakan untuk tidak menggunakan pelembab berbahan kimia, karena justru akan membuat kulit menjadi tidak sehat.

3. Buat buat tubuh terhidrasi

Kulit adalah bagian tubuh yang membutuhkan suplai air untuk membuatnya tetap terhidrasi. Seperti yang kita ketahui di atas, kulit kering dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Sehingga menjaganya tetap terhidrasi sangatlah penting sekali. Konsumsi setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk mencegah munculnya kerutan di wajah.

4. Kontrol stres

Stres bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan tetapi juga bisa memicu munculnya kerutan di wajah tanda-tanda penuaan bisa terlihat lebih awal jika seseorang sering mengalami stres berlebih. Jadi solusinya mengontrol stres menjadi salah satu hal yang utama untuk mencegah munculnya kerutan di wajah. Jika anda gagal pada poin ini, maka penerapan cara menghilangkan kerutan di wajah tidak akan bekerja dengan maksimal.

Untuk membantu mencegah stres, lakukan beberapa hal positif termasuk berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Selain itu, buat diri anda tetap rileks dan jangan biarkan masalah terus menumpuk. Menerapkan pola hidup sehat bukan hanya dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah, tetapi juga mencegah stres yang menjadi penyebab kerutan itu sendiri.

6. Minimalisir paparan sinar matahari

Mendapatkan sinar matahari pagi sangat baik untuk kulit sekaligus membantu Anda memenuhi asupan vitamin D. Akan tetapi jika kulit terlalu berlebihan terpapar sinar matahari maka akan rentan mengalami kerutan. Bagaimanapun juga, paparan sinar matahari dapat merusak kulit dan bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan, termasuk munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

7. Gunakan produk kecantikan yang cocok

Beberapa produk kecantikan yang tidak cocok dengan kulit terkadang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan memicu munculnya kerutan di wajah. Jadi sebelum Anda menggunakan produk kecantikan, sebaiknya baca komposisi dengan seksama. Setelah Anda mengetahui komposisi dari produk perawatan kecantikan tersebut, cari tahu apa saja efek samping dan kegunaan bahan-bahan tersebut. Memang sedikit merepotkan, akan tetapi untuk kebaikan kulit wajah anda saya rasa cara ini patut dicoba.

Demikian tadi cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan-bahan rumahan. Semoga dapat membantu mengatasi munculnya kerutan di wajah anda.