Fungsi Utama Program Microsoft Excel Adalah

fungsi utama program microsoft excel adalah

fungsi utama program microsoft excel adalah

Fungsi Utama Program Microsoft Excel Adalah – Program microsoft Excel merupakan suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data, khsusnya dalam bentuk angka.

Software komputer untuk para pekerja perkantoran kerap kali digunakan dalam melakukan aktivitas kerja sehari-hari, khususnya dalam membuat dokumen atau laporan tertentu.

Salah satu software yang paling sering diterapkan adalah Microsoft Office. Di dalam Microsoft Office terdapat Ms. Word yang berguna untuk mengolah data berbasis teks, PowerPoint untuk membuat materi berbentuk silide-slide untuk presentasi, Ms. Access untuk membikin rangkaian basis data, serta adapula Ms. Excel yang diterapkan untuk mengolah data berbentuk angka dengan campuran beberapa teks.

Seperti yang telah diketahui sebelmunya bahwa, Microsoft Office dikeluarkan oleh sebuah perusahaan Microsoft Corporation dan program ini biasanya akan selalu terdapat pada perangkat komputer khusnya yang menggunakan OS Windows.

BACA JUGA : Cara Screen Shot di Laptop Acer

1. Pengertian Microsoft Excel

fungsi utama program microsoft excel adalah
Sumber : https://onlinelearning.uhamka.ac.id/

Yang dimaksud dengan Microsoft Excel adalah suatu software yang mempunyai lebaran kerja berupa spreadseheet, yang diciptakan oleh Microsoft Corporation, biasanya digunakan untuk mengolah data dalam wujud angka.

Software ini kerap kali disebut juga sebagai Excel, MS. Excel ataupun Micrsoft Office Excel, karena termasuk kedalam keluarga dari software Microsoft Office.

Jadi bila kau menginstall Microsoft Office, maka didalamnya akan secara otomatis telah termasuk Excel, PowerPoint, Word, Access, dan lain sebagainya.

Sebagian besar orang menggunakan Ms. Excel ketika hendak mengerjakan pengolahan data berbentuk angka, karena software ini dapat mengolah data berupa angka dalam jumlah banyak.

Dalam membantu pengolahan datanya sendiri, Anda dapat mengguanakan berbagai macam formula atau rumus. Mulai dari menambahkan, mengurangi, membagi, hingga berbagai formula yang memiliki rumus rumit sekalipun.

BACA JUGA : Voice Over Internet Protocol adalah…

Formula ini bisa diterapkan untuk membantu dan mempercepat proses perhitungan atau kalkulasi data dari yang sederhana hingga yang terrumit, baik itu dalam wujud angka, hingga teks sekalipun.

Biasanya data yang diperlihatkan umumnya dalam wujud table yang terdapat pada cell-cell. Dengan demikian mengolah data akan menjadi lebih mudah, praktis, dan hemat waktu.

Area karja pada Ms. Excel biasa disebut dengan system workbook, di dalam workbook, terdapat worksheet atau yang lebih diketahui dengan sebutan sheet. Pada sheet ini, terdiri dari banyak sekali sel/cells dan juga baris. Jadi system Workbook itu di ibartkan sebuah buku dan sheet adalah setiap lembaran halaman di dalamnya.

BACA JUGA : Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel

2. Fungsi Utama Program Microsoft Excel Adalah

Sumber : https://oretzz.com/

Secara garis bersar, fungsi utama dari program Ms. excel ini adalah sebagai salah satu software komputer yang bisa dimmanfaatkan untuk mengolah data berupa kumpulan angka, namun diterapkan untuk mengola data berbentuk teks juga bisa, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan penggunanya saja.

Selain itu, kita juga bisa mencari informasi mengenai data tertentu seperti data median, data terbesar, terkecil, hingga mengetahui rata-rata. Ms. Excel ini juga bisa mengerjakan perhitungan aritmatika dan membuat statistika tertentu.

Bagi banyak perusahaan-perusahan seprti bahnk dn lain sebagainya, Ms. Excel sangat burguna untuk merekap data hasil penjulan, membentuk anggaran, membuat catatan keuangan, hingga membuat laporan dalam wujud tabel dan grafik.

Jadi tak heran bagi seseorang yang bekerja sebagai akunting kerap kali mengganakan software ini, karena akan sangat membantu mempermudah pekerjaannya sehari-hari.

BACA JUGA : Adsense Sign

3. Sejarah Microsoft Excel

fungsi utama program microsoft excel adalah
Sumber : https://www.globaledulink.co.uk/

Pada awalnya, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut sebagai “Multiplan” sekitar tahun 1982. Saat itu yang tengah tenar ialah Lotus 1-2-3.

Setelahnya, Microsoft mulai mengembangkan program spreadsheet yang lebih baru dan diberinama dengan Excel, versi pertama dari Exel di rillis pada tahun 1985, untuk Machintos dan kemudian menyusul dengan verisi 2.0 pada bulan November tahun 1987 untuk jenis Windows.

Lalu pada sekitar tahun 1988, Excel mulai menggeser Lotus 1-2-3 pada pasaran software program spreadsheet. Ketika itu, Microsoft merillis versi Excel terkini untuk jenis Windows, dengan jangkauan rata-rata tiap dua tahun sekali.

Pada permulaan perillisannya, Excel berganti nama menjadi Microsoft Excel atau yang sekarang dikenal sebagai Ms. Exel. Hal ini dikarenakan menjadi target tuntutan dari industri finansial yang memasarkan perangkat lunak dengan nama yang sama.

Seperti itulah Microsoft membeli program Excel dari perusahaan yang menuntut mereka, sehingga penggunakan penamaan Excel bagi software spreadsheet-nya tak jadi permasalahan lagi.

BACA JUGA : Test Kecepatan Internet

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian, sejarah, dan fungsi utama program Microsoft Excel adalah seperti yang telah diterangkan di atas. Semoga berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.