16 Cara menenangkan hati dan pikiran agar hidup Anda lebih bahagia

Cara menenangkan hati dan pikiran
Cara menenangkan hati dan pikiran
image expat-energy.com

Cara menenangkan hati dan pikiran agar hidup Anda jauh lebih tenang serta berkualitas dengan beberapa langkah sederhana. Setiap manusia pasti pernah mengalami kegelisahan dalam hidupnya. Kegelisahan biasanya terjadi lantaran sebuah kekhawatiran mengenai hal-hal tertentu. 

Kegelisahan merupakan salah satu sifat manusia yang secara umum wajar. Akan tetapi jika kegelisahan hati tersebut terus-menerus terjadi maka tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya. 

Cara menenangkan hati dan pikiran

Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi kita untuk mencoba menenangkan hati dan pikiran saat mulai gelisah. Lantas bagaimana cara menenangkan hati dan pikiran tersebut? Berikut beberapa tipsnya untuk anda:

1. Menenangkan hati dengan cara berdzikir

Berdzikir merupakan cara yang paling efektif untuk menenangkan hati dan pikiran seseorang. Dengan berdzikir mengingat Allah maka dia akan merasa tenang dan kegundahan hati serta pikiran pun perlahan akan hilang.

Dengan mengingat Allah dia akan sadar bahwa setiap musibah pasti akan ada penyelesaiannya selama dia bertakwa. Karena Allah telah memberikan jaminan bagi orang yang bertaqwa bahwa mereka akan dimudahkan dalam setiap urusan.

2. Menenangkan hati dengan berdo’a kepada Allah

Do’a merupakan senjatanya orang yang beriman jika dia bisa menggunakannya. Berdo’a dengan khusyuk dan sungguh-sungguh akan membuat hati menjadi lebih tenang sehingga membuatnya tidak mudah putus asa.

Berdo’a memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah meningkatkan kesehatan mental. Dengan berdo’a dia tidak akan pernah merasa sendiri lantaran ada dzat yang menurutnya bisa membantunya dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

Selain itu berdo’a tidak akan ada ruginya, karena Allah berjanji akan mengabulkan setiap do’a hambanya selama dia tidak tergesa-gesa. Ada tiga cara Allah mengabulkan do’a seseorang: pertama Allah mengabulkannya secara langsung sesuai dengan do’a yang diminta seorang hamba tersebut.

Yang kedua Allah mengabulkannya dengan cara menjauhkannya dari bahaya yang semisal dengan do’a yang dipanjatkan.

Yang ketiga Allah tidak langsung mengabulkan do’anya di dunia akan tetapi menggantinya dengan sebuah pahala yang besar di akhirat kelak.

3. Membaca Al-Quran

Bagi seorang muslim Al-Quran merupakan kitab suci yang bukan hanya sebagai tuntunan hidup tetapi juga berpahala saat membacanya. Manfaat membaca Al-Quran bukan hanya menenangkan hati seseorang tetapi juga membuatnya lebih dekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  Jadi jangan sia-siakan waktu luang anda untuk tidak membaca Al-Quran.

4. Menenangkan hati dengan selalu bersyukur

Biasanya kebanyakan kegundahan hati yang dialami oleh seseorang tidak jauh dengan permasalahan dunia seperti harta. Harta dan wanita keduanya menjadi masalah paling banyak membuat hati dan pikiran seorang pria menjadi gundah.

Sehingga Salah satu cara menenangkan hati yang paling efektif adalah dengan bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan bersyukur maka akan membuat nikmat yang sedikit menjadi banyak.

Akan tetapi sebaliknya dengan tidak bersyukur akan membuat nikmat yang banyak akan kelihatan sedikit. Bersyukur bukan berarti tidak berusaha dan hanya menerima begitu saja, akan tetapi bersyukur adalah puas dengan pemberian Allah melalui usaha kita.

5. Selalu berprasangka baik pada Allah

Diantara cara menenangkan hati dan pikiran yang paling efektif adalah selalu berprasangka baik pada Allah. Percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di atas dari kemampuan kita. Dengan memahami hal ini maka anda akan paham seberat apapun permasalahan Anda sejatinya Anda bisa menyelesaikannya. 

Selain itu Anda juga harus memahami bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Dengan demikian maka hati anda akan menjadi lebih tenang dan tentram.

6. Menenangkan pikiran dengan cara sholat

Sholat merupakan salah satu bentuk dari penghambaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mengerjakan sholat bukan hanya berpahala tetapi juga akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. 

Dengan sholat pula Anda akan merasa dekat dengan Allah. Dekatnya seorang hamba kepada Allah akan memungkinkan setiap permasalahan Anda mudah untuk diselesaikan. 

7. Buang jauh-jauh pikiran negatif

Salah satu yang membuat hati anda tidak tenang adalah adanya pikiran negatif. Pikiran negatif ini biasanya akan selalu mendorong anda untuk terus merasa khawatir bahkan terhadap sesuatu yang kecil. Kekhawatiran yang tidak mendasar tentu harus dibuang jauh-jauh dari pikiran anda.

Kekhawatiran berlebih inilah yang akan membuat hati anda menjadi gundah dan tidak tenang. Percayalah setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya selayaknya semua penyakit pasti ada obatnya. 

8. Curhat kepada orang yang tepat

Setelah anda mengadu kepada Allah dengan cara berd’oa sekarang cobalah mencari seseorang yang bisa untuk anda ajak curhat. Dilihat dari ilmu psikologi mencurahkan hati akan membuat seseorang menjadi tenang. Inilah alasan kenapa banyak orang sering menuliskan setiap permasalahan yang ada di buku harian.

Tetapi kali ini cobalah Anda menemukan seseorang yang tepat untuk bisa membantu dalam menyelesaikan masalah. Orang yang Anda curhati harus bisa menjaga rahasia serta memiliki kedewasaan lebih dari anda. Hal ini sangat penting sekali karena curhat dengan orang yang salah justru akan membuat pikiran anda menjadi negatif.

Selain itu, satu hal yang perlu anda perhatikan adalah sebaiknya benar-benar hindari curhat di media sosial. Di sana ada banyak sekali jenis orang, ada yang baik dan ada yang buruk. Komentar negatif dari beberapa orang buruk justru akan membuat hati anda menjadi lebih tidak tenang. 

9. Cobalah untuk rehat sebentar dari kesibukan anda

Pekerjaan yang menumpuk di kantor terkadang memang bisa memicu stres dan membuat hati tidak tenang. Kondisi ini akan semakin parah Jika anda memiliki permasalahan di rumah. Jadi cobalah sesekali untuk mengambil cuti dan berlibur ke tempat wisata. 

Selain berlibur, Anda juga bisa melakukan aktivitas positif lainnya seperti berkumpul dengan keluarga, memperbanyak ibadah, dan sebagainya. Setelah hati dan pikiran mulai tenang biasanya anda akan lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan yang anda hadapi.

10. Jangan pernah lari dari masalah

Lari dari masalah merupakan salah satu sifat seorang pengecut. Anda harus menghindarinya bukan hanya karena sifat itu buruk, Tetapi lari dari masalah terkadang justru akan menimbulkan masalah baru.

Belum lagi saat lari dari masalah terkadang Anda masih mengingat-ingatnya sehingga justru akan membuat hati dan pikiran menjadi semakin tidak tenang. Jadi usahakan selalu Selesaikan masalah anda dengan baik. Jika anda tidak mampu melakukannya sendiri cobalah meminta pertolongan orang lain.

11. Tanamkan sifat optimis dalam diri anda

Salah satu ciri-ciri orang sukses adalah memiliki sifat optimisme yang tinggi. Sifat ini sangat penting sekali dimiliki oleh seseorang. Optimisme yang tinggi akan membuat Anda tidak mudah resah hati saat sedang mendapat masalah. 

Optimisme yang tinggi akan membuat Anda semangat melakukan banyak hal terutama dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Optimisme akan membuat anda lebih mampu untuk melakukan banyak hal dalam hidup. 

Munculnya ketidak tenangan hati dan pikiran terkadang disebabkan karena perasaan terlalu khawatir tidak dapat menyelesaikan masalah. Jadi salah satu cara menenangkan pikiran dan hati paling efektif adalah dengan menanamkan sifat optimisme ini.

12. Hibur diri Anda dengan hal-hal yang positif

Diakui atau tidak hiburan bisa membuat hati anda menjadi lebih tenang. Tapi sebaiknya anda jangan salah memilih hiburan, karena liburan yang salah justru akan membuat hati dan pikiran menjadi semakin tidak tenang.

Hiburan yang paling baik adalah berupa permainan seperti olahraga. Olahraga ringan seperti bermain tenis meja, badminton, dan sejenisnya akan membantu pikiran menjadi lebih fresh. Dengan demikian anda bisa lebih mudah dalam mencari solusi dari permasalahan anda.

13. Jangan terlalu menyalahkan diri Anda

Sadar akan kesalahan itu penting untuk membuat anda bisa memperbaiki nya di lain waktu. Tetapi terlalu menyalahkan diri sendiri akan membuat Anda tidak bisa berkembang dan maju. 

Menyalahkan diri sendiri secara terus menerus sejatinya hanya akan mengurung diri Anda dalam sebuah Belenggu. Inilah faktor yang menyebabkan hati anda menjadi tidak tenang. Jadi cobalah memaafkan diri Anda sendiri dan berusahalah untuk memperbaikinya. Ini adalah cara terbaik untuk tetap optimis dan maju.

14. Berusahalah untuk selalu bersabar

Bersabar itu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan anda. Orang yang sukses adalah mereka yang  mampu bersabar dalam segala kondisi. Sabar bukan berarti Anda tidak melakukan sesuatu. Sabar artinya adalah Tetap tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Sabar bukan hanya dapat menenangkan hati dan pikiran anda tetapi juga sangat berguna dalam meraih kesuksesan hidup. Orang yang gagal kebanyakan adalah mereka yang tidak mampu bersabar saat menjalani sebuah ujian. 

15. Lakukan olahraga secara teratur

Diantara manfaat berolahraga adalah membantu menghilangkan stres. Jadi aktivitas fisik yang cukup akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan mental anda. Jadi jika anda merasa suntuk dirumah dan merasa Hati tidak tenang cobalah untuk keluar dan lakukan olahraga ringan seperti bersepeda.

Selain bersepeda, olahraga yang sifatnya permainan juga sangat membantu anda dalam membuat Pikiran menjadi lebih fresh. Cobalah temukan olahraga yang cocok yang sekiranya anda kuasai. Setelah itu Carilah partner untuk bermain.

16. Luangkan waktu untuk hobi anda

Cari hobi anda lalu luangkan banyak waktu untuk nya agar anda lebih tenang. Mengerjakan sesuatu yang kita senangi akan sangat membantu pikiran anda lebih segar. Meluangkan waktu mengerjakan hobi kita bukan hanya berguna menenangkan pikiran tetapi juga bisa mengasah bakat yang kita miliki. Hitung-hitung sambil menyelam minum air.

Penyebab hati dan pikiran tidak tenang

Ada banyak hal yang bisa membuat hati dan pikiran seseorang tidak tenang. Diantara yang paling utama adalah tidak adanya pegangan dalam hidup. Jadi orang yang tidak beragama atau atheis biasanya lebih mudah depresi saat mereka mendapat sebuah masalah. 

Selain tidak adanya pegangan dalam hidup beberapa hal ini bisa memicu hati hati dan pikiran menjadi tidak tenang:

Selalu berpikir negatif

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa salah satu cara menenangkan pikiran dan hati adalah dengan selalu berpikir positif. Pikiran negatif akan selalu mendorong anda untuk selalu khawatir, sehingga membuat hati menjadi labil dan tidak tenang.

Melihat film tertentu

Beberapa film terkadang menyisakan kesan yang tidak enak dalam hati dan pikiran. Film semacam ini sebaiknya jangan anda tonton terutama saat dalam posisi hati yang kurang stabil. Beberapa film horor  atau yang menampilkan adegan pembunuhan dsb sangat perlu Anda hindari.

Selain film horor, film yang terlalu sedih juga sebaiknya jangan anda tonton terutama saat hati anda sedang tidak stabil. Jadi pandai-pandailah dalam memilih hiburan.

Terlalu mengurung diri

Kebanyakan seseorang saat ini memang lebih banyak menghabiskan waktu dengan smartphone mereka. Sehingga dia lebih nyaman berada di rumah daripada bersosialisasi dengan teman.

Terlalu mengurung diri di rumah terkadang bisa membuat hati dan pikiran menjadi tidak tenang. Jadi sebaiknya cobalah untuk keluar rumah meskipun hanya sekedar menghirup udara segar. Selain itu, terlalu mengurung diri di rumah juga akan membuat seseorang kurang bersosialisasi.

Padahal sosialisasi itu sangat penting sekali bagi seseorang. Interaksi dengan seseorang akan membuatnya lebih fresh sekaligus bisa menambah wawasan. Tetapi perlu diingat, Pilihlah teman yang baik untuk bersosialisasi agar bisa membantu Anda menuju ke arah yang lebih baik. Karena terkadang teman yang buruk justru menjadi sumber kegundahan dalam hati dan pikiran anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →