Cara meningkatkan kepercayaan diri sendiri

14 Cara meningkatkan kepercayaan diri sendiri agar kamu lebih PD

Cara meningkatkan kepercayaan diri

Cara meningkatkan kepercayaan diri sendiri serta mencari tahu apa bedanya antara percaya diri dengan sombong.

Meningkatkan kepercayaan diri sangat penting sekali untuk banyak hal dalam kehidupan kita. Dengan kepercayaan diri yang baik akan membantu peran kita terutama di tengah-tengah masyarakat atau kelompok.

Memiliki kepercayaan diri yang baik bukan berarti anda harus sombong, karena terkadang antara percaya diri dan sombong itu hampir mirip. 

Pengertian percaya diri

Sebelum kita mencari tahu cara meningkatkan kepercayaan diri ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian percaya diri itu. Dengan mengetahui pengertian percaya diri anda bisa membedakannya antara percaya diri dan sombong.

Percaya diri bisa diartikan sebagai sebuah perasaan yang kuat dalam diri sendiri mengenai kemampuan yang dia miliki sehingga dia tidak ragu dalam melakukan sesuatu.

Pengertian percaya diri yang lainnya adalah sebuah kontrol internal yang kuat di dalam diri seseorang mengenai kemampuan atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan sesuatu.

Singkatnya pengertian percaya diri adalah bisa menghargai kemampuan diri sendiri sesuai dengan porsinya. Terlalu berlebihan dalam menghargai diri sendiri bisa dikatakan sombong, akan tetapi terlalu rendah menghargai diri sendiri disebut minder.

Antara minder dan sombong keduanya tentu tidak baik dimiliki oleh seseorang. Sombong merupakan kepercayaan diri yang terlampau sehingga terkesan terlalu menonjolkan diri sendiri. Biasanya sifat sombong ini juga diikuti dengan sifat meremehkan orang lain.

Sedangkan minder biasanya akan membuat seseorang menjadi kurang berperan lantaran dia merasa dirinya selalu rendah di hadapan orang lain. Salah satu efek buruk dari minder adalah akan menghambat karir atau prestasinya. 

Cara meningkatkan kepercayaan diri

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Diantara beberapa hal tersebut adalah:

Catat setiap prestasi yang telah anda capai

Mencatat setiap prestasi yang telah anda capai bukan bermaksud untuk membanggakan diri, akan tetapi lebih untuk mengingatkan bahwa anda mampu melakukan sesuatu. Hal ini tentu sangat penting sekali untuk meningkatkan kepercayaan diri di saat anda mulai mengalami krisis kepercayaan diri.

Setiap prestasi yang pernah kita raih merupakan sebuah pencapaian dan bisa menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk terus maju. Jadi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencatat setiap prestasi yang telah anda capai.

Banyak bergaul

Orang yang kehilangan kepercayaan diri biasanya rata-rata mereka sangat sulit sekali bergaul. Oleh sebab itu cara meningkatkan kepercayaan diri yang cukup ampuh adalah dengan banyak bergaul dengan teman. 

Dengan memiliki banyak teman anda terbiasa berinteraksi sehingga bisa menilai diri sendiri dan orang lain. Apalagi jika teman-teman yang anda miliki tersebut berasal dari berbagai kalangan. Tentu hal ini akan membantu anda dalam menambah wawasan yang nantinya sangat penting sekali untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

Ketahui kelebihan anda

Cara meningkatkan kepercayaan diri yang selanjutnya adalah dengan mengetahui kelebihan yang anda miliki. Kelebihan yang anda miliki tentu akan sangat berguna sekali bagi anda terutama untuk menyongsong masa depan. 

Selain itu, mengetahui kelebihan diri sendiri juga akan membuat anda lebih bisa fokus pada satu titik, sehingga nantinya anda akan benar-benar ahli pada bidang tersebut. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri anda bisa membaca artikel berikut: cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Ketahui bakat anda

Bakat merupakan sebuah kelebihan yang anda miliki terutama pada beberapa bidang tertentu. Mengetahui bakat yang anda miliki akan membantu anda meningkatkan kepercayaan diri. 

Dengan bakat yang anda miliki akan membuat anda sadar bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu bakat bisa dijadikan sebuah motivasi bagi anda untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Cara mengetahui bakat yang kita miliki sangat mudah sekali, salah satunya adalah dengan mengetahui hobi atau kesenangan. Hal ini lantaran hobi biasanya sangat dekat dengan bakat yang kita miliki.

Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan bukan hanya berguna untuk mencegah penyakit tetapi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Dengan tubuh yang sehat dan bugar akan membuat anda lebih prima sehingga akan sangat berguna dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Dengan tubuh yang sehat pula maka tidak akan membuat anda menjadi mudah loyo atau kurang bersemangat. Hal ini tentu akan sangat berperan penting dalam meningkatkan kinerja serta kepercayaan diri anda terutama dalam bekerja.

Banyak membaca buku

Kurangnya pengetahuan bisa menjadi faktor utama dalam membuat orang menjadi kurang percaya diri. Jadi menambah pengetahuan dengan banyak membaca buku bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri anda.

Dengan pengetahuan yang luas akan membuat anda lebih merasa mampu untuk melakukan banyak hal. Selain itu pengetahuan yang luas juga sangat penting sekali saat anda mulai mengobrol dengan seseorang. 

Melakukan olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin sangat baik sekali bagi kehidupan anda terutama untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mental. Salah satu keuntungan yang anda dapat jika melakukan olahraga secara rutin adalah memiliki tubuh yang proporsional. 

Bentuk tubuh yang baik tentu akan sangat menunjang kepercayaan diri anda. Tentu hal ini hanya sebagai faktor penunjang saja karena tubuh diibaratkan sebagai casing. Tubuh yang bagus akan membuat aura seseorang menjadi lebih terlihat.

Hilangkan pikiran negatif

Salah satu yang menghambat rasa kepercayaan diri anda tumbuh adalah pemikiran yang negatif. Pikiran anda akan sangat menentukan kepercayaan diri yang anda miliki. Jika anda selalu berpikir negatif terutama pada diri anda sendiri hal ini akan sangat menghambat tumbuhnya kepercayaan diri anda.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut, diantaranya adalah dengan banyak beribadah dan berdoa. 

Terus perbaiki diri anda

Kepercayaan diri memang sangat penting sekali dimiliki oleh seseorang, akan tetapi anda jangan lupa kepercayaan diri harus diimbangi dengan perbaikan diri. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi tentu tidak akan berpengaruh banyak jika anda tidak berusaha untuk memperbaiki diri dari kesalahan yang telah anda lakukan.

Memperbaiki kesalahan yang telah anda lakukan selain dapat meningkatkan kepercayaan diri juga akan membantu anda menjadi manusia yang lebih baik. Jadi keduanya harus berjalan beriringan agar kepercayaan diri yang telah anda dapatkan bukan hanya sekedar kepercayaan melainkan benar-benar nyata ada di dalam diri anda.

Asah terus bakat yang anda miliki

Jika anda memiliki bakat tertentu cobalah untuk terus mengasah nya agar anda benar-benar ahli dalam bidang tersebut. Mengasah bakat itu sangat penting sekali untuk meningkatkan skill dan kemampuan terutama dalam bidang pekerjaan.

Jika skill anda mumpuni tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada kepercayaan diri anda. Jadi tetaplah berusaha untuk menjadi lebih baik.

Mendekatkan diri kepada Allah

Cara paling utama untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan mendekatkan diri kepada allah kita akan merasa lebih tenang dan menjadi orang yang lebih baik.

Jika seseorang sudah dekat dengan tuhannya tentu tidak akan ada kekhawatiran sedikitpun dalam kehidupan. Hal ini lantaran kita sudah merasa dekat dengan dzat yang memiliki segalanya. 

Fokuslah pada apa yang anda sukai

Biar anda tidak menjadi orang yang nanggung cobalah untuk fokus pada satu hal yang anda sukai. Fokus itu sangat penting bukan hanya untuk meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga akan membuat anda lebih ulet serta tidak mudah menyerah.

Orang yang fokus biasanya akan memiliki kehidupan yang lebih tertata dengan rapi. Dia akan lebih mudah dalam meraih cita-citanya melalui bakat yang dimiliki. Selain itu, orang yang lebih fokus pada apa yang dia sukai juga akan membuatnya lebih menikmati kehidupannya.

Tentu yang saya maksud fokus dengan apa yang kita sukai adalah pada hal yang bermanfaat atau positif saja. Karena ada banyak orang yang hanya melakukan apa yang dia sukai saja padahal sesuatu tersebut buruk bagi kehidupannya. Jadi tetaplah berpikir jernih dan gunakan akal sehat anda.

Cobalah untuk memaafkan diri anda

Setiap orang pasti pernah berbuat salah tidak terkecuali anda tentunya. Akan tetapi jangan biarkan kesalahan yang pernah anda lakukan menjadi sebuah penghalang bagi anda untuk terus maju dan berkembang.

Maafkanlah diri anda jika anda merasa pernah melakukan sebuah kesalahan di masa lalu. Tapi ingat memaafkan kesalahan diri sendiri juga harus diimbangi dengan memperbaiki setiap kesalahan tersebut.

Terus mengingat-ingat kesalahan memang baik sebagai bahan introspeksi diri, tetapi jika hal ini berlebihan akan membuat anda kehilangan kepercayaan diri terutama saat anda ingin melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kesalahan anda tersebut.

Selalu bekali diri anda

Cara meningkatkan kepercayaan diri yang tidak kalah penting adalah dengan membekali diri dengan kemampuan yang cukup untuk melakukan sesuatu. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri saat melakukan sesuatu karena dia merasa memang tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan sesuatu cobalah untuk mempersiapkannya terlebih dahulu. Setelah anda merasa siap maka biasanya kepercayaan diri akan muncul secara perlahan. Sebenarnya intinya masih sama yaitu menyeimbangkan antara kepercayaan serta kemampuan. 

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri. Semoga artikel di atas bisa memberikan pencerahan bagi anda terutama yang masih sulit dalam meningkatkan kepercayaan diri.