Cara Menghapus Tag Di Instagram

Cara Menghapus Tag Di Instagram

Cara Menghapus Tag Di Instagram-Seperti yang sudah kita ketahui, instagram merupakan salah satu sosial sarana untuk membagikan foto dan atau video sudah disempurnakan dengan berbagai fitur.

Terdapat fitur direct message, multiple post, close friends, Instastory, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa menandai sebuah tulisan ke teman kita, begitu juga sebaliknya.

Terkadang, tulisan yang menandai kita itu tidak atas seizin kita, atau kadang berisi foto rahasia atau aib kita. Mungkin sebagian dari kamu akan merasa malu, atau sungkan saat harus memperlihatkan foto berikut bagi publik.

Foto atau tulisan yang di tag, bisa kamu sembunyikan dari profil Instagrammu. Sebanarnya ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan tulisan (foto atau video) yang orang yang menandai kamu. Kamu bisa menggunakan fitur akun private Instagram, untuk menghapus tulisan yang menandai saya.

Pada artikel ini. kita akan mengulas cara yang ke-2 karena aku pernah membagikan cara memprivate akun Instagram, dan kamu bisa mengeceknya di tulisan Cara Memprivate Akun Instagram. Daripada penasaran yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini.

BACA JUGA : Cara Membuat Feeds Instagram Nyambung, Mudah dan Praktis !

A. Cara Menghapus Tag di Instagram

Untuk menghapus tulisan yang menandai kamu, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu untuk menghapusnya secara permanen, atau menghapusnya sementara saja.

Kamu juga tidak di haruskan mengunduh aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram yang bisa kamu unduh di Google Play Store, karena fitur ini adalah fitur bawaan dari Instagram.

Menghapus Tag di Instagram untuk sementara

Fitur ini bisa kamu menggunakan fitur ini untuk menghapus tag di instagram, namun lebih tepatnya untuk menyembunyikan tag dan bisa mengembalikan semula di profilmu.

  1. Buka aplikasi Instagram dan login dengan akunmu.Cara Menghapus Tag Di Instagram
  2. Masuk ke halaman profilmu, seterusnya tap icon orang.
  3. Pada halaman tersebut, kamu bisa melihat berbagai foto yang menandai kamu.
  4. Pilih foto yang mendambakan anda hapus tag-nya, seterusnya tap titik tiga.Cara Menghapus Tag Di Instagram
  5. Pilih sembunyikan opsi.Cara Menghapus Tag Di Instagram
  6.  Selanjutnya, tap sembunyikan dari profil saya.
  7. Setelah berhasil untuk menghapus tag di instagram untuk sementara waktu.

BACA JUGA : Cara Mengubah Tema Instagram, Menjadi Tampilan Dark Mode!

Menghapus Tag di Instagram untuk Selamanya

Cara ini bisa digunakan untuk menghapus tag di instagram untuk selamanya, tidak sama dengan cara pertama, kamu tidak bisa kembali menampilkan tulisan yang sudah di hapus pada halaman profilmu. Tak hanya itu, pada saat kamu mempraktikkan cara ini, tag akunmu yang ada di tulisan temanmu, akan hilang.

Maksudnya gimana? Misalnya, temenmu posting foto, dan menandai kamu, secara otomatis, tulisan nama instagram temanmu akan masuk di halaman profilmu.

Saat kamu menggunakan cara ini, sudah menghapus tag di nama instagram temanmu. Jadi, secara otomatis nama ig teman kamu tidak akan muncul lagi di profilmu.

Caranya juga cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1.  Buka Instagram, dan login dengan akunmu.
  2. Tap profil, dan membuka menu foto yang menandai kamu.
  3. Pilih foto, kemudian tap titik tiga, pada pojok kanan atas.
  4. Tap sembunyikan opsi.
  5. Pilih hapus postingan dari saya.
  6. Setelah selesai, anda sudah berhasil menghapus tag di Instagram untuk selamanya.

Sebelum kamu menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah yakin bahwa tulisan yang kamu tentukan tidak tampil lagi pada halaman profilmu.

Menghapus Tag di Instagram Sekaligus

Cara yang ketiga ini  direkomendasikan, bagi kamu yang ingin menghapus tag Instagram sekaligus, kamu bisa menghapus 3 foto sekaligus dengan cepat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Instagram, dan login dengan akunmu.
  2. Masuk ke menu profil, dan tap garis tiga di pojok kanan atas, klik pengaturan.
  3. Selanjutnya tap privasi, lantas tap tagar.
  4. Untuk menghapus tag sekaligus, tap edit, seterusnya menentukan tulisan yang akan kamu hapus.
  5. Setelah selesai, tap sembunyikan jika kamu ingin menghapus secara sementara, atau tap hapus selain kamu ingin menghapus tag berikut untuk selamanya.
  6. Jika sudah selesai foto yang menandai kamu, sudah tidak muncul kembali di halaman profilmu.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Preset Lightroom

Cara Mengembalikan Tag di Instagram yang Sudah Dihapus

Bagi kamu yang sewaktu-waktu merasa rindu, dan ingin mengembalikan lagi foto yang menandaimu di tulisan Instagram, kamu bisa mengembalikannya lagi di halaman profilmu.

Namun, untuk mengembalikan tulisan yang tag kamu dan sudah kamu hapus, kamu harus ingat username temanmu yang tag-nya sudah kamu hapus, dan sebelumnya kamu pilih opsi sembunyikan berasal dari ‘profil saya’, bukan hapus postingan dari saya.

1. Buka Instagram, dan login gunakan akunmu.

2. Cari profil temanmu, dan tap foto yang waktu itu dulu ditandai ke akunmu.

3. Kemudian, pilih titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

4. Pilih Sembunyikan opsi, tap Tampilkan di profil.

5. Jika sudah selesai kamu bisa melihat lagi tulisan temanmu yang tag kamu di halaman profilmu.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Airpods di Android

C. Kendalikan Siapa Saja yang Bisa Menandai Kamu pada Sebuah Postingan

Memang, menurut Instagram pada halaman bantuan, siapa pun bisa menandai kamu dalam sebuah postingan, baik itu foto maupun video. Namun, Instagram sudah menyediakan fitur untuk pilih tulisan yang bisa menandai akunmu.

Maksudnya gimana? Misalnya, si Encung ingin menandai akunmu dalam sebuah tulisan Instagram, si Encung sudah menandai atau memberimu tag, secara bawaan, tag itu segera masuk di profilmu.

Namun, jika menggunakan fitur ini, kamu bisa memilih tulisan mana saja yang kamu boleh tampil di profilmu. Kamu bisa gunakan menu privasi, bersama ikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Buka akun instagram lalu masuk pada halaman profil, tap garis tiga, dan pilih pengaturan.
  2.  Pilih Privasi, lalu tap tagar.
  3. Centang terhadap setujui tanda secara otomatis.Cara Menghapus Tag Di Instagram

Bagi kamu pengguna laptop atau PC, kamu juga bisa menggunakan fitur ini. Jadi kamu tidak perlu khawatir dan berkecil hati, hehe. Cara ini bisa kamu gunakan kecuali kamu tidak mengintall aplikasi Intagram, namun login meggunakan browser HP-mu.

  1. Buka browsermu, setelah itu buka https://www.instagram.com dan login gunakan akunmu.
  2. Masuk pada menu profil klik icon gerigi di samping profilmu, klik privacy and security.Cara Menghapus Tag Di Instagram
  3. Kemudian, scroll ke bawah, pada menu Photos of You, centang Add Automatically.

Dengan mengaktifkan menu ini, kamu bisa menyortir siapa saja yang bisa memberikan tag terhadap akunmu. Memang, ketika ada yang menandai kamu dalam sebuah postingan, kamu tetap mendapatkan notifikasi.

Caranya, buka aplikasi Instagram, masuk menu pengaturan Profil – Privasi – Tagar – Tap Edit, pilih tulisan yang inginkan kamu ambil tindakan, selanjutnya, tap tampilkan, jika kamu ingin menampilkan di profilmu, tap sembunyikan terkecuali inginkan menyembunyikan dari profilmu, atau tap hapus maka tulisan tidak akan tampil lagi di profilmu.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda semua ya…