13 Cara menenangkan pikiran dan hati yang terbukti efektif

cara menenangkan pikiran
Cara menenangkan pikiran
image thriveglobal.com

Cara menenangkan pikiran secara alami agar anda lebih rileks dan terbebas dari stres. Pikiran yang kacau dapat mengganggu aktifitas kita sehari-hari, sehingga membuat kita tidak semangat bekerja.

Lebih buruk dari itu, pikiran yang tidak tenang relatif bisa mempengaruhi kesehatan mental kita, termasuk dapat memicu stres. Ada banyak faktor yang menyebabkan pikiran kita menjadi tidak tenang, di antaranya adalah masalah yang sulit untuk diselesaikan. 

Cara menenangkan pikiran secara alami

Untuk meningkatkan kesehatan mental anda, masalah pikiran yang sedang anda alami harus segera dihentikan. Karena jika tidak, maka akan menyebabkan masalah mental yang lebih serius seperti depresi. Berikut cara menenangkan pikiran yang bisa anda coba:

1. Menenangkan pikiran dengan cara berdzikir

Manfaat berdzikir sangat banyak sekali, bukan hanya dapat mendatangkan pahala tetapi juga membuat pikiran lebih tenang. Berdzikir mengingat Allah akan membuat kita merasa dekat dengannya sehingga hati pun akan menjadi lebih tenang.

Jika anda sedang dalam masalah yang sulit cobalah untuk rutin berdzikir terutama di pagi dan petang. Melakukannya secara rutin insya Allah kegundahan hati dan pikiran anda akan hilang secara perlahan.

2. Perbanyak ibadah seperti sholat

Selain melaksanakan sholat wajib, sebaiknya cobalah untuk menambahnya dengan sholat sunnah. Sholat bukan hanya sekedar ibadah tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengerjakannya. Sholat akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang, sehingga semakin banyak dia melakukan sholat maka akan semakin tenang pula hatinya.

Luangkanlah waktu untuk melakukan sholat terutama di sepertiga malam terakhir. Selain itu, di saat anda memiliki waktu istirahat cobalah untuk melaksanakan sholat dhuha di pagi hari. 

3. Berdo’a kepada Allah 

Cara menenangkan pikiran yang selanjutnya adalah dengan berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Berdo’a merupakan sebuah wujud penghambaan kita kepada sang maha pencipta. Dengan berdo’a maka kita akan merasa lebih tenang lantaran sudah mengadukan masalah pada dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu.

Inilah sebenarnya alasan kenapa orang yang berdo’a hatinya akan relatif lebih tenang. Bagi anda yang sedang dalam masalah dan membuat hati tidak tenang cobalah untuk banyak berdo’a terutama di sepertiga malam terakhir.

4. Selalu husnudzon pada Allah

Husnudzon atau berprasangka baik kepada Allah itu merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan seorang hamba. Dengan berprasangka baik kepada Allah, maka kita akan merasa bahwa apapun yang telah Allah tetapkan pada kita merupakan hal yang terbaik bagi kita.

Hal ini tentunya akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Selain itu, menurut sebuah Hadits Qudsi juga menerangkan bahwa Allah menurut prasangka hamba-Nya. Jadi ketika kita berprasangka buruk maka keburukan pula lah yang akan kita dapatkan. Dan saat kita berprasangka baik maka kebaikan pula lah yang akan kita dapatkan.

5. Cobalah untuk selalu berpikir positif

Salah satu cara menenangkan hati dan pikiran adalah dengan selalu berpikir positif. Pikiran positif akan membuat anda lebih semangat dalam bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Sedangkan sebaliknya pikiran negatif akan mengarah pada kegundahan serta kekhawatiran. Menumbuhkan pikiran yang positif itu tentu tidaklah mudah tetapi anda harus melatihnya. 

6. Luangkan waktu untuk berolahraga

Manfaat olahraga untuk kesehatan sangat banyak sekali, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan mental anda. Olahraga yang cukup bukan hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga bisa mencegah stres sekaligus menenangkan. Jadi cobalah rutin melakukan olahraga paling tidak dua kali dalam seminggu.

Tidak usah terlalu berat dalam melakukan olahraga, yang penting anda senang saat melakukannya. Anda bisa memulai dengan olahraga yang ringan seperti bersepeda, jalan kaki di pagi hari, atau jika anda memiliki keterampilan anda bisa bermain sepak bola, tenis meja, atau bulu tangkis.

7. Perbanyak sosialisasi

Salah satu yang menyebabkan pikiran seseorang mudah terganggu saat ada masalah adalah karena kurangnya sosialisasi. Untuk itu cobalah untuk perbanyak teman, dengan begitu anda bisa berbagi masalah pada mereka.

Selain itu, bersosialisasi dengan teman juga akan membantu melupakan sejenak masalah yang sedang anda alami. Tapi satu hal yang perlu anda ingat adalah cobalah untuk memilih teman yang baik. Karena teman yang buruk bukan akan membantu anda menangkan pikiran tapi justru akan membuat anda semakin suntuk.

8. Tanamkan optimisme pada diri anda

Memiliki optimisme yang tinggi merupakan salah satu ciri-ciri orang yang sukses, dan orang yang sukses itu biasanya selalu bisa mengatasi setiap permasalahan yang ada. Orang yang sukses itu bukan mereka yang selalu bisa melakukan banyak hal. Tetapi mereka selalu berpikir optimis untuk bisa melakukan banyak hal.

Inilah yang harus ditanamkan dalam diri anda termasuk dalam mengatasi masalah. Dengan optimisme yang tinggi akan membuat pikiran anda lebih tenang saat dalam keadaan yang sulit sekalipun. Selain itu, optimisme juga akan meningkatkan semangat anda dalam hidup, ini sangat penting sekali untuk kesejahteraan mental anda secara keseluruhan.

9. Cobalah lebih luas dalam melihat sesuatu

Terkadang seseorang terlalu fokus pada satu titik untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Padahal sebenarnya masalah bisa diatasi dengan banyak cara. Anda hanya perlu melakukannya dengan melihat keseluruhan permasalahan tersebut.

Dengan demikian anda bisa melihat ada banyak opsi yang bisa ditempuh dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Cara ini cukup efektif untuk menenangkan pikiran anda saat diterpa masalah.

10. Hibur diri anda dengan sesuatu yang positif

Salah satu cara menenangkan pikiran yang cukup efektif adalah dengan menghibur diri dengan sesuatu yang positif. Sesekali menghibur diri itu penting, terutama saat pikiran sedang kacau. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghibur diri, salah satunya adalah dengan pergi ke berlibur.

Selain itu, mengerjakan hobi juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menghibur diri dikala susah.

11. Cobalah untuk memaafkan diri anda

Setiap orang pasti pernah melakukan sebuah kesalahan, tetapi jangan terpuruk dengan kesalahan tersebut. Cobalah untuk memaafkan diri anda dan berusaha memperbaiki kesalahan tersebut. Dengan demikian kesalahan yang pernah anda lakukan tidak akan mengganggu pikiran anda di kemudian hari.

12. Selalu bersyukur

Cara menenangkan hati dan pikiran yang cukup efektif adalah dengan selalu bersyukur. Bersyukur itu penting sebagai sebuah kepuasan atas pemberian ilahi. Dengan bersyukur maka kita akan merasa cukup dengan nikmat yang sedikit.

Bersyukur memiliki banyak manfaat diantaranya adalah membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Melatih diri anda untuk bisa bersyukur terutama pada hal-hal yang kecil akan menjadikan anda orang yang bahagia dan kaya meskipun secara dhohir terlihat biasa saja.

13. Selalu tawakal

Cara menenangkan hati dan pikiran yang selanjutnya adalah dengan tawakal. Tugas kita hanya berusaha sekuat tenaga, setelah itu serahkan semua urusan pada Allah. Yakinlah jika kita menempuh cara yang benar maka semua permasalahan pasti bisa diselesaikan dengan baik, meskipun terkadang kelihatannya masalah sangat sulit untuk diselesaikan.

14. Tetap sabar

Manfaat sabar sangat banyak sekali bagi kehidupan kita, salah satu diantaranya adalah mampu menenangkan pikiran. Selain itu, dengan bersabar Anda juga akan lebih mudah dalam memanage hidup dengan baik. Orang yang sabar relatif lebih mudah meraih kesuksesan, maka tidak heran jika sabar dianggap sebagai salah satu kunci kesuksesan hidup seseorang.

Makanan untuk menenangkan pikiran

Selain menempuh cara-cara di atas ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan tertentu. Berikut daftar makanan yang diketahui dapat membantu menenangkan pikiran karena memiliki efek relaksasi:

Alpukat

Alpukat memiliki banyak nutrisi penting seperti glutathione, senyawa unik yang mampu memblokir penyerapan lemak di dalam usus yang bisa memicu kerusakan oksidatif. Selain itu, alpukat juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya termasuk beta-karoten, asam folat, dan vitamin E yang kesemuanya sangat berperan penting dalam mencegah stres.

Buah berry

Beberapa jenis buah berry termasuk strawberry dan blueberry merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan. Makanan yang kaya akan antioksidan diketahui sangat baik dalam mencegah stres dan mengurangi oksidasi. Mengkonsumsi makanan seperti ini sangat penting sekali terutama bagi mereka yang ingin menenangkan pikiran. 

Jeruk

Buah yang memiliki rasa asam manis ini ternyata mampu menenangkan pikiran secara alami. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk disinyalir menjadi nutrisi penting yang mampu merelaksasi pikiran.

Selain itu, vitamin C akan sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga membuatnya tidak mudah terserang penyakit. 

Kacang mete

Makanan yang dapat menenangkan pikiran selanjutnya adalah kacang mete. Kacang mete memiliki kandungan mineral seperti zinc yang diketahui sangat baik untuk merelaksasi pikiran. 

Menurut sebuah penelitian kekurangan zinc pada seseorang dapat meningkatkan kekhawatiran berlebih. Jadi bagi mereka yang memiliki masalah mental sangat direkomendasikan untuk meningkatkan asupan zinc harian. 

Oatmeal

Selain zinc, nutrisi lain yang mampu membantu menenangkan pikiran anda secara alami adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks banyak terdapat pada oatmeal atau makanan sereal lainnya.

Karbohidrat kompleks secara alami dapat membantu meningkatkan serotonin dalam tubuh yang merupakan hormon bahagia. Kekurangan serotonin dapat meningkatkan risiko stres dan depresi.

Demikian juga di beberapa cara menenangkan pikiran anda supaya hidup lebih bahagia dan tenang.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →