Kenali 11 Ciri-ciri orang sukses agar kamu bisa menirunya

ciri-ciri orang sukses
ciri-ciri orang sukses
image dumblittleman.com

Ada banyak ciri-ciri orang sukses yang perlu kamu tiru dalam kehidupan sehari-hari agar bisa mengikuti jejak kesuksesannya. Tentu meraih sebuah kesuksesan merupakan impian semua orang. Tetapi untuk mencapai sebuah kesuksesan tentu tidaklah mudah karena terkadang ada banyak halangan dan rintangan yang ada di depan. 

Siapa itu orang sukses?

Kesuksesan sering diartikan sebagai sebuah kemewahan hidup serta ketenaran. Padahal sebenarnya orang yang kaya belum tentu dia sukses dalam hidupnya. Kesuksesan harus dimaknai lebih luas dibandingkan hanya sekedar dilihat dari sisi materi dan ketenaran saja.

Orang yang sukses sebenarnya adalah orang yang mampu mewujudkan cita-cita hidupnya, di mana cita-cita tersebut bisa membuatnya lebih bahagia. Jadi ketika seseorang mampu meraih ketenaran serta kekayaan belum tentu dia sukses jika tidak disertai dengan kebahagiaan.

Ciri-ciri orang yang sukses

Bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan sangat penting sekali untuk mengetahui apa saja kebiasaan orang sukses serta ciri-cirinya, berikut beberapa ciri-ciri orang sukses yang perlu kamu tahu:

1. Tipe pekerja keras

Ciri-ciri orang sukses yang harus dimiliki setiap orang adalah pekerja keras dan cerdas. Orang yang sukses sadar bahwa meraih impian bukanlah sesuatu yang mudah sehingga perlu melakukan sebuah kerja keras. 

Tetapi kerja keras saja terkadang tidak cukup jika tidak didukung oleh strategi dan pengetahuan. Jadi bukan hanya sekedar kerja keras tetapi juga harus cerdas. Salah satu cara kerja cerdas adalah memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Lihatlah peluang yang ada dan kenali bakat diri, setelah anda menemukan itu semua cobalah bekerja dengan kemampuan penuh. 

2. Orang sukses tidak mudah menyerah

Jika Anda mudah menyerah dalam situasi yang sulit mungkin anda tidak berbakat menjadi orang sukses. Orang yang sukses itu adalah tipe pekerja keras dan pantang menyerah dalam setiap situasi dan kondisi. Tidak mudah menyerah bukan berarti dia harus selalu maju tanpa melihat situasi dan kondisi. Orang yang pantang menyerah itu maksudnya adalah orang yang selalu mencoba mencari solusi pada setiap permasalahan yang ada.

Jika anda tidak memiliki ciri-ciri orang sukses ini sebaiknya jangan berkecil hati. Karena pada dasarnya sifat seseorang itu bisa dirubah asalkan dia mau melakukannya. Yang paling penting anda harus tahu satu hal, bahwa setiap permasalahan pasti ada solusinya. Ini bisa dijadikan sebuah motivasi bagi anda untuk tidak mudah menyerah saat dalam situasi yang sulit.

3. Orang sukses itu tidak mudah mengeluh

Ciri-ciri orang yang sukses selanjutnya adalah dia tidak mudah mengeluh dan putus asa. Setiap hambatan yang ada di depannya selalu dicarikan solusi dengan tenang. Dia tahu bagaimana harus bersikap untuk menghadapi permasalahan yang ada.

Orang sukses sadar bahwa mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, justru hanya akan membuatnya terhalang dari kesuksesan yang ada di depannya. Jika anda menemukan sebuah kesulitan yang benar-benar sangat berat dan sulit untuk diselesaikan cobalah berdoa dan meminta kepada yang maha kuasa. 

4. Selalu optimis dalam menjalani hidup

Ciri yang harus ada dalam diri Anda jika ingin menjadi orang sukses adalah selalu optimis dalam menjalani kehidupan. Sifat optimis itu sangat penting sekali untuk dimiliki oleh orang yang sedang berproses menuju sebuah kesuksesan.

Jika tidak memiliki optimisme dalam hidup maka anda akan sulit maju dan berkembang. Orang yang pesimis selalu melihat hambatan sebagai sesuatu yang menakutkan, sedangkan orang yang optimis melihat hambatan sebagai sesuatu tantangan yang harus ditaklukkan.

Meskipun demikian sifat optimisme yang tinggi selayaknya juga harus sesuaikan dengan realita yang ada sehingga tidak terkesan terlalu memaksakan diri. Contoh yang paling gampang ketika anda berkecimpung di bidang otomotif Anda boleh saja bermimpi menjadi seorang CEO di perusahaan otomotif terbesar di dunia, tapi jangan pernah bermimpi menjadi seorang ilmuwan fisika. 

5. Memiliki visi yang jelas dalam hidup

Salah satu cara menjadi orang sukses adalah dengan menentukan visi dalam kehidupan. Memiliki visi dalam hidup itu sangat penting sekali dalam  membantu anda untuk fokus dalam meraih kesuksesan. Tanpa adanya visi hidup anda tidak akan terarah dan hanya mengikuti arus yang tidak jelas.

Usahakan visi Anda harus benar-benar besar dan bermanfaat bagi orang lain. Ini penting karena salah satu ciri orang sukses adalah mereka yang memiliki sebuah impian besar dan bukan hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri. 

6. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi

Ciri orang yang sukses selanjutnya adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Mereka sangat paham dengan kepercayaan diri maka akan membuatnya bisa mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki. 

Kebanyakan orang yang gagal biasanya kurang percaya diri dalam melakukan sesuatu meskipun sebenarnya dia mampu untuk melakukannya. Jadi membangun sebuah kepercayaan diri itu sangat penting sekali untuk meraih sebuah kesuksesan.

Salah satu cara meningkatkan percaya diri adalah dengan selalu menggali potensi yang ada di dalam diri anda. Kenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga anda tahu kemampuan sebenarnya yang anda miliki.

7. Bisa membedakan antara hak dan kewajiban

Untuk menjadi orang yang sukses sebaiknya Anda harus benar-benar mengetahui apa hak dan kewajiban Anda. Setiap orang pasti memiliki kewajiban untuk melakukan sesuatu, setelah dia mengerjakan kewajibannya maka bolehlah dia untuk menuntut haknya.

Jika anda salah dalam mengidentifikasi hak dan kewajiban maka sulit bagi anda untuk menjadi orang yang sukses. Selain itu, ciri-ciri orang sukses yang harus anda miliki adalah bertanggung jawab dalam setiap kewajiban. Lakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin dan dengan penuh rasa tanggung jawab, maka kesuksesan akan mudah anda raih.

8. Orang sukses tidak pernah berhenti belajar

Orang yang sukses adalah orang yang terus tumbuh dan berkembang melalui sebuah pembelajaran. Dia sadar bahwa menuju sebuah kesuksesan membutuhkan bekal yang tidak sedikit. Orang yang sukses tahu bahwa kerja keras saja tidak cukup jika tidak didukung dengan skill dan pengetahuan yang mumpuni.

Jadi dia tidak pernah berhenti belajar untuk mengasah kemampuan serta skill yang dimiliki. Sehingga proses pembelajaran ini akan membuatnya menjadi orang yang berwawasan luas serta tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

9. Memiliki kedisiplinan yang tinggi

Jangan pernah berharap menjadi orang yang sukses jika anda tidak bisa disiplin. Kedisiplinan sangat penting sekali bukan hanya di tempat kerja tetapi juga dalam kehidupan anda sehari-hari. Anda harus tahu kapan waktunya bekerja, beribadah, serta berkumpul bersama teman.

Sebuah kedisiplinan akan menciptakan keteraturan dalam hidup, sehingga Anda bisa merencanakan sebuah kesuksesan dengan mudah. Usahakan untuk bangun lebih pagi sehingga Anda bisa mempersiapkan banyak hal dalam hidup.

10. Orang sukses selalu berpikir positif

Diantara ciri orang sukses yang perlu ada dalam diri anda adalah selalu berpikir positif dalam segala hal. Pikiran negatif akan menghambat kesuksesan anda, serta menghalang-halangi setiap langkah yang akan anda tempuh. 

Pikiran positif akan memberikan semangat bagi anda untuk menjalani hidup menuju sebuah kesuksesan. Cara paling mudah untuk membangkitkan pikiran positif adalah dengan menemukan orang-orang yang baik. 

Berada di sekeliling orang-orang yang baik akan membuat anda menjadi orang baik pula. Begitu juga sebaliknya, berada di tengah orang-orang yang buruk akan membuat Anda memiliki sifat serta pemikiran yang buruk pula.

11. Tidak mudah minder saat menerima kritikan dari orang

Orang yang sukses selalu menganggap kritikan sebagai sesuatu yang biasa dan bahkan bisa dijadikan sebagai bahan introspeksi. Jadi jika anda masih sering minder saat menerima kritikan maka mungkin anda perlu belajar dari orang sukses.

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa dalam menjalani hidup ini pasti ada saja orang yang tidak suka dengan kita meskipun kita telah melakukan sesuatu yang benar. Jadi cobalah untuk lebih bijak dalam menerima setiap kritikan.

Jika kritikan tersebut tidak mendasar Maka jangan serta merta membuat anda minder, sebaiknya cobalah untuk mengabaikan. Tetapi jika kritikan tersebut dirasa bisa diterima jangan ragu untuk mendengarkannya.

Catatan penting untuk menjadi orang sukses

Kebanyakan orang yang gagal dalam meraih sebuah kesuksesan disebabkan dia menganggap meraih sebuah kesuksesan itu sesuatu yang sulit. Memang benar terkadang jalan menuju kesuksesan itu tidak mudah serta membutuhkan perjuangan dan pengorbanan.

Tetapi sebenarnya jika anda menjalani nya tahap demi tahap, meraih kesuksesan itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Sebagai contoh, saat Anda duduk di bangku SMA dan membayangkan tugas Apa yang akan Anda terima saat kuliah maka pastinya Anda akan merasa kesulitan.

Padahal saat anda sudah masuk ke perguruan tinggi tugas kuliah itu tidak seberat apa yang Anda bayangkan pada waktu SMA. Jadi intinya fokuslah pada apa yang saat ini anda perjuangkan untuk merainya tanpa harus melupakan visi Anda jangka panjang.

Jika anda berada di bangku SMA cobalah fokus Bagaimana anda bisa mendapatkan pengetahuan serta skill semaksimal mungkin, begitu juga saat anda berada di perguruan tinggi. 

Jika anda bisa menjalani step by step kehidupan anda dengan baik, maka yakinlah tidak ada kesulitan dalam meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan saat Anda lulus di bangku SMA itu artinya Anda sudah siap untuk menerima pelajaran di bangku kuliah.

Dan saat Anda bisa lulus di bangku kuliah S1 itu artinya anda sudah siap untuk menerima pelajaran pada strata yang lebih tinggi, begitu juga seterusnya. Jadi kurang lebih begitulah gambaran kehidupan kita dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Semoga informasi mengenai ciri-ciri orang sukses di atas bisa memberikan motivasi bagi anda untuk maju dan berkembang dalam menjemput kesuksesan yang ada di depan Anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →