4 Cara mencerahkan kulit yang gelap akibat sengatan sinar matahari

cara mencerahkan kulit yang gelap
cara mencerahkan kulit yang gelap
image from vignette.wikia.nocookie.net

Cara mencerahkan kulit yang gelap akibat sengatan sinar matahari berlebih menggunakan bahan-bahan alami yang ramah dan tentunya aman untuk kesehatan kulit anda. Berada di luar rumah tentu sangat menyenangkan karena akan memberikan banyak pengalaman bagi anda. Aktivitas di luar rumah terlalu lama ternyata berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan sinar matahari ternyata mampu menimbulkan banyak masalah pada kulit.

Di antara masalah yang cukup mengganggu adalah kulit menjadi lebih gelap akibat sengatan sinar matahari berlebih. Walau bagaimanapun juga, sinar UV mampu membakar kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih gelap.

 

Bagaimana proses penggelapan kulit bisa terjadi

Semua orang memiliki melanin di kulit mereka. Melanin merupakan zat yang memberi warna pada kulit. Biasanya orang yang berkulit gelap memiliki konsentrasi melanin lebih tinggi dibandingkan orang berkulit cerah. Sel-sel dalam tubuh manusia yang disebut melanocytes menghasilkan melanin melalui melanogenesis.

Tubuh manusia menciptakan melanin untuk melindungi lapisan kulit bagian dalam dari kerusakan. Saat kulit kita terpapar sinar UV yang berbahaya, maka kulit akan membuat lebih banyak melanin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Jadi ini merupakan mekanisme pertahanan kulit. Dampaknya melanin akan mengubah warna kulit menjadi lebih gelap akibat sinar matahari. Biasanya orang yang memiliki kulit gelap akan berubah menjadi lebih gelap, dan mereka yang berkulit terang akan mengalami kemerahan saat kulit mereka terbakar oleh sinar matahari.

 

Cara mencerahkan kulit gelap akibat sinar matahari

Ada bahan-bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mencegah dan mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari berlebih. Berikut daftar bahan-bahan tersebut:

1. Saffron dan susu

Saffron merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang paling mahal. Saffron sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, termasuk mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari. Selain itu, saffron diketahui juga dapat membantu pembentukan dan perbaikan sel, sampai dengan mengurangi noda hitam dan jerawat. Untuk kesehatan sendiri, saffron sering digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi stres, meningkatkan kesehatan tulang, membantu produksi sel darah merah, sampai mencegah tekanan darah tinggi. Dengan manfaatnya tersebut, maka tidak heran jika rempah ini memiliki harga yang sangat mahal.

Cara mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari dengan susu dan saffron: Pertama masukkan susu ke dalam wadah kemudian rebus sampai mendidih. Tunggu hingga mulai dingin, setelah itu tambahkan beberapa helai saffron ke dalamnya. Setelah ramuan Anda sudah siap, terapkan ke kulit yang gelap akibat sinar matahari. Diamkan beberapa saat lalau bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

2. Tomat dan mentimun

Cara mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari yang selanjutnya adalah dengan tomat dan mentimun. Dibdandingkan dengan saffron, kedua bahan ini lebih murah dan tentunya tidak kalah efektif untuk mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari. Mentimun dan tomat memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi atau digunakan sebagai masker wajah.

Kedua bahan ini memiliki nutrisi yang sangat diperlukan untuk kecantika kulit Anda. Cara mencerahkan kulit yang gelap dengan mentimun dan tomat: Halsukan kedua bahan ini kemudian campur dengan baik. Gunakan sebagai masker wajah dengan cara mengaplikasikannya ke kulit wajah secara merata. Tunggu beberapa saat kemudian Anda bisa membilasnya.

3. Tepung beras dan kunyit

Berbicara mengenai cara mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari tentu kita tidak boleh melupakan kedua bahan ini. Tepung beras dan kunyit adalah kombinasi yang sangat luar biasa untuk kulit Anda. Keduanya memiliki efek pemutih yang sangat baik sehingga mampu mencerahkan kulit secara alami. Caranya:

Masukkan 2 sdm tepung beras ke dalam wadah yang bersih kemudian tambahkan dengan 1 sdm bubuk kunyit. Untuk membuat pasta, tuangkan air secukupnya ke dalam wadah tadi. Aduk hingga merata, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Daimkan selama kurang lebih 20 menit kemudian Anda bisa membilasnya sampai benar-benar bersih.

Artikel terkait: Top 5 Cara melindungi kulit dari sinar matahari dengan tabir surya alami

4. Lemon dan lidah buaya

Hampir semua dari kita sudah mengetahui mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah. Lidah buaya bahkan telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno untuk pengobatan dan keperluan kosmetik. Karena manfaatnya tersebut telah membuat lidah buaya sangat baik sekali untuk mencerahkan kulit wajah yang gelap akibat sinar matahari.

Sedangkan lemon sendiri juga mengandung tinggi vitamin C yang juga berguna mencerahkan kulit wajah. Jadi, kombinasi kedua bahan ini merupakan paket yang sempurna untuk kecantikan wajah Anda. Berikut cara mencerahkan kulit yang gelap karena sinar matahari dengan lemon dan lidah buaya:

Baca juga artikel seputar: 30 Cara memutihkan wajah secara alami, cepat dan efektif

Langkah pertama haluskan lidah buaya dengan blender sampai teksturnya lebih encer. Masukkan satu sendok makan jus lemon ke dalamnya kemudian aduk hingga merata. Oleskan pada wajah anda dan bagian kulit tertentu yang gelap. Lakukan secara rutin untuk membantu mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari.

Demikian tadi cara mencerahkan kulit yang gelap akibat sinar matahari menggunakan bahan-bahan alami. Semoga tips dan informasi di atas berguna bagi anda sekaligus bisa membantu mengatasi masalah kulit gelap yang Anda alami.