Top 30 Cara memutihkan wajah secara alami, cepat dan efektif

Cara memutihkan wajah secara alami
Cara memutihkan wajah secara alami
cara memutihkan kulit wajah secara alami

Cara memutihkan wajah secara alami sekaligus membuatnya tampak cerah dan bersinar menggunakan bahan-bahan rumahan yang aman dan tentunya bekerja cukup efektif. Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih tentu menjadi idaman semua orang terutama bagi wanita, karena masyarakat kita menganggap kulit yang putih menjadi salah satu ciri kecantikan. Meskipun anggapan ini tidak sepenuhnya benar, akan tetapi pola pikir tersebut setidaknya mempengaruhi hampir semua lapisan masyarakat. Sehingga banyak produk kecantikan yang berlomba-lomba menawarkan untuk bisa memutihkan wajah dengan instan.

 

Cara memutihkan wajah dengan prosedur medis

Menggunakan bahan-bahan kimia untuk memutihkan wajah bisa bekerja dengan cepat akan tetapi tentunya dengan efek samping. Selain itu, memutihkan wajah dengan bahan kimia biasanya juga akan membuat kita ketergantungan untuk terus menggunakannya.

Selain menggunakan produk berbahan kimia, ada lagi cara memutihkan wajah dengan cepat yaitu menggunakan teknik suntik vitamin C. Teknik ini memang bekerja sangat luar biasa, karena kulit anda yang hitam bisa disulap dengan cepat menjadi lebih putih. Akan tetapi lagi-lagi cara ini juga memiliki efek samping yang bahkan menjurus pada membahayakan kesehatan. Selain itu, suntik vitamin C juga memiliki harga yang mahal untuk sekali suntikan.

Dibandingkan menggunakan bahan kimia yang belum tentu keamanannya, sebaiknya Anda memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain aman, bahan-bahan ini juga dapat memutihkan wajah secara alami. Berbeda halnya dengan menggunakan bahan kimia, di mana warna putih yang dihasilkan terkadang terlihat lebih pucat dan tidak sehat. Berikut cara memutihkan wajah secara alami menggunakan bahan-bahan rumahan yang In Syaa Allah aman.

 

Cara memutihkan wajah secara alami dengan madu

Cara memutihkan wajah dengan madu

1. Madu dan Lemon

Lemon berguna memutihkan wajah secara alami karena kandungan vitamin C yang dimilkinya. Selain itu senyawa antibakteri dalamlemon juga membantu mengurangi munculnya berbagai macam masalah kulit yang dapat mengurangi kecerahan wajah. Caranya: campurkan 1 sendok makan madu dengan satu sendok makan lemon. Kemudian oleskan ke seluruh wajah anda hingga merata. Biarkan seperti itu selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

2. Madu dan susu

Susu membantu meningkatkan kecerahan kulit secara alami sekaligus memutihkan wajah. Anda bisa membuat masker wajah dengan cara mencampurkan dua sendok makan susu dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah dan leher setelah itu biarkan selama 15 sampai 20 menit. Jika sudah selesai cuci dengan air hangat.

3. Madu dan pepaya

Seperti halnya lemon pepaya juga diperkaya dengan vitamin C yang baik untuk memutihkan wajah secara alami. Selain vitamin C, Pepaya juga mengandung flavonoid, kalium, dan magnesium yang kesemuanya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan pepaya dan madu adalah: haluskan pepaya dengan blender setelah itu campurkan dengan satu sendok makan madu ke dalamnya. Oleskan paket tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu cuci wajah anda sampai bersih.

4. Madu dan baking soda

Madu diperkaya dengan vitamin yang sangat baik untuk memutihkan wajah sekaligus meremajakannya secara alami. Sedangkan baking soda berguna mengatasi berbagai macam masalah kulit yang dapat menutupi kecerahannya. Caranya: campurkan 2 sendok makan madu dengan satu sendok makan baking soda.

Balurkan ke wajah anda sambil sedikit memijatnya dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Jika sudah selesai, Anda bisa membilasnya dengan air. Catatan: bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya jangan menggunakan baking soda karena dapat mengiritasi kulit. Sebelum menerapkannya ke wajah lakukan tes patch terlebih dahulu pada kulit bagian tangan untuk melihat reaksinya.

5. Madu dan wortel

Wortel diperkaya dengan kandungan vitamin C, K, dan beta karoten yang membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Sehingga kombinasi antara madu dan wortel sangat baik sekali untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya: haluskan wortel kemudian tambahkan madu dengan perbandingan 2 sendok makan pepaya dan satu sendok makan madu. Gunakan sebagai masker wajah, dan biarkan di kulit anda sekitar 15 menit. Jika sudah selesai bersihkan wajah anda seperti biasa.

 

Cara memutihkan wajah dengan kunyit

Cara memutihkan wajah dengan kunyit

6. Kunyit, krim, dan tepung beras

Jika anda ingin memiliki kulit putih secara alami menggunakan kunyit bisa menjadi pilihan yang tepat. Kunyit merupakan agen antiseptik alami yang dapat mengurangi bekas luka sekaligus mencerahkan kulit wajah secara alami. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti penuaan yang mengurangi peradangan, infeksi, dan alergi pada kulit.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan kombinasi kunyit: pertama campurkan 2 sendok teh kunyit, 1 sendok makan tepung beras dan 1 sendok teh krim. Tambahkan air sampai membentuk sebuah pasta yang kental. Oleskan pasta yang anda buat tadi ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas wajah anda jika sudah selesai.

7. Kunyit dan bubuk cendana

Bubuk cendana berguna membantu mengurangi jerawat, noda hitam di wajah, dan masalah kulit lainnya. Jadi, bukan hanya wajah putih yang akan anda dapatkan. Langkah pertama, siapkan pasta dengan mencampur 1 sendok makan kayu cendana dengan seperempat sendok makan kunyit. Tambahkan air ke dalam dua bahan tadi. Setelah itu aplikasikan ke wajah sampai leher hingga merata. Biarkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, kemudian cuci wajah anda sampai bersih.

8. Oatmeal, kunyit dan lemon

Oatmeal sangat efektif dalam mengurangi gatal dan ruam sekaligus memutihkan wajah secara alami dan cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat scrub dengan menggunakan ketiga bahan tadi. Caranya: campurkan sedikit kunyit, beberapa tetes Air lemon, dan 1 sendok makan bubuk oatmeal.
Balurkan ketiga bahan-bahan tadi di wajah anda setelah itu pijat dengan gerakan memutar selama 5 menit. Jika sudah selesai Anda tinggal meninggalkannya selama 15 menit setelah itu bisa membilasnya.

9. Kunyit dan putih telur

Menerapkan putih telur dan kunyit ke wajah akan membuatnya tampak putih secara alami sekaligus menjaga elastisitasnya. Selain itu, putih telur juga berguna mengurangi garis-garis halus yang juga dapat mengurangi kecantikan wajah. Caranya: campurkan 1 putih telur dengan satu sendok makan kunyit.
Tambahkan eberapa tetes minyak zaitun setelah itu aduk hingga merata. Oleskan masker yang anda buat tadi di wajah sampai leher. Diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu cuci wajah anda dengan air hangat.

10. Kunyit dan jeruk

Campuran antara bubuk kunyit dan jeruk bukan hanya dapat memutihkan wajah secara alami, tetapi juga mengurangi minyak berlebih di wajah. Cara menggunakannya: campur bubuk kunyit dan jus jeruk hingga membentuk sebuah pasta. Oleskan ke wajah dan leher kemudian pijat secara perlahan selama beberapa menit. Biarkan masker tadi di wajah selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air.

11. Kunyit, lemon dan mentimun

Mentimun mampu meremajakan wajah dan memperbaiki kerusakan kulit seperti bintik-bintik hitam. Sedangkan lemon berguna memutihkan wajah dengan cepat dan cukup efektif. Cara melakukannya: ambil satu sendok makan jus mentimun, beberapa tetes jus lemon, dan 1 sendok makan bubuk kunyit.
Campur semua bahan tadi hingga merata kemudian aplikasikan masker tadi ke wajah. Biarkan masker tadi berada di wajah anda selama 15 menit setelah itu bilas seperti biasa. Melakukannya secara rutin akan membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

 

Memutihkan wajah secara alami dengan pisang

Cara memutihkan wajah dengan pisang

12. Buah pisang

Pisang diperkaya dengan lectin, asam amino, vitamin C dan vitamin B6. Kesemua nutrisi tersebut membantu menjaga integritas dan elastisitas kulit wajah anda secara alami. Selain itu, buah bisa juga mengurangi jerawat, memperlambat proses penuaan sekaligus memperbaiki kerusakan pada kulit wajah. Belum lagi, buah pisang juga diketahui cukup efektif untuk mencerahkan wajah yang kusam dan kering.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan pisang: pertama haluskan buah pisang kemudian tambahkan madu dan yoghurt. Aduk semua bahan tadi hingga Anda mendapatkan sebuah pasta kental. Kemudian terapkan ke wajah seperti biasa. Paket wajah ini akan membantu membersihkan sekaligus mencerahkan kulit wajah secara alami dan pastinya aman.

13. Pisang dan minyak almond

Kombinasi antara pisang dan minyak almond merupakan bahan alami yang cukup efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cukup tumbuk pisang hingga halus kemudian tambahkan beberapa tetes minyak almond ke dalamnya. Ratakan ke kulit wajah Anda kemudian pijat selama beberapa menit. Biarkan kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas seperti biasa.

 

Cara memutihkan wajah dengan lemon

Cara memutihkan wajah dengan lemon

14. Lemon dan kentang

Lemon kaya akan vitamin C, B, fosfor dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik untuk kulit wajah anda. Lemon terkenal cukup efektif sebagai pemutih alami wajah karena kandungan vitamin C dan senyawa penting lainnya.

Cara menggunakan lemon untuk memutihkan wajah: pertama ambil 1 kentang berukuran sedang kemudian kupas dan haluskan dengan blender. Tambahkan sedikit air setelah itu masukkan beberapa tetes lemon ke dalamnya. Aduk hingga menjadi sebuah pasta yang halus setelah ituaplikasikan ke wajah anda. Biarkan selama 10 menit kemudian cuci sampai bersih jika sudah selesai.

15. Lemon, minyak mawar dan bubuk cendana

Lemon adalah agen pemutih wajah yang cukup terkenal. Dengan mengkombinasikannya dengan bubuk cendana dan air mawar, menjadikannya sebagai masker wajah yang cukup baik untuk memutihkan wajah secara alami. Selain memutihkan wajah, bubuk cendana juga berguna menghilangkan komedo secara alami.

Caranya: campurkan satu sendok makan bubuk cendana dengan beberapa tetes jus lemon dan air mawar dengan perbandingan sama. Aduk hingga ke semuanya menjadi pasta yang kental. Oleskan ke wajah anda kemudian pijat secara perlahan selama 5 menit. Biarkan campuran tadi di wajah anda selama 15 menit kemudian bersihkan seperti biasa.

16. Lemon, gula dan madu

Cara memutihkan wajah secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan lemon, madu, dan gula. Buat scrub dengan mengkombinasikan ke 3 bahan tadi untuk memutihkan dan mencerahkan wajah. Scrub ini dapat memutihkan wajah dengan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel. Secara alami, gula merupakan sumber asam glikolat yang membantu meratakan warna kulit sekaligus membersihkan pori-pori.

Caranya: ambil satu sendok makan gula yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan dengan beberapa tetes jus lemon. Tambahkan juga dengan setengah sendok makan madu ke dalamnya, setelah itu pijatkan ke wajah dengan lembut. Biarkan selama beberapa menit setelah itu cuci wajah anda.

17. Lemon, tepung beras dan air mawar

Persiapkan 1 gram tepung beras, satu sendok makan air mawar, dan 1 sendok teh jus lemon. Campur ketiga bahan tadi hingga Anda mendapatkan sebuah pasta yang halus. Gunakan sebagai masker wajah atau bagian kulit lainnya yang anda inginkan. Diamkan setidaknya 20 menit sampai mengering. Lakukan secara rutin untuk membantu memutihkan wajah anda secara alami.

 

Cara memutihkan wajah dengan yoghurt

Cara memutihkan wajah dengan yoghurt

18. Yoghurt

Yoghurt mampu mencerahkan kembali kulit yang kusam akibat penumpukan sel-sel kulit mati yang kering. Sifat asam yang dimiliki oleh yoghurt membantu menghancurkan bakteri dan kuman penyebab jerawat. Dengan demikian yoghurt merupakan bahan yang cukup baik untuk memutihkan wajah secara alami. Selain itu, yoghurt juga dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Caranya campur yoghurt, mentimun, dan bubuk susu kemudian tambahkan air. Aduk hingga menjadi pasta yang halus kemudian aplikasikan ke seluruh wajah anda hingga merata. Diamkan sekurang-kurangnya 20 menit setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat.

19. Strawberry dan yoghurt

Strawberry mengandung asam ellagic yang membantu mengurangi bekas jerawat di wajah.Selain itu, strawberry juga berguna mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Cara memutihkan wajah secara alami dengan yoghurt dan strawberry adalah: pertama tambahkan yoghurt dalam pasta strawberry. Balurkan pasta dari campuran yoghurt dan strawberry pada wajah hingga kering. Jika sudah kering bilas menggunakan air.

20. Tomat, madu, dan yoghurt

Kombinasi antara madu, yoghurt dan tomat menjadikan ramuan yang cukup baik untuk memutihkan wajah secara alami, dan pastinya aman tanpa efek samping. Kesemua bahan tadi dapat memelihara kulit sekaligus membuatnya tampak halus secara alami.

Caranya: campurkan satu sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt, dan 2 sendok makan tomat kemudian aduk dengan baik. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Biarkan hingga kering dengan sendirinya, kemudian bersihkan sampai tidak ada masker yang tersisa.

21. Alpukat, minyak zaitun, dan yoghurt

Buah alpukat diperkaya dengan antioksidan, Alfa-karoten beta cryptoxanthin dan lutein. Kesemua nutrisi tersebut mampu mencegah penuaan dan memperbaiki tekstur kulit. Sedangkan minyak zaitun berguna menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak halus dan lembut.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan ketiga bahan tersebut adalah: hancurkan beberapa alpukat kemudian campur dengan setengah sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga merata kemudian tambahkan lagi satu sendok makan yoghurt ke dalamnya. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan bagian kulit lainnya termasuk leher. Biarkan selama 20 menit kemudian bersihkan setelahnya.

22. Buah apel madu dan yogurt

Ramuan ini bukan hanya mencerahkan kulit secara alami tetapi juga mampu menghilangkan kelebihan minyak dari wajah anda. Caranya: haluskan apel menggunakan blender. Kemudian campurkan dengan 2 sendok makan yoghurt dan beberapa tetes madu ke dalamnya. Aduk hingga ke semua bahan tadi menyatu kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan hingga kering sekitar 15 menit setelah itu bilas seperti biasa.

23. Kulit jeruk dan yoghurt

Ambil kulit jeruk kemudian keringkan dengan cara dijemur. Haluskan kulit jeruk tersebut hingga menjadi bubuk. Ambil 1 sampai 2 sendok makan bubuk kulit jeruk kemudian campurkan dengan 1 sendok makan yoghurt. Oleskan ke wajah anda kemudian biarkan selama 15 menit. Melakukannya secara rutin dapat membantu memutihkan wajah.

24. Mangga dan yoghurt

Mangga juga memiliki kandungan vitamin C yang juga cukup baik untuk memutihkan wajah anda tanpa efek samping. Caranya: campurkan satu sendok makan jus mangga dengan 2 sendok makan yoghurt. Aduk keduanya hingga menyatu dengan baik.

Terapkan pasta yang telah anda buat tadi ke wajah dengan hati-hati. Pastikan semua bagian wajah tertutupi termasuk leher. Biarkan masker mangga tetap di wajah anda selama kurang lebih 20 menit agar nutrisi dalam mangga bisa meresap dengan baik.

25. Kunyit dan yoghurt

Kunyit memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat mengurangi pigmentasi dan meningkatkan elastisitas kulit anda. Jadi bukan hanya wajah putih yang akan anda dapatkan, tetapi juga kulit yang sehat. Caranya: ambil satu sendok makan yoghurt kemudian tambahkan dengan seperempat sendok teh kunyit ke dalamnya. Campur dengan baik setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Langkah terakhir bilas menggunakan air setelah 15 menit.

 

Buah-buahan untuk memutihkan kulit wajah

Cara memutihkan wajah dengan buah

Buah-buahan mengandung nutrisi penting yang sangat berguna meremajakan kulit sekaligus membuatnya tampak cerah secara alami. Selain itu, memutihkan wajah menggunakan buah-buahan juga relatif aman. Berikut ini cara memutihkan wajah secara alami menggunakan buah-buahan:

26. Buah kiwi dan alpukat

Paket wajah ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Buah alpukat memiliki sejumlah antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung tinggi Alfa dan Beta karoten yang juga memiliki efek perlindungan terhadap kulit wajah. Sedangkan buah kiwi diperkaya dengan vitamin C dan asam lemak omega-3 yang membantu memutihkan kulit yang kusam.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan alpukat dan kiwi adalah: haluskan keduanya menggunakan blender. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit kemudian Anda bisa membilasnya.

27. Buah anggur dan apel

Buah anggur merupakan salah satu sumber vitamin C dan E. Dimana kedua nutrisi tersebut bukan hanya dapat melindungi kulit dari sinar UV tetapi juga mencerahkannya secara alami. Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan anggur dan apel adalah: ambil setengah buah apel kemudian haluskan dengan blender. Tambahkan 8-10 jus anggur segar ke dalam pasta apel tadi.

Gunakan paket ini untuk masker wajah dengan cara menerapkannya secara tipis hingga semua bagian wajah tertutup kecuali mulut dan mata. Lakukan secara rutin agar wajah yang kusam bisa menjadi lebih putih dan cerah secara alami.

Baca juga: 15 Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan efektif

28. Buah pisang dan alpukat

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan pisang dan alpukat: campurkan setengah buah pisang dan setengah buah alpukat, lalu haluskan dengan blender. Terapkan masker wajah dari pisang dan alpukat ini kesemua bagian kulit wajah dan leher hingga merata. Melakukan metode tersebut dengan rutin akan membantu anda memiliki kulit putih dan cerah alami.

29. Buah kiwi dan pisang

Haluskan buah kiwi dan pisang dengan perbandingan yang sama. Balurkan ke seluruh wajah anda menggunakan tangan yang bersih. Pastikan semua bagian wadah tertutupi kecuali mata dan bibir. Tinggalkan selama 10 menit sambil bersantai. Jika sudah, bersihkan wajah anda.

30. Buah pepaya

Cara memutihkan wajah secara alami yang terakhir adalah menggunakan buah pepaya. Pepaya kaya akan kandungan vitamin A dan papain (enzim yang membantu mengangkat sel kulit mati). Caranya tumbuk buah pepaya menggunakan garpu atau blender. Oleskan masker ini ke wajah anda. Lakukan secara rutin maka kulit anda In Syaa Allah akan lebih cerah daripada sebelumnya.