Cara mencegah dan merawat penyakit stroke secara alami

Kesehatan
Cara mencegah dan merawat penyakit stroke

Stroke adalah kondisi medis yang disebabkan oleh lesi serebrovaskular mendadak. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak (infark serebral), menghentikan aliran darah ke otak di belakang obstruksi, atau juga dikarenakan pecahnya pembuluh darah di otak. Sehingga kondisi ini membuat darah intravaskular keluar dan tumpah ke jaringan otak, menyebabkan kerusakan jaringan dan kompresi otak (pendarahan otak). Akibatnya, bagian otak yang relevan yang terluka tidak dapat bekerja. Mengakibatkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak tersebut tidak bisa bertindak.
Penyebab penyakit stroke

  1. Hipertensi (tekanan darah tinggi): adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit stroke Diabetes
  2. Penyakit kardiovaskular: terutama atrial fibrilasi, penyakit arteri koroner, penyakit jantung katup.
  3. Adanya riwayat stroke atau transient ischemic transient sebelumnya
  4. Merokok: Ini adalah faktor yang meningkatkan risiko stroke dan penyakit lain seperti aterosklerosis dan hipertensi.
  5. Obesitas, peningkatan kadar kolesterol, dan banyaknya lemak dalam darah
  6. Kurang aktif
  7. Minum minuman beralkohol
  8. Usia Tua: kemungkinan stroke meningkat seiring bertambahnya usia, terutama pada orang di atas usia 60 tahun.
  9. Pria: pria pada dasarnya berisiko lebih tinggi terkena stroke daripada wanita.
  10. Punya riwayat keluarga yang mengidap stroke.

Cara mencegah dan merawat stroke

Stroke sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dicegah. Namun, tidak banyak orang yang tahu persis apa yang perlu mereka lakukan untuk melakukan pencegahan stroke di rumah secara alami. Banyak orang tidak ingin pergi ke rumah sakit karena karena selain faktor biaya, pengobatan dengan bahan kimia dalam jangka waktu panjang juga menimnulkan risiko yang tidak sedikit. Ini sangat berbahaya karena stroke sangat terkenal sebagai pembunuh. Karena itu, pertahankan pikiran Anda pada pengobatan rumahan. Berikut bebera tips tentang cara merawat stroke di rumah. Kesemua cara ini alami sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang efek sampingnya.

1. Mengubah Pola Makan Anda

Ini adalah hal pertama yang paling efektif dalam merawat penyakit stroke secara alami di rumah dalam waktu singkat. Jika Anda menderita stroke yang mengalami pembekuan darah, Anda perlu memperhatikan kadar kolesterol karena jumlah kolesterol tidak sehat dalam darah dapat menyebabkan pembekuan. Anda bisa mendapatkan level kolesterol yang sehat dengan mengubah kebiasaan makan Anda. Hindari makanan yang kaya lemak jenuh, kolesterol dan sodium yang tidak baik untuk darah dan pembuluh darah Anda. Selain itu, studi baru mengaitkan mengonsumsi soda dapat meningkatan risiko stroke dan penyakit terkait lainnya.

2. Makan Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba ternyata dapat digunakan untuk mengobati stroke. Tanaman ini membantu mencegah pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Ramuan ini digunakan secara luas di Eropa untuk mengobati komplikasi stroke yang memiliki masalah keseimbangan tubuh dan memori, vertigo serta proses berpikir yang terganggu. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa ginkgo biloba meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, gingko juga membantu mengurangi kerapuhan kapiler. Ini membantu mencegah stroke hemoragik. Dokter Eropa juga sering merekomendasikan ekstrak daun ginkgo untuk menangani masalah stroke. Lebih penting lagi, tanaman ini tidak beracun, jadi Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Anda harus memilih produk yang mengandung paling sedikit 24% ginkgo heterosides dan mengonsumsi 40-80 mg tiga kali dalam sehari. Namun, Anda juga perlu mencari saran medis sebelum menggunakannya jika Anda menggunakan obat pengencer darah seperti aspirin. Dalam asupan ginkgo yang berlebihan, Anda mungkin mengalami cepat marah, diare, dan gelisah.

3. Makan Kunyit

Kunyit adalah salah satu pengobatan rumahan yang cukup efektif dalam mengobati stroke. Banyak penelitian mengatakan bahwa senyawa curcumin yang dikandung kunyit dapat mengurangi pembentukan gumpalan darah. Kunyit adalah bahan utama dalam memasak dan dapat ditemukan di sebagian besar campuran bumbu kari. Untuk mencegah dan merawat penyakit stroke Anda harus mempertimbangkan makan lebih banyak hidangan kari yang mengandung kunyit.

4. Makan Jahe

Jahe adalah tonik jantung karena dapat mengobati stroke, menurunkan kadar kolesterol, serta membantu sirkulasi yang buruk pada darah. Ambil 2 sdt jahe setiap hari selama kurang lebih 7 hari untuk menetralkan efek pembekuan darah. Anda bisa memanfaatkan jahe dalam masakan Anda atau minum teh jahe dengan menggunakan 1-2 sendok teh parutan jahe segar per cangkir air panas. Rendam sampai dingin. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jahe dalam salad.

5. Makan Wortel

Dalam sebuah penelitian, konsumsi wortel dapat mengurangi risiko stroke. Wanita yang makan 5 porsi wortel per minggu mengalami penuruan risiko stroke hingga 68% daripada mereka yang makan wortel kurang dari 2 kali sebulan. Wortel mengandung beta-karoten dan karoten esensial lainnya. Jadi, makan lebih banyak wortel dalam membantu mengobati stroke secara alami. Wortel juga bagus sebagai makanan ringan, terutama wortel muda. Tambahkan ke sup sayuran atau buat jus wortel. Jika Anda ingin melakukan yang lebih baik, tambahkan beberapa potong bawang putih dan jahe untuk memberi tambahan rasa.

6. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sangat membantu dalam mengatasi masalah stroke. Cuka sari apel adalah pembersih alami dan detoksifikasi, jadi fungsinya untuk membersihkan darah dari racun yang dapat menyebabkan masalah stroke. Cuka ini juga membantu mengencerkan darah, sehingga akan lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh.

7. Mengkonsumsi Vitamin C

Ini adalah antioksidan alami. Vitamin ini dapat menghilangkan radikal bebas yang berkontribusi terhadap kondisi stroke. Selain itu, vitamin C juga membantu fungsi kekebalan tubuh dan pengisian jaringan. Seperti yang Anda tahu bahwa stroke bisa berisiko, tetapi itu adalah kondisi yang dapat diobati. Dengan suplemen nutrisi yang tepat serta pertimbangan pengobatan, orang dapat mengalami pemulihan hampir penuh dari kondisi ini.

8. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak sedang. Lemak ini berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi, yang berkontribusi dalam meningkatkan pemulihan. Komposisi unik dari minyak kelapa juga meningkatkan jalur netral untuk membantu peningkatan fungsi otak serta pemulihan. Minyak Kelapa juga merupakan bahan alami yang hebat karena mampu mencegah dan meringankan stroke secara alami di rumah tanpa memerlukan segala jenis obat, pil, atau intervensi medis.

9. Mengkonsumsi Vitamin B6

Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air yang dapat bermanfaat bagi para pendertita stroke yang berjuang melawan penyakit mereka. Vitamin B6 paling baik dikonsumsi secara sublingual karena pemberian oral kurang efisien dalam memungkinkannya memasuki aliran darah dengan cepat. Ini tidak mahal dan tersedia di sebagian besar toko makanan kesehatan dan apotek. Lebih penting lagi, ia tidak memiliki toksisita. Dengan kata lain, sulit untuk overdosis pada B6, sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa khawatir.