6 Cara membuat wajah tampak lebih muda dan cantik secara alami

Kulit wajah, Perawatan
Cara membuat wajah tampak lebih muda
image via pngtree.com

Cara membuat wajah tampak lebih muda dan cantik secara alami tanpa menggunakan bahan kimia yang dapat merusak kesehatan kulit. Proses menjadi tua adalah kodrat semua orang karena tidak ada satu orang pun yang akan bisa menghindarinya. Akan tetapi terkadang proses ini bisa datang lebih cepat akibat pola hidup yang tidak sehat. Radikal bebas dan juga makanan yang kita konsumsi berperan penting dalam meningkatkan proses penuaan. Salah satu bagian tubuh yang paling merasakan proses penuaan dini adalah kulit wajah. Munculnya kerutan di wajah, garis-garis halus, dan juga bintik hitam menjadi beberapa diantara tanda-tanda penuaan.

 

Cara membuat wajah tampak lebih muda

Untuk membuat anda tampak lebih muda secara alami ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan, berikut beberapa diantaranya:

1. Jaga kelembaban kulit wajah anda

Cara membuat wajah tampak lebih muda yang pertama adalah menjaga kelembabannya secara alami. Hal ini sangat penting sekali bukan hanya untuk membuatnya tampak lebih muda tetapi juga meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan. Untuk menghindari efek samping, sebaiknya gunakan pelembab alami yang minim penggunaan bahan kimia.

Pelembab yang berbahan kimia biasanya justru akan membuat kulit lebih kering setelahnya, sehingga membuat anda ketergantungan menggunakan produk tersebut. Ada beberapa jenis masker alami yang bisa digunakan sebagai pelembab yang memiliki manfaat luar biasa Seperti madu, minyak zaitun atau lidah buaya.

2. Kurangi paparan sinar matahari berlebih

Kulit yang terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat membuatnya lebih kering dan akhirnya muncul kerutan di wajah. Kulit kering akan membuatnya terlihat lebih tua dan tidak sehat. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari sengatan matahari secara langsung adalah menggunakan tabir surya. Atau Anda juga bisa mengenakan hijab yang memiliki banyak manfaat dibandingkan hanya sekedar melindungi kulit wajah.

3. Banyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Makanan yang mengandung tinggi antioksidan bukan hanya dapat mencegah penyakit kanker tetapi juga membuat wajah tampak lebih muda. Antioksidan merupakan senyawa penting yang bertugas memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Beberapa buah dan sayur terbukti memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik. Beberapa daftar buah sehat untuk kulit wajah yang mengandung tinggi antioksidan diantaranya: buah strawberry, anggur, bluebrry,kiwi, tomat dan jambu biji. Setidaknya Anda harus mengkonsumsi 1 porsi buah tersebut agar kulit wajah anda terhindar dari penuaan dini.

4. Banyak konsumsi air putih

Salah satu cara membuat wajah tampak lebih muda adalah dengan meningkatkan asupan air putih harian. Mengonsumsi air putih dengan porsi yang tepat dapat membuat tubuh dan kulit wajah terhidrasi dengan baik. Hal ini pada gilirannya akan membuatnya terhindar dari penuaan. Kulit wajah yang lembab akan mempertahankan elastisitas alaminya sehingga akan terhindar dari kulit kendur, keriput, dan masalah lainnya.

5. Hindari riasan berbahan dasar bedak

Tips berikutnya yang perlu Anda ketahui untuk membuat wajah tampak lebih muda adalah dengan menghindari produk make up berbahan dasar bedak. Terlalu sering menggunakan bedak pada kulit wajah akan membuatnya terlihat lebih tua dan memperlihatkan garis-garis halus serta kerutan di wajah. Jadi gunakan make up yang memiliki bahan lebih halus dan lembut seperti krim, gel, atau cairan yang tidak begitu tebal.

6. Oleskan foundation dengan spons basah

Anda tidak bisa hanya menyembunyikan tanda-tanda penuaan dengan lapisan make up yang tebal. Yang perlu anda lakukan hanya menyamarkannya dengan melakukan make up yang tepat. Untuk melakukan hal ini, salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan foundation bercahaya krim ​​yang memiliki warna sama dengan kulit terutama di bagian bawah pipi. Padukan foundation dengan baik, menggunakan spons basah atau beautyblender. Dengan demikian Anda akan mendapatkan cakupan cahaya yang dibutuhkan untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan di wajah.