Cara membuat masker timun untuk kulit wajah

6 Cara membuat masker timun untuk kulit wajah agar tampak lebih cantik

Cara membuat masker timun untuk kulit wajah
image from www.drweil.com

Cara membuat masker timun untuk kulit wajah Anda agar tampak lebih cantik, sehat, dan terawan, dengan menggabungkannya dengan bahan-bahan rumahan yang aman. Mungkin selama ini kita menganggap bahwa timun hanya makanan pelengkap dalam menu makan besar kita selama ini. Namun, ternyata manfaat yang ada di dalam timun sangat luar biasa, terutama untuk kecantikan kulit wajah dengan menggunakannya sebagai masker. Bukan hanya alami, cara untuk membuat masker ini juga tidak rumit, dan tentunya juga praktis.

 

Cara membuat masker timun untuk wajah

Berikut ini, kami akan memberikan anda informasi tentang bagaimana cara membuat masker wajah dari timun. Berikut ini ulasannya.

1. Cara membuat masker timun dengan lemon

Lemon adalah salah satu buah yang terkenal dengan rasanya yang asam. Walaupun demikian, ternyata buah yang

satu ini mengandung senyawa antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk merawat kulit.
Manfaat lemon untuk kecantikan sudah tidak terhitung jumlahnya, termasuk dapat mengencangkan kulit, mencegah jerawat tumbuh, menghilangkan flek hitam di wajah, dan mencegah komedo. Sedangkan kandungan vitamin C di dalam lemon bermanfaat mencerahkan kulit wajah yang kusam secara alami dan aman.
Adapun cara membuatnya, yaitu:

  • Ambil satu buah timun berukuran sedang, dan satu butir lemon.
  • Haluskan mentimun dengan memasukkannya ke dalam blender bersamaan dengan kulitnya. Setelah itu masukkan perasan air lemon ke dalamnya dan aduk secara merata.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menerapkan masker ini, dengan sabun pencuci wajah. Fungsinya agar pori-pori kulit wajah bersih sehingga kandungan yang ada dalam masker timun tadi dapat terserap dengan baik.
  • Selanjutnya oleskan masker secara merata, pastikan seluruh bagian wajah terolesi sampai bagian leher
  • Lalu diamkan sekurangnya 1 menit agar masker menempel dan masker menyerap secara optimal, lalu bilas dengan air dingin.

 

2. Cara membuat masker timun dengan putih telur

Masker timun dengan putih telur adalah bahan tradisional yang dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat dan mencerahkan kulit wajah secara alami. Putih telur ini memiliki kandungan senyawa protein dan asam amino yang terbilang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk memberi nutrisi sel-sel pada wajah.
Adapun cara membuat maskernya, yaitu:

  • Siapkan satu buah mentimun ukuran sedang, dan satu butir putih telur ayam
  • Haluskan mentimun dengan blender agar benar-benar halus, kemudian campur dengan putih telur pastikan semua tercampur dengan rata sehingga berbentuk seperti pasta.
  • Oleskan masker tersebut pada wajah secara merata.
  • Sembari mengolesi masker, anda bisa sekalian memberikan pijatan pada wajah kurang lebih selama 15 menit sehingga nutrisi benar-benar meresap kedalam lapisan pori.
  • Diamkan masker kurang lebih selama 30 menit agar lebih optimal
  • Jika wajah terasa sudah kencang, kemudian bilas dengan air hangat sampai dengan bersih.

 

3. Cara membuat masker wajah timun dengan yoghurt

Kali ini sampuran timunya dengan yoghurt. Yoghurt adalah salah satu jenis minuman yang memiliki khasiat dalam pencernaan manusia, akan tetapi, selain itu yoghurt juga bermanfaat untuk perawatan kulit wajah.

Kandungan asam laktat yang ada di yoghurt bisa menjaga kekencangan kulit wajah dan mampu mencegah penuaan dini, tanda penuaan dini, seperti keriput, kulit kusam, kerutan, dan garis-garis pada wajah.
Cara membuat masker tersebut yaitu:

  • Siapkan yoghurt tawar secukupnya, dan satu buah timun.
  • Haluskan keduanya beserta dengan kulit mentimun sampai benar-benar berbentuk seperti pasta atau krim
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker pakai sabun muka lalu bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka.
  • Lalu oleskan masker secara perlahan ke semua bagian wajah, mulai dari pipi, hidung, dan daerah T. Hindari bagian mata dan juga bibir.
  • Jika masker sudah merata, diamkanlah beberapa menit agar benar-benar menempel, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

 

4. Cara membuat masker timun dengan air mawar

Sudah sejak dulu bahwa air mawar dipercaya bisa memberikan kecantikan pada kulit wajah secara alami untuk para wanita. hal ini dikarenakan banyak ratu kerajaan dulunya menggunakan air ini untuk mandi setiap pagi dan sore. Bahkan air ini juga sangat berkhasiat untuk menjaga kulit wajah tetap terlihat awet muda.
Adapun cara membuat masker ini yaitu:

  • Siapkan air mawar yang sudah terendam selama satu malam, dan satu buah mentimun.
  • Campur air mawar dengan buah mentimun yang sudah terlebih dahulu dihaluskan sampai bentuknya seperti pasta.
  • Oleskan masker ini setelah anda mandi.
  • Oleskan secara merata sambil diberi pijatan dan diamkan selama 30 menit.
  • Jika masker sudah terasa meresap secara optimal, dan waja sudah terasa kaku, bilas dengan air dingin sampai bersih.

 

5. Cara membuat masker timun dengan buah alpukat dan susu tawar

Terakhir yaitu cara membuat masker timun dengan alpukat dan susu tawar. Yang mana memiliki khasiat yang luar biasa bagi kecantikan. Adapun cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan ½ daging alpukat, ½ timun, dan susu tawar secukupnya.
  • Haluskan alpukat dan timun, kemudian campur dengan susu sampai bentuknya seperti pasta.
  • Bersihkan wajah, lalu oleskan masker ke wajah sampai merata..
  • Agar hasilnya maksimal, diamkan kurang lebih 30 menit atau sampai maskernya mengering.
  • Terakhir bilas dengan air dingin sampai bersih.

 

6. Cara Menggunakan Masker Timun murni

Cara menggunakan masker timun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan masker yang lain, yaitu cukup dengan mengoleskannya pada seluruh permukaan wajah. Adapun bedanya hanya apabila anda mempunyai kantung mata yang lebih besar, maka tebalkan penggunaan masker ini pada bagian tersebut. Lalu diamkan beberapa menit kurang lebih 15 atau 20 menit.

Apabila sudah dirasa kering, maka bilas dengan air hangat, jika wajah sudah tidak licin lagi maka bilas dengan air es. Tujuannya agar pori-pori wajah kembali tertutup. Terakhir tepuk-tepuk wajah dengan handuk yang halus, jangan mengusap wajah, karena itu bisa menyebabkan pori-pori terbuka kembali.

 

Manfaat masker timun untuk kulit wajah

Manfaat masker timun untuk kulit wajah sangat beragam, berikut beberapa diantaranya:

1. Mampu menghilangkan bintik hitam

Dengan menggunakan masker timun, maka masalah yang bisa menyebabkan rasa percaya diri anda berkurang akan bisa hilang. Flek hitam pada dasarnya timbul karena bekas jerawat, atau efek dari sinar matahari yang langsung ke wajah.

2. Bisa menghilangkan lingkaran di mata

Timbulnya lingkaran di mata (mata panda) disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat atau kurang tidur yang disebabkan karena terlalu sibuk. Namun, jika menggunakan masker timun, maka lingkaran tersebut sedikit demi sedikit akan berkurang, karena timun memiliki kandungan silika dan antioksidan. Cara menghilangkan kantung mata secara alami cukup dengan menempelkan irisan timun ke mata Anda sekitar 30 menit, kemudian angkat saat sudah selesai.

3. Meremajakan kulit

Masker timun juga bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah, sehingga lebih tampak lembut, cerah dan bersih.

4. Mampu menghilangkan jerawat

Mentimun juga bisa menghilangkan jerawat dengan cepat dan tentunya alami. Caranya adalah dengan membuatnya menjadi masker yang berbentuk pasta lalu dioleskan secara rata dan secara teratur agar hasil lebih maksimal.

5. Bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah

Terakhir, mentimun berkhasiat dalam hal mengecilkan pori-pori wajah yang terbuka, dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah. Memakainya secara tara dan teratur.

Itulah cara membuat masker timun untuk kulit wajah, beserta dengan manfaatnya. Semoga bermanfaat.