Bahaya Begadang

Posted on

bahaya begadang

Bahaya Begadang – Terlalu sering begadang menyebabkan seseorang akan kurang tidur. Apabila dilakukan sesekali saja mungkin tidak masalah. Tetapi, apabila terlalu sering, terdapat banyak sekali dampak kesehatan yang dapat terjadi.

Beberapa dampaknya yaitu penurunan daya ingat, penurunan berat badan, kehidupan seksual, serta kesehatan. Kurang tidur bukanlah hal yang dapat diabaikan begitu saja. Normalnya seseorang mempunyai waktu tidur selama 7 hingga 9 jam per hari.

Apabila waktu tidurnya kurang, terdapat berbagai bahaya yang akan muncul. Lantas, apa saja bahayanya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai bahaya begadang yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Bahaya Begadang yang Perlu Anda Waspadai!

bahaya begadang

1. Sulit Konsentrasi

Sulit berkonsentrasi adalah bahaya begadang untuk tubuh yang pertama. Mempunyai waktu tidur yang cukup bisa bermanfaat bagi proses berpikir serta belajar.

Waktu tidur yang kurang bisa menurunkan konsentrasi, kewaspadaan, nalar serta kemampuan memecahkan masalah. Selain itu, kurang tidur juga bisa menurunkan daya ingat seseorang.

Baca Juga: Bahaya Mi Instan

2. Rentan Mengalami Kecelakaan

Bahaya begadang bagi tubuh selanjutnya adalah rentan mengalami kecelakaan. Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan Anda merasakan kantuk pada siang hari.

Apabila pergi bekerja memakai kendaraan pribadi, kecelakaan bisa saja terjadi. Tidak hanya kecelakaan ketika pergi bekerja saja, kurang tidur juga bisa mengakibatkan cedera serta kecelakaan ketika bekerja.

bahaya begadang

3. Munculnya Penyakit Serius

Begadang menjadi penyebab gangguan kesehatan bagi tubuh. Sejumlah penyakit yang membahayakan tubuh yang disebabkan begadang, yaitu:

  • Stroke;
  • Diabetes;
  • Penyakit jantung;
  • Serangan jantung;
  • Gagal jantung;
  • Peningkatan detak jantung;
  • Tekanan darah tinggi;

Baca Juga: Bahaya Softlens

4. Menurunkan Gairah Seksual

Bahaya begadang bagi tubuh berikutnya yaitu menurunkan gairah seksual. Begadang yang terlalu sering bisa menurunkan keinginan untuk melakukan hubungan seksual serta menurunkan libido.

Hal ini karena rasa kantuk yang berlebihan serta terlalu banyak energi yang terkuras. Tidak hanya terjadi pada pria saja, kondisi ini juga berisiko terjadi pada wanita.

5. Berisiko Menyebabkan Obesitas

Begadang yang terlalu sering juga mempunyai efek yang sama dengan jarang berolahraga atau makan terlalu banyak. Seseorang yang kerap melakukan begadang bisa mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Tidur sendiri bermanfaat baik untuk meningkatkan fungsi dua hormon yang berfungsi dalam mengatur rasa kenyang dan lapar. Apabila kurang tidur, maka akan menyebabkan hormon tersebut menurun, sehingga tubuh terus-menerus merasa lapar.

Baca Juga: Bahaya Bunga Telang

6. Penurunan Produksi Hormon

Bahaya begadang bagi tubuh yang terakhir adalah penurunan produksi hormon. Hormon yang bisa mengalami penurunan yaitu testosteron dan hormon pertumbuhan.

Ketika pria terlalu sering begadang, maka penurunan hormon testosteron bisa menyebabkan kerapuhan tulang, kurangnya massa otot, timbulnya lemak, sampai mudah lelah. Untuk menghindari begadang di malam hari ketika tiba waktu tidur, Anda dapat melakukan sejumlah langkah berikut ini:

  • Jangan tidur siang.
  • Pasang alarm pengingat tidur.
  • Kurangi waktu tidur siang.
  • Jangan makan 2 jam sebelum tidur.
  • Jangan bermain gadget sebelum tidur.
  • Meskipun akhir pekan, tidur di jam yang sama setiap malam.
  • Jangan konsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur.

Baca Juga: Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Silahkan diskusikan dengan dokter apabila beberapa langkah tersebut tidak mampu mengurangi frekuensi begadang. Itulah beberapa bahaya begadang yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.