6 Manfaat masker timun untuk kulit wajah yang sangat mengagumkan

Kecantikan, Masker wajah
Manfaat Masker Timun Untuk Kulit Wajah
image from pixabay.com

Manfaat masker timun untuk kulit wajah yang sangat mengagumkan seperti mengontrol minyak berlebih sampai mencegah munculnya jerawat di wajah. Cantik itu tidak harus mahal jika tahu caranya. Nyatanya tidak sedikit juga orang yang ingin memiliki wajah dan kulit yang cantik sampai rela mengeluarkan banyak sekali uang. Biaya yang banyak itu pun belum tentu berhasil memberikan dampak atau hasil sesuai ekspektasi. Beberapa kasus produk kecantikan yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah serius. Bukannya jadi cantik malah malah bisa menjadi suatu petaka.

 

Kandungan nutrisi dalam timun

Artikel ini adalah artikel tentang kecantikan yang biayanya murah dan tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya baik bagi tubuh ataupun bagi wajah dan kulit. Mentimun atau bahasa latinnya adalah Cucumis Sativus L, dipercaya memiliki kandungan gizi dan vitamin yang tinggi. Gizi dan vitamin ini dapat memberikan manfaat jika memakan atau bahkan hanya cukup membuatnya sebagai masker. Berikut ini adalah kandungan dalam buah Timun yang berguna bagi wajah:

  1. Timun mempunyai kandungan air yang tinggi, selain akan memberikan efek menyegarkan ketika di konsumsi, air yang tinggi pada timun yang dijadikan masker dapat menjaga tingkat kelembaban kulit sehingga wajah terlihat lembut, kenyal dan segar.2. Timun mempunyai kadar anti oksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah peradangan atau iritasi pada kulit.
  2. Vitamin C yang tinggi pada timun mampu menghasilkan protein yang dibutuhkan kulit wajah sehingga wajah terlihat lebih muda. Protein adalah makanan bagi sel sel tubuh untuk melakukan regenerasi. Semakin baik tingkat regenerasi sel, semakin baik pula bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah. Vitamin C juga dapat mengangkat polusi, bakteri, dan berbagai kotoran lainnya yang terdapat pada wajah.
  3. Mentimun juga mempunyai zat anti jamur dan anti infeksi yang tinggi. Jamur dan infeksi dapat mengakibatkan masalah berupa jerawat ataupun flek pada kulit wajah.
  4. Potasium dan Silika adalah zat zat yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dengan baik. Karena kedua zat ini dapat menjaga kesehatan jaringan pada kulit wajah, sehingga dapat mencegah berbagai kerusakan kulit wajah akibat polusi ataupun radikal bebas lainnya.
  5. Berbagai macam vitamin B, vitamin B dipercaya memberikan banyak manfaat salah satunya adalah memperlancar aliran darah, sehingga kulit dapat lebih lembut karena sisik sisik yang menempel pada kulit hilang.

 

Manfaat masker timun untuk kulit wajah

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan gizi serta mineral yang menyehatkan maka Timun dapat dijadikan produk kecantikan herbal. Salah satunya adalah dengan menjadikan Timun sebagai masker. Berikut ini adalah berbagai masalah kulit yang dapat diatasi dengan masker Timun.

1. Mata Panda

Manfaat masker timun untuk kulit wajah yang pertamadalah membantu menghilangkan mata panda. Mata panda dapat membuat wajah terlihat kusam, layu, dan lelah. Biasanya mata Panda ini banyak disebabkan oleh pola istirahat yang tidak teratur, terutama bagi yang gemar begadang. Cara menghilangkan mata panda secara alami: iris mentimun dan tempelkan mata saat sedang terpejam. Paling baik dilakukan saat malam hari saat tidur karena pada saat tidur tubuh juga secara otomatis melakukan regerasi sel. Dengan didukung oleh zat Silika pada mentimun, regenerasi sel ini dapat diperlancar.

2. Menghilangkan flek dan bintik hitam

Flek hitam dan bintik hitam umumnya diakibatkan oleh radikal bebas yang melekat pada wajah. Kadar vitamin C pada timun mampu membasmi flek dan bintik hitam jika menggunakan masker Timun secara teratur. Bisa juga flek dan bintik diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, dengan kandungan air Timun dan sifatnya yang dingin, secara tidak langsung Timun dapat menjadi suatu kompres yang baik yang mampu menenangkan sehingga mempercepat regenerasi sel wajah.

3. Mengecilkan pori pori

Tingkat antioksidan yang tinggi mampu mengusir bakteri yang terdapat pada debu dan juga polusi yang menempel dan bersembunyi pada pori pori wajah. Gunakan ekstrak mentimun sebagai toner untuk membersihkan wajah. Jika wajah sudah bersih secara otomatis pori pori akan mengecil. Hal ini harus dilakukan secara teratur agar pori pori tidak kembali membesar akibat kemasukan debu dan radikal bebas lainnya.

4. Menyeimbangkan minyak pada wajah

Dengan menggunakan masker Timun pada saat tidur dapat menyerap minyak berlebihan yang dihasilkan oleh wajah. Walaupun minyak sudah terangkat tapi hal ini tidak akan membuat wajah jadi kering karena Timun menyerap dengan sifatnya yang dingin, juga kandungan airnya yang tinggi dapat meresap ke wajah.

5. Mencegah jerawat

Manfaat masker timun untuk kulit wajah yang mengagumkan adalah kemampuannya dalam mencegah jerawat. Jerawat umumnya disebabkan oleh minyak yang berlebihan. Dengan menggunakan masker Timun secara teratur, minyak wajah dapat diserap dan menyeimbangkan produksi minyak yang berlebihan. Begitu pula dengan kotoran yang lainnya dapat dibasmi dengan tingkat antioksidan Timun yang tinggi.

6. Membuat wajah cerah dan tidak kusam

Timun dapat menambah kesegaran wajah dengan kandungan air yang tinggi, serta berbagai macam vitamin B dapat mempercepat regenerasi kulit. Wajah manusia secara natural sudah cerah dan segar karena sel kulit sudah dapat otomatis memperbaiki dirinya, hanya saja hal ini tidak dapat terjadi atau bahkan terjadi dengan sangat lambat jika tubuh kekurangan vitamin. Baca juga Top 30 Cara memutihkan wajah secara alami, cepat dan efektif

 

Cara membuat masker timun untuk wajah

Jika sudah tahu berbagai khasiatnya tidak ada salahnya untuk mencoba. Selain hal ini biayanya terjangkau sekali, hal ini juga tidak akan menimbulkan efek samping. Namun hal ini harus didasari dengan teknik pengolaan yang baik, dan akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan bahan bahan yang menyehatkan lainnya. Berikut ini adalah pengolahan yang dapat dijadikan bahan referensi:

1. Dengan campuran Jeruk Nipis

Blender Timun lalu tambahkan air perasan Jeruk Nipis secukupnya, lalu oleskan secara merata dan biarkan 10-20 menit. Jika sudah bilas dengan air hangat.

2. Dengan campuran putih telur

Pisahkan dulu kuning dan putihnya telur, lalu campurkan dengan Timun yang sudah di blender. Gunakan dengan sistem yang sama dengan campuran nomor 1.

3. Dengan campuran Youghurt

Perlu dicatat bahwa Youghurt yang diunakan adalah yang belum diberi pemanis alias tanpa gula dan belum diolah menjadi produk lanjutan. Jika sudah menemukan Youghurt yang demikian, tinggal gunakan sistem yang dengan campuran nomor 1 atau 2. Namun bedanya jika menggunakan Youghurt, saat membilas lebih baik dengan menggunakan air dingin.

Perlu dicatat pula untuk menghindari daerah mata dan juga bibir dalam penggunaanya. Cara diatas pun juga harus dilakukan secara rutin dan teratur mengingat produk yang digunakan adalah produk alami yang tentunya juga membutuhkan proses dan ketelatenan serta kesabaran dalam menjalani prosesnya.

Meskipun sudah menggunakan bahan alami, namun tetap perlu memperhatikan dosis yang digunakan. Baiknya penggunaan masker dilakukan saat malam hari menjelang tidur. Dan dosis yang dianjurkan adalah 3 kali dalam seminggu. Penggunaan masker yang terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan masalah masalah pada wajah yang justru nanti malah menyusahkan. 3 kali dalam seminggu dinilai sudah cukup ampuh untuk mengatasi masalah pada wajah.

Justru sebenarnya khasiat dari masker tidak langsung bekerja saat digunakan, khasiatnya akan bekerja setelah justru anda melepasnya karena saat itulah kandungan kandungan masker akan menyerap dalam kulit dan diedarkan oleh darah.

Demikian tadi informasi terkait manfaat masker timun untuk kulit wajah. Semoga dapat menambah wawasan Anda.