17 Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang
Cara mengatasi rambut kering dan bercabang
image from www.prevention.com

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami dan cepat yang bisa diterapkan di rumah dengan bahan-bahan rumahan yang In Syaa Allah aman. Jika rambut Anda sering terkena matahari dan debu maka akan meningkatkan risiko mengalami kekeringan. Rambut kering bisa terjadi saat kelenjar sebasea yang memberikan minyak ke Batang rambut menjadi kering akibat terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Selain itu, berenang dalam air yang diklorinasi, penggunaan shampo berbahan kimia secara berlebihan, dan dehidrasi juga dapat menyebabkan masalah rambut kering. Penggunaan alat pengering rambut yang berlebihan juga berkontribusi menyebabkan rambut kering. Bahkan dapat mengarah pada ketombe dan masalah kulit kepala lainnya.

Rambut kering biasanya juga dibarengi dengan rambut bercabang, rambut menjadi lebih kusam dan terasa gatal pada kulit kepala. Melakukan perawatan dengan bahan kimia biasanya bukan malah membantu mengatasi rambut kering anda tetapi justru akan merusaknya. Untuk itu Anda membutuhkan bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi rambut kering dengan aman. Berikut kami sajikan cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami yang In Syaa Allah aman:

Cara mengatasi rambut kering secara alami

1. Minyak wijen

Bahan alami pertama yang dapat mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami adalah minyak wijen. Caranya campurkan jus lemon dengan minyak biji wijen dengan takaran yang sama. Oleskan campuran ini pada kulit kepala setelah itu tutupi rambut Anda dengan handuk hangat. Setelah 1 jam, bersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo. Kandungan vitamin dan mineral akan membantu menguatkan rambut sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

2. Susu mentah

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang selanjutnya adalah dengan susu mentah. Caranya: rendam bola kapas ke dalam susu yang tidak direbus. Kemudian terapkan bola kapas tersebut pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama 1 jam kemudian bersihkan dengan cara dibilas.

Metode kedua, Anda bisa mencampur beberapa kuning telur, minyak zaitun, dan setengah sendok makan gula. Celupkan bola kapas kedalam susu kemudian terapkan di atas kulit kepala anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sekarang aplikasikan campuran telur dan minyak zaitun dan gula tadi dan Diamkan selama 30 menit. Langkah terakhir bilas dengan air hangat.

3. Yoghurt

Ambil setengah cangkir yoghurt kemudian tambahkan dengan 1 sendok teh madu dan cuka sari apel. Aduk hingga merata setelah itu gunakan untuk untuk melumuri rambut sampai ke kulit kepala. Atau Anda juga bisa menggunakan yoghurt tanpa pemanis di kulit kepala anda secara langsung dengan manfaat yang hampir sama. Diamkan selama setidaknya 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk membantu mengatasi rambut kering dan bercabang.

4. Cuka sari apel

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami dengan cuka sari apel cukup simpel. Pertama celupkan bola kapas ke dalam cuka sari apel setelah itu gunakan langsung pada kulit kepala. Atau Anda bisa mengencerkan cuka sari apel dengan menambahkannya air. Kemudian aplikasikan setelah keramas pada rambut Anda. Perawatan ini sangat baik untuk mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami.

5. Minyak kelapa

Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala anda dengan lembut setelah itu biarkan selama kurang lebih 2 jam. Jika sudah selesai, cuci rambut Anda hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menambahkannya dengan minyak zaitun dengan metode dan cara yang sama seperti di atas. Cara ini cukup efektif dan aman untuk mengatasi rambut kering dan bercabang.

6. Telur

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami yang selanjutnya menggunakan telur. Caranya: campurkan putih telur dengan setengah cangkir minyak zaitun, setelah itu oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 1 jam kemudian bilas seperti biasa. Alternatif lainnya, aplikasikan putih telur ke kulit kepala secara langsung biarkan selama 30 sampai 1 jam kemudian bilas rambut kering anda dengan shampo.

7. Biji fenugreek

Biji fenugreek merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, dantaranya adalah membantu mengatasi rambut kering dan bercabang. Pertama-tama rendam 50 gram biji fenugreek selama 1 hari kemudian giling pada keesokan harinya sampai halus. Tambahkan satu sendok makan yoghurt, minyak zaitun, dan madu ke dalam biji fenugreek tadi. Gunakan pasta ini di kulit kepala dan rambut kering Anda setelah itu diamkan selama 45 menit, terakhir bersihkan dengan sampo.

8. Madu

Manfaat madu untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi, selain membantu menghilangkan komedo secara alami, madu juga berguna mengatasi kulit kering yang pastinya aman. Caranya: campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok makan yoghurt. Oleskan campuran ini pada rambut kering Anda setelah itu diamkan sekurang-kurangnya 20 menit, langkah terakhir bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk membantu Anda mengatasi masalah rambut kering dan bercabang.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan perawatan kecantikan yang cukup populer saat ini. Bahkan penggunaan minyak zaitun mengalahkan berbagai macam produk kecantikan yang memiliki harga mahal. Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami dengan minyak zaitun tidaklah sulit. Pertama hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu sebelum diterapkan ke kulit kepala dan rambut kering. Jika sudah, aplikasikan pada rambut kering Anda sampai ke kulit kepala. Diamkan setidaknya 15 sampai 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

10. Mayones

Caranya oleskan setengah cangkir mayones ke kulit kepala dan rambut kering setelah 30 menit cuci rambut kering anda sampai bersih. Atau anda bisa menambahkan seperti cangkir minyak almond ke dalam seperempat cangkir mayones. Aduk kedua bahan tadi hingga menyatu, setelah itu terapkan ke rambut kering dan kulit kepala. Lakukan pemijatan ringan selama 2 sampai 3 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

11. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan asam lemak dalam alpukat ini juga mampu mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami. Selain kandungan asam lemaknya, alpukat juga diperkaya dengan vitamin A, D, dan E, serta beberapa protein, zat besi, magnesium, tembaga, asam amino, dan kalium. Semua nutrisi tersebut sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut Anda.

Cara mengatasi rambut kering secara alami dengan alpukat: haluskan buah alpukat yang sudah masak, kemudian tambahkan dengan seperempat cangkir susu dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga merata setelah itu terapkan ke rambut kering dan kulit kepala, bilas dengan air hangat setelah 15 menit.

12. Gelatin

Rebus 1 cangkir air kemudian tambahkan satu paket gelatin ke dalamnya. Aduk terus hingga membentuk gel yang kental. Oleskan gel ini ke rambut Anda setelah keramas. Kemudian biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami.

13. Pepaya

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan sangat banyak sekali, diantaranya adalah mengatasi rambut kering dengan cepat. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap meliputi vitamin A, vitamin C, serta beberapa serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Bukan hanya baik untuk kesehatan, pepaya juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Salah satu manfaat pepaya untuk rambut adalah mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami.

Caranya: ambil satu cangkir buah pepaya kemudian tambahkan dengan satu sendok makan yoghurt. Campur kedua bahan tadi hingga menyatu dengan baik. Aplikasikan ke kulit kepala dan rambut kering Anda hingga merata, kemudian biarkan selama 30 menit. Langkah terakhir bilas seperti biasa.

14. Jus lemon

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami yang tidak kalah efektif adalah menggunakan jus lemon. Caranya: campurkan jus lemon dengan 1 gelas air setelah itu gunakan untuk membilas rambut kering anda. Lakukan dengan teratur selama 1 bulan untuk membantu mendapatkan rambut indah seperti yang anda inginkan.

15. Labu

Siapa yang menyangka jika labu bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan rambut kering dan bercabang. Ya, nyatanya memang demikian, anda bisa menggunakan labu untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda sekaligus membuatnya tampak lembab secara alami.

Caranya haluskan 2 cangkir labu menggunakan blender. Jika anda sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan, tambahkan dengan setengah cangkir yoghurt. Kemudian oleskan pasta ini ke rambut kering Anda secara merata. Setelah 30 menit bilas dengan air sampai bersih.

16. Minyak almond

Ada cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami yang praktis yaitu menggunakan minyak almond. Caranya cukup dengan memijat kulit kepala anda dengan minyak almond selama 4 menit. Setelah selesai biarkan minyak almond tetap di kulit kepala dan rambut kering Anda selama 30 menit. Langkah terakhir bilas dengan air dingin.

17. Bubuk kakao

Siapkan pasta yang terbuat dari madu, bubuk kakao, dan cuka sari apel dengan perbandingan ΒΌ cuka sari apel 2 sdm bubuk kakao dan 1 sdm madu. Aduk ke semua bahan tadi nggak merata. Setelah itu terapkan ke kulit kepala dan rambut kering anda selama 5 sampai 10 menit. Jika sudah selesai, bilas dengan shampo sampai bersih.

 

Tips mencegah rambut kering dan bercabang

1. Buat tubuh anda tetap terhidrasi

Selain melakukan perawatan pada rambut kering, hal yang tidak kalah penting adalah membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal ini sangat wajar mengingat rambut adalah bagian dari tubuh. Saat rambut membutuhkan kelembaban maka harus ada suplai air yang kita konsumsi. Setiap hari setidaknya Anda memerlukan 8 gelas untuk membantu mendapatkan tubuh yang sehat.

2. Banyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan anda tidak terkecuali untuk membantu mengatasi rambut kering dan bercabang. Vitamin diperlukan untuk berbagai fungsi dalam tubuh yang pada gilirannya akan membantu menguatkan sekaligus menyehatkan rambut Anda. Selain itu, beberapa jenis buah dan sayur menyediakan air alami yang membantu anda tetap terhidrasi.

3. Tingkatkan asupan asam lemak omega-3

Mengkonsumsi makanan seperti kacang, biji-bijian, dan beberapa produk susu yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 membantu mencegah dan mengatasi rambut kering secara alami. Asam lemak omega-3 memberikan nutrisi penting untuk rambut Anda sekaligus mengurangi masalah rambut kering dan bercabang. Jadi, bisa dikatakan omega-3 merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan rambut Anda.

4. Hindari penggunaan bahan kimia secara berlebihan

Menggunakan bahan kimia secara berlebihan dapat mengakibatkan rambut menjadi lebih kering. Selain itu hindari pewarnaan pada rambut. Karena selain dapat membuatnya semakin kering juga akan menghilangkan kilau alami pada rambut Anda. Selain itu, penggunaan bahan kimia juga dapat mengiritasi kulit kepala, sehingga perlu dihindari. Sebagai gantinya, gunakan perawatan rambut berbahan alami seperti buah-buahan dan minyak esensial.

Demikian tadi cara mengatasi rambut kering secara alami, semoga informasi di atas dapat membantu anda.