Cara Membuat Bonsai Kelapa

cara membuat bonsai kelapa

Cara Membuat Bonsai Kelapa– Bonsai merupakan salah satu tanaman yang paling disukai oleh para pengagum tanaman hias.

Bonsai kelapa menjadi kondang dikarenakan bisa dibentuk sesuai permintaan pembuatnya. Bonsai sendiri adalah pohon yang sengaja dibikin lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Salah satu bonsai yang kondang adalah bonsai kelapa. Bonsai kelapa mempunyai pesona tersendiri dikarenakan umumnya kita mengenal pohon kelapa mempunyai batang yang panjang dan tegak. Inilah yang memicu tak sedikit orang tertarik saat pohon kelapa bisa dibonsai.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Mudah

cara membuat bonsai kelapa

Selain keunikannya, pohon bonsai kelapa terhitung banyak diminati orang dikarenakan harganya yang mahal. Jika anda mempunyai permintaan untuk mengembangkan potensi usaha ini, anda bisa ikuti cara mudah memicu bonsai kelapa layaknya yang telah kita rangkum tersebut ini.

Jenis-jenis Bonsai Kelapa

Ada beberapa jenis bonsai kelapa yang tersedia di pasaran yaitu: Bonsai kelapa bercabang, Bonsai Kelapa Kerdin, Bonsai kelapa berbuah, dan Bonsai kelapa sarana air. Namun pada artikel ini cuma membicarakan cara memicu bonsai kelapa kerdil.

1. Mempersiapkan Bibit

Langkah pertama untuk memicu bonsai kelapa, adalah menyiapkan bibit kelapa. Untuk memperoleh hasil maksimal gunakanlah buah kelapa yang telah tua.

Karena kelapa yang telah tua lebih cepat mempunyai tunas baru. Gunakan buah kelapa yang tetap melekat di pohonnya, jangan pilih yang telah jatuh. Karena kelapa tua yang telah jatuh ke tanah mempunyai bentuk yang tidak menarik dan mudah rapuh. Selain itu, jangan pilih kelapa yang terlalu kecil atau yang terlalu besar, dikarenakan nanti akan ada masalah dibentuknya. Selain ukuran, perhatikan terhitung jenis kelapa yang anda gunakan. Kelapa yang bisa di bonsai adalah kelapa gading merah, susu dan albino.

2. Menentukan Posisi Batok Bonsai Kelapa

Ini merupakan cara paling penting untuk cara mudah membuata bonsai kelapa bagi pemula ini. Disini anda bisa pilih bentuk awal bonsai kelapa yang anda buat. Batok merupakan pusat pertumbuhan buah kelapa yang nantinya menjadi penentu bentuk bonsai.

Selain itu, jangan lupa untuk memasang bibit kelapa yang belum bertunas di atas tanah yang memiliki kandungan banyak air. Tunas akan tumbuh lebih kurang 1-2 minggu. Kalau anda nanti ingin bentuknya dikelilingi akar, posisikan batok secara vertikal. Tapi, kalau anda berkenan bentuknya layaknya tempat tinggal siput, posisikan secara horizontal.

3. Pengupasan Batok Kelapa

Saat tunas telah muncul, membuka kelapa dengan pisau secara perlahan. Lalu, potong miring 1/3 anggota belakang kelapa. Buat potongan bujur dari arah tunas ke belakang sampai terkena batok. Selanjutnya, kupas sabut perlahan-lahan manfaatkan tang samapai bersih. Jangan sampai merusak akar dan batoknya.

4. Penanaman Bonsai Kelapa

Dalam proses ini, anda harus menyiapkan tanah, pupuk kandang dan pasir untuk sarana tanamnya. Perbandingannya lebih kurang 2:1:1. Anda bisa manfaatkan kepala botol plastik air mineral untuk memicu tunas cepat tumbuh. Caranya dengan memotong kepala botol setinggi 5 cm dan tutup di atas tunas. Sekarang menempatkan bibit kelapa yang telah bertunas secara horizontal di atas tanah dan akarnya tersedia di didalam tanah. Agar daun tidak tumbuk ke atas, potonglah daun yang belum terbuka secara perlahan.

5. Perawatan Bonsai Kelapa

Supaya bonsai kelapa tetap kecil, anda harus membicarakan tunas yang lebih tua secara berkala. Saat bibit telah tumbuh 15-20 cm, kupas tunas di anggota yang paling bawah. Hati-hati, jangan sampai tentang tunas yang tetap muda, dikarenakan nanti bisa berjalan pembusukan. laksanakan proses ini sekurang-kurangnya 3 kali sehari. Kemudian, anda cuma harus menyiramnya sekali sehari. Anda bisa memakai air biasa atau campuran larutan garam.

Nah, penjelasan tentang cara mudah memicu bonsai kelapa bagi pemula. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Sekian pembahasan kali ini tentang ” Cara Membuat Bonsai Kelapa ” semoga dapat bermanfaat !