Jenis tanaman hias begonia

Jenis Tanaman Begonia Yang Paling Dicari

Posted on

Ada banyak jenis tanaman begonia yang paling dicari di masyarakat untuk menjadi referensi bagi Anda. Alasannya karena tanaman hias Begonia memiliki daunnya yang cantik dan berwarna-warni. Bagi Anda pecinta tanaman baru yang sedang mencari jenis Begonia, tidak perlu bingung karena kami akan menyajikan informasi mengenai jenis Begonia paling dicari beserta karakteristik tanamannya.

Jenis tanaman hias begonia

Jenis Tanaman Hias Begonia Yang Paling Dicari

Berdasarkan penelitian, ada kurang lebih sekitar 1.800 jenis spesies tanaman hias Begonia di dunia. Dari ribuan tersebut, menurut peneliti Begonia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hartutiningsih, Indonesia memiliki tumbuhan begonia terlengkap di dunia. Bahkan beberapa di antaranya hanya ada di Indonesia. Berikut jenis tanaman hias begonia paling dicari di Indonesia:

1. Begonia Rex

Tanaman Hias Jenis tanaman hias begonia rex

Begonia Rex adalah jenis paling umum di kalangan pecinta tanaman hias. Anda dapat meletakkan Begonia Rex di dalam rumah. Ukuran daun Begonia Rex yang mencolok dapat mempercantik interior maupun eksterior rumah Anda.

2. Begonia Autumn Ember

Tanaman Hias Begonia Autumn Ember

Begonia Autumn Ember memiliki daun warna oranye kemerahan yang terlihat sangat indah. Masyarakat banyak menggemari Begonia jenis ini karena memiliki nilai ekonomi yang menggiurkan. Begonia jenis ini dibanderol dengan rata-rata Rp348.000 atau yang paling mahal di antara jenis Begonia lainnya di tahun 2021.

Baca juga  5 Jenis Biji Kopi Enak di Indonesia

3. Begonia Rhizomatous

Tanaman Hias Begonia Rhizomatous

Begonia Rhizomatous dapat tumbuh besar dengan daun yang semakin melebar nantinya. Warna daun yang hijau gelap dan bunga yang besar menjadi daya tarik bagi pecinta Begonia. Tanama ini bisa Anda letakkan juga di pekarangan rumah sebagai tanaman gantung. Rhizomatous lebih membutuhkan cahaya matahari untuk mempercantik daunnya.

4. Begonia Cane

Tanaman Hias Begonia cane

Berbeda dengan yang lain, Anda dapat menjadikan Begonia Cane sebagai pelengkap interior rumah Anda karena memiliki bentuk yang tidak terlalu besar namun bisa membuat jatuh hati bagi siapa pun yang melihatnya.

Bentuk daunnya pun sering disebut seperti sayap malaikat. Selain itu, bunganya pun indah dan wangi sehingga menjadi alasan Anda harus memiliki tanaman ini. Warna bunganya pun cenderung cerah seperti ungu, putih, atau merah muda. Ciri khas lainnya, batang Begonia ini seperti bambu namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

5. Begonia Shrubs

Tanaman Hias Begonia Shrubs

Salah satu alasan Begonia Shrubs banyak dicari pecinta tanaman karena daunnya yang berbulu halus . Tampilan bentuk dan warnanya pun bermacam-macam. Anda bisa meletakkannya di dalam maupun di luar rumah.

6. Begonia Double

Begonias Double, Begonia Double

Jenis begonia yang memiliki kelopak bunga yang lebat dan besar sehingga bentuknya terlihat seperti mawar. Anda dapat menanam Begonia Double di dekat tanaman bunga lainnya.

7. Begonia Rieger

Begonia Rieger

Jenis Begonia Rieger memiliki warna-warna cerah. Meski membutuhkan banyak sinar matahari, namun Anda jangan meletakkan tanaman ini langsung di bawah sinar matahari langsung.

8. Begonia Hardy

Begonia Hardy

Anda akan dengan mudah mengenali jenis Begonia Hardy dari daun-daunnya yang berbentuk seperti hati dan mempunyai bunga yang menggantung keluar dari dahannya. Begonia ini akan mengeluarkan daun-daun yang indah pada pertengahan hingga akhir musim kemarau.

Baca juga  Manfaat Perasan Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Baca!

9. Begonia Solenia

Begonia Solenia, Begonias Solenia;

Begonia jenis ini adalah salah satu begonia campuran yang memiliki warna bunga yang cerah seperti mawar.

10. Begonia Thick Stemmed

Begonia Thick Stemmed

Bagi Anda yang ingin memiliki Begonia Thick Stemmed, sebaiknya menempatkan tanaman ini di tempat yang teduh karena tanaman ini tidak bisa tumbuh rimbun dan biasanya layu. Meski begitu, Thick Stemmed dapat tumbuh tinggi dan besar dengan batang yang tebal, berbeda dengan jenis Begonia lainnya.

11. Begonia Lilin

Tanaman Hias Begonia Lilin

Dari namanya saja, Anda sudah bisa membayangkan. Jenis Begonia ini memiliki daun yang seperti dilapisi oleh lilin.

Anda dapat menyebut tanaman ini dengan Begonia Semperflorens karena memiliki daun hijau yang kecil tapi dengan bunga yang lebih besar dan berwarna mencolok. Anda dapat meletakkan Begonia ini di taman rumah karena tanaman ini cenderung akan membentuk sebuah pola.

12. Begonia Tuberous

Tanaman Hias Begonia Tuberous

Begonia Tuberous paling memiliki bentuk dan warna bunga yang indah. Bunganya yang bertumpuk dan lebih besar dari daunnya menjadi daya tarik bagi pecinta Begonia.

Dari segi warna, tanamannya pun beragam kecuali warna biru. Jenis ini pun lebih cocok jika Anda meletakkannya sebagai tanaman hias gantung untuk mempercantik teras rumah Anda.

13. Begonia Trailing

Tanaman Hias Begonia Trailing

Begonia trailing ini tumbuh menjuntai dengan bunga-bunganya yang menarik. Begonia jenis ini juga sering disebut scandent karena tumbuh yang merambat. Kebanyakan bunganya berwarna putih dan merah muda. Daunnya pun belakangan banyak terlihat mengkilap.

Ciri Ciri Tanaman Begonia

Begonia adalah salah satu tanaman hias yang memiliki daun yang cantik karena warna dan bentuknya pun beragam. Terdapat berbagai macam jenis Begonia yang bisa Anda miliki di rumah.

Namun sebelum mengetahui jenis-jenis Begonia paling dicari, Anda perlu memahami ciri-ciri tanaman Begonia agar tidak salah beli.

Baca juga  Mengenal Lebih Dalam Kopi Arabika Dan Keistimewaannya

Morfologi Tanaman Begonia

Tanaman Begonia memiliki akar serabut yang sangat halus. Uniknya, akar tanaman Begonia pun cantik karena berwarna putih kotor yang terletak keluar dari pangkal batangnya.

Sementara untuk batang Begonia memiliki ciri-ciri berwarna hijau kemerah-merahan dan berbentuk silindris. Uniknya, batang dari tanaman hias ini memiliki sedikit bulu-bulu halus layaknya di akar.

Daya tarik tanaman Begonia terletak di daunnya. Begonia memiliki daun yang asimetris atau tidak memiliki bentuk yang beraturan. Meski begitu, bentuknya yang tidak teratur inilah yang menjadi alasan pecinta tanaman memburu tanaman hias ini. Faktor kromosom dan gen mempengaruhi tanaman Begonia yang dikenal memiliki warna-warna yang cantik.

Namun ada juga yang menyukai tanaman Begonia karena bunga dan buahnya. Bunga Begonia akan mekar seperti payung dengan ukuran mencapai 5-10 cm. Untuk bunga jantan, biasanya tumbuh 2-4 bunga. Sedangkan bunga betina tumbuh 2-5 bunga dengan beragam warna.

Untuk buahnya, memang tidak terlalu menonjol. Tapi seringkali menjadi alasan bagi sebagian pecinta Begonia. Buah Begonia memiliki beragam warna mejikuhibiniu dan terbilang kecil serta halus. Meski begitu, Anda tidak dapat memakan buah pada tanaman Begonia.

Itulah tanaman hias Begonia yang paling dicari oleh pecinta tanaman  saat ini. Yuk saatnya memiliki salah satu dari Begonia di atas untuk menghiasi halaman rumahmu.