5 Kandungan minyak kelapa serta manfaatnya untuk kesehatan

Makanan sehat
Kandungan minyak kelapa

Kandungan minyak kelapa serta manfaatnya untuk kesehatan yang sangat mengagumkan termasuk mencegah penyakit kanker dan jantung.

Setelah sebelumnya kita sempat membahas mengenai kandungan minyak zaitun dan manfaatnya untuk kesehatan. Kali ini kita juga akan melihat salah satu jenis minyak yang memiliki banyak manfaat juga. Meskipun mungkin minyak yang satu ini tidak setenar minyak zaitun dari sisi manfaatnya, akan tetapi penggunaannya akhir-akhir ini cukup diperhitungkan. Minyak tersebut adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak yang diekstrak dari buah kelapa segar ekstrak minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat meskipun Sebagian besar orang menganggapnya buruk untuk kesehatan. Anggapan orang yang menilai minyak kelapa memiliki dampak negatif bagi kesehatan adalah dikarenakan beberapa minyak kelapa tersebut memiliki kualitas rendah. Sehingga kandungan nutrisinya pun juga rendah dan bahkan sebagian justru berdampak kurang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi minyak kelapa

Padahal sejatinya minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga memiliki manfaat yang banyak pula. Berikut beberapa kandungan minyak kelapa yang perlu Anda ketahui:

Minyak kelapa mengandung vitamin E

Sama halnya dengan kandungan minyak zaitun, minyak kelapa ternyata juga memiliki beberapa Apa vitamin E yang yang diketahui memiliki efek positif untuk kesehatan kulit.

Dari fakta ini maka tidak heran jika manfaat masker minyak kelapa sangat banyak sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Bahkan akhir-akhir ini penggunaan minyak kelapa untuk wajah semakin meluas dan menggantikan berbagai macam produk kecantikan konvensional. Selain aman, penggunaan minyak kelapa tentunya memiliki efek samping yang jauh lebih sedikit dibandingkan beberapa produk kecantikan yang berbahan kimia tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak kelapa tersebut Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau menerapkan ke kulit wajah. Vitamin E memang bisa digunakan secara internal atau eksternal.

Bukan hanya untuk kesehatan kulit saja, ternyata kandungan nutrisi minyak kelapa yang berupa vitamin E tersebut berguna meningkatkan kesehatan rambut dan membuatnya tampak lebih berkilau secara alami. Ini merupakan kabar yang sangat baik terutama bagi para wanita yang mengidamkan memiliki rambut cantik alami.

Mengandung lemak baik

Minyak kelapa diketahui mengandung beberapa jenis lemak baik seperti HDL yang diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Memang hal ini cukup mengejutkan, karena selama ini kita menganggap bahwa minyak kelapa justru menjadi biang kerok dari tingginya kadar kolesterol. Padahal faktanya kandungan lemak yang terdapat dalam minyak kelapa lebih didominasi oleh lemak baik tersebut, yang justru berdampak baik untuk kesehatan jantung. Meskipun demikian, sekali lagi minyak kelapa yang boleh dan layak dikonsumsi hanyalah minyak kelapa yang memiliki kualitas bagus bukan minyak goreng yang biasa dijual di pasaran.

Mengandung polifenol

Kandungan polifenol yang terdapat dalam minyak kelapa dapat membantu mengurangi resiko pengerasan dinding pada pembuluh darah sehingga mencegah timbulnya beberapa masalah pada kesehatan kardiovaskular. Beberapa orang yang memiliki resiko tinggi mengalami masalah pada jantung tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi minyak kelapa extra Virgin.

Mengandung beberapa zat menguntungkan

Beberapa kandungan zat menguntungkan dalam minyak kelapa seperti zat keton ternyata sangat baik sekali untuk mencegah resiko penyakit Alzheimer. Zat keton tersebut memiliki fungsi untuk mencegah penyakit alzheimer dengan cara meningkatkan fungsi otak. Perlu Anda ketahui jika Penyakit Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh para lansia. Penyakit alzheimer biasanya membuat para pengidap nya Mengalami penurunan fungsi otak sehingga sangat sulit untuk mengingat sesuatu. Jadi, mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin mungkin akan sangat berguna untuk mencegah alzheimer di kemudian hari.

Mengandung anti bakteri

Salah satu kandungan minyak kelapa yang membuatnya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit adalah terdapatnya antibakteri. Antibakteri yang terdapat dalam minyak kelapa berguna mencegah timbulnya jerawat sekaligus membantu meringankannya. Selain mencegah jerawat, menggunakan minyak kelapa juga sangat berguna untuk meningkatkan kelembaban kulit secara alami.

Manfaat minyak kelapa

Dari kandungan minyak kelapa berupa senyawa penting dan lemak baik tersebut ada beberapa fakta mengenai manfaat minyak kelapa yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah:

  1. Membantu mencegah diabetes

Ternyata konsumsi minyak kelapa secara rutin sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan rantai asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa mampu memperbaiki toleransi glukosa di dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

  1. Baik untuk diet

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa kandungan terbesar dari minyak kelapa adalah lemak baik. Dimana lemak baik tersebut sangat mudah sekali dicerna oleh tubuh yang pada gilirannya akan meningkatkan kesehatan pencernaan. Jadi mengkonsumsi minyak kelapa dapat membantu anda menurunkan berat badan secara alami dan tentunya lebih aman dibandingkan dengan obat pelangsing.

  1. Mencegah penyakit jantung

Salah satu yang menjadi penyebab munculnya penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena kandungan HDL yang ada di dalamnya. Kandungan HDL dalam minyak kelapa mampu mengurangi munculnya lemak buruk atau LDL yang menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol. Ini merupakan indikasi yang sangat baik sekali terutama bagi mereka yang sedang mencoba mencegah penyakit jantung.

  1. Mencegah penyakit kanker

Salah satu kandungan nutrisi minyak kelapa yang dapat mencegah penyakit kanker adalah tingginya kadar antioksidan di dalamnya. Antioksidan berperan penting dalam mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dimana kerusakan tersebut mengarah pada penyakit kanker. Jadi sebelum hal ini terjadi sebaiknya anda melakukan pencegahan dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan termasuk minyak kelapa dan minyak zaitun.

Demikian informasi seputar kandungan nutrisi minyak kelapa dan manfaatnya yang sangat melimpah untuk menunjang kesehatan anda.