alat komunikasi jaman dulu

Alat Komunikasi Jaman Dulu

Posted on

Alat Komunikasi Jaman Dulu – Alat komunikasi merupakan semua media, alat, dan prasarana yang dipergunakan untuk menyebarkan atau memberi tahu sebuah berita, baik itu berita untuk satu orang atau terhadap khalayak umum (banyak orang). Alat komunikasi ini tak hanya berfungsi untuk memberi tahu informasi berupa berita saja, tetapi juga untuk sebagai media berkomunikasi antar orang dan daerah.

Sebenarnya alat komunikas telah ada sejak zaman dahulu kala, namun seiring dengan berkembangnya zaman, alat komunikasi juga terus berubah sesuai denggan keperluan dan globalisasi. ivermectina prezzo in farmacia

Berbagai macam alat komunikasi telah diterapkan pada zaman dahulu dan sekarang ini banyak juga yang telah ditinggalkan karena dianggap ketinggalan zaman serta kurang fleksibel.

BACA JUGA : Contoh Alat Musik Tradisional, Warisan Nenek Moyang Wajib Dilestarikan!

Untuk saat ini, kita telah mengenal telepon seluler sebagai alat komunikasi utama yang menggunakan bantuan internet. Namun jika kita mengamati kembali ke masa lalu, telah banyak alat komunikasi yang mendampingi manusia dari masa ke masa untuk berinteraksi ke sesamanya, mulai darai prasasti batu, asap dan alat yang mengeluarkan bunyi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan kembali lagi ke mmasa lampau, kita akan membasa mengenai alat komunikasi jaman dulu atau tradisional. Apa saja alat-alat komunikasi tradisional tersebut? ivermectin für pferde kaufen Yuk temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

BACA JUGA : Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Jenis, Manfaat, & Sifatnya…

Alat Komunikasi Tradisional / Jaman Dulu

1. Surat

alat komunikasi jaman dulu
Sumber : https://asset-a.grid.id/

Surat menjadi satu di antara alat komunikasi tradisional yang paling terkenal pada zamannya. Media komunikasi tulis satu ini dianggap sebagai komunikasi paling mudah dilakukan untuk saling berkabar atau memberi tahu berita dan informasi.

Tapi, sekarang ini surat mulai ditinggalkan oleh masyarakat, karena dianggap dianggap kurang tepat sasaran, sehingga sekarang ini banyak masyarakat yang menggunakan internet sebagai media tercepat untuk berkabar.

BACA JUGA : Cara Menggunakan AVOmeter Analog

2. Telegraf

Sumber : https://images.auctionet.com/

Alat selanjutnya yang digunakan untuk media komunikasi jaman dahulu ialah telegraf. Alat komunikasi jaman dulu, berupa telegraf ini menggunakan listrik sebagai media untuk dapat mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode pesan yang dicantumkan dalam bentuk berupa pulsa listrik.

Di dalam telegraf terdapat kabel-kabel tembaga yang befungsi sebagai alat pengirim sinyal dari jarak yang cukup jauh. Alat inilah yang menjadi alat elektronik berbasi listrik pertama pada masanya.

BACA JUGA : Cara Mengubah Tulisan Keyboard

3. Lonceng dan Kentongan

Sumber : https://imgcdn.rri.co.id/

Kedua alat-alat ini mengeluarkan suara, oleh karenanya orang zaman dahulu memanfaatkan alat-alat yang mengeluarkan suara ini untuk saling bertukar kode suara.

Salah satu alat komunikasi zaman dulu yang masih eksis hingga sekarang ialah si kentongan dan juga lonceng. Kentongan kerap kali diterapkan pada pos-pos ronda, dan masjid. Sedangkan untuk lonceng sering kali digunakan di sekolah dan tempat-tempat ibadah seperti gereja.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Vacuum Cleaner

4. Daun Lontar

alat komunikasi jaman dulu
Sumber : https://images.bisnis-cdn.com/

Tak hanya alat elektronik yang menggunakan listrik dan juga surat. Pada zaman yang lebih terdahulu, orang-orang juga sering berkomunikasi dengan menggunakan media tulisan.

Media yang diapakai untuk menulis orang di zaman dahulu ialah memakai daun lontar maupun pada prasasti batu yang diukir atau dipahat. Tentunya orang-orang yang menggunakan media ini belum menemukan adanya surat yang berbentuk kertas.

BACA JUGA : Voice Over Internet Protocol adalah…

5. Merpati Pos

Sumber : https://merpatiposdigital.files.wordpress.com/

Zaman sekarang burung merpati kerap kali dipelihara untuk diperlombakan dalam sebuah kompetisi. Namun tahukah kalian pada zaman dahulu burung merpati diterapkan sebagai hewan pembawa pesan jarak jauh?

Saat masa perang zaman dahulu, merpati mempunyai kegunaan yang sangat penting, apalagi pada saat itu belum tersedia alat komunikasi yang canggih seperti sekarang. Sehingga burung merpati inilah yang dimanfaatkan untuk memberi tahu pesan militer yang bersifat rahasia.

BACA JUGA : Macam Macam Bunga Hiasan

6. Telepon Kaleng

alat komunikasi jaman dulu
Sumber : https://st2.depositphotos.com/

Telepon kaleng merupakan alat komunikasi tradisional yang masih kerap dipraktikkan di sekolah-sekolah untuk metode pembelajaran, karena pembuatannya yang sangat mudah dan praktis. Jarak komunikasi dengan telepon kaleng ini memang tidak bisa terlalu jauh, hanya dapat dijangkau dalam jarak sekitar 5-10 meter saja.

Namun, alat ini sudah bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dari ruang satu ke ruang yang lainnya pada sebuah gedung. Syaratnya hanyalah benang harus dalam keadaan tegang dan lurus.

BACA JUGA : Cara Screen Shot di Laptop Acer

Nah, itulah beberapa contoh alat komunikasi jaman dulu atau tradisional yang harus kamu ketahui. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasanmu tentang sejarah komunikasi di Indonesia. what companies produce ivermectin



Pencarian terkait:

  • japotato ayam bawang
  • larutan botol bening
Baca juga  Beberapa jenis media jaringan komputer serta kelebihan dan kekurangannya