Kandungan madu

12 Kandungan madu yang sangat lengkap serta manfaatnya

Makanan sehat
Kandungan madu
image:flickr.com

Kandungan madu yang sangat lengkap serta manfaatnya untuk kesehatan yang luar biasa termasuk mencegah kanker dan hipertensi.

Madu merupakan salah satu produk alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu menyediakan beberapa nutrisi penting yang berguna untuk meningkatkan kesehatan sekaligus berguna sebagai obat. Bahkan penggunaan madu sebagai obat alami telah diyakini berlangsung selama ribuan tahun yang lalu. Sebut saja bangsa mesir dan yunani kuno telah diketahui menggunakan madu untuk berbagai macam pengobatan dan juga perawatan. 

Kandungan nutrisi madu

Lantas apa saja kandungan nutrisi madu sehingga membuatnya begitu terkenal dan memiliki banyak manfaat?. Berikut informasinya untuk anda:

Madu mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan dalam madu berperan penting dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel dan menyebabkan banyak penyakit termasuk kanker. Makanan yang mengandung tinggi antioksidan sangat penting sekali dikonsumsi setiap hari karena hampir setiap hari pula tubuh kita juga terpapar radikal bebas dari makanan ataupun polusi udara. Selain madu, beberapa jenis buah-buahan juga menyediakan antioksidan seperti jeruk, strawberry, dan blueberry.

Mengandung gula alami

Sudah bukan barang yang baru lagi jika madu memiliki rasa manis. Rasa manis yang dihasilkan oleh madu merupakan hasil dari kandungan fruktosa yang merupakan zat gula alami di dalamnya. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, penggunaan madu sebagai pemanis sangat aman dan tidak menimbulkan efek merugikan untuk kesehatan. Meskipun demikian, bagi anda yang memiliki penyakit diabetes harus tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengkonsumsi madu secara rutin. 

Mengandung vitamin C

Kandungan vitamin C dalam madu berguna mencegah tubuh dari serangan penyakit. Hal ini dikarenakan vitamin C dalam madu berguna sebagai antioksidan penting yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga membuat virus dan bakteri tidak mudah menyerang. Bagi mereka yang sering mengeluhkan mengenai pertahanan sistem imun yang lemah sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C. Untuk memenuhinya anda bisa menambahkan madu ke dalam diet sehat harian.

Madu mengandung kalsium

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui jika sumber utama kalsium hanyalah susu. Padahal ternyata madu juga menyediakan kalsium meskipun mungkin jumlahnya tidak sebanyak susu. Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan yang cukup baik mengingat madu juga menyediakan nutrisi lain yang sangat lengkap. Kalsium berperan penting dalam meningkatkan kepadatan tulang sehingga membuatnya tetap kuat dan sehat. Asupan kalsium yang cukup sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang memasuki usia di atas 40 tahun.

Madu mengandung vitamin A

Vitamin A dikenal sebagai salah satu jenis nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Untungnya salah satu kandungan madu adalah vitamin A sehingga mengkonsumsi madu secara rutin guna meningkatkan kesehatan mata anda. Sama halnya seperti vitamin C, vitamin A juga berguna sebagai antioksidan sehingga dengan mengkonsumsi madu anda akan mendapatkan manfaat yang begitu besar.

Mengandung tinggi kalium

Kalium dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berguna meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler. Hal ini dikarenakan kalium dapat membantu menstabilkan tekanan darah sehingga mencegah penyakit hipertensi dan jantung. Bagi para penderita penyakit darah tinggi sangat direkomendasikan mengkonsumsi makanan tinggi kalium dan mungkin madu salah satu diantaranya. Dalam 100 gram madu murni mengandung kurang lebih 50 mg kalium.

Mengandung sejumlah magnesium

Sama halnya dengan kalsium magnesium berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang anda. Dan salah satu kandungan nutrisi di dalam madu adalah magnesium. Dalam 100 gram madu murni mengandung setidaknya 2 mg magnesium. Jumlah ini relatif besar mengingat kebutuhan tubuh kita akan mineral tidak begitu banyak. 

Mengandung asam folat

Bagi ibu hamil mencukupi kebutuhan asam folat merupakan hal yang wajib dilakukan. Untungnya salah satu kandungan madu yang cukup baik adalah terdapat beberapa vitamin B9 atau asam folat. Jadi dengan mengkonsumsi madu anda bukan hanya mencukupi kebutuhan asam folat tetapi juga nutrisi penting lainnya yang berguna untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Perlu anda ketahui jika asam folat berguna mencegah kelahiran cacat pada janin. Jadi inilah yang membuat nutrisi ini sangat penting untuk ibu hamil.

Mengandung serat pangan

Dalam 100 gram madu murni terdapat setidaknya 0,2 gram serat pangan. Jumlah tersebut relatif sedikit sebenarnya akan tetapi mengingat manfaat dan kandungan nutrisi madu yang begitu banyak tentu itu bukan menjadi masalah. Karena bisa dikatakan mengkonsumsi madu hanya sebagai pelengkap nutrisi saja terutama dari kandungan seratnya.

Mengandung zat besi

Kandungan zat besi dalam madu berguna meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu bagi mereka yang sering mengeluhkan lelah dan kurang bersemangat harus mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi. Umumnya makanan yang kaya akan zat besi berasal dari beberapa jenis hewani seperti daging kerang dan unggas. Meskipun demikian, madu juga bisa dijadikan alternatif lain meskipun bukan merupakan sumber zat besi utama.

Sumber fosfor yang baik

Kandungan fosfor dalam madu bukan hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga membantu meningkatkan fungsi ginjal. Bukan hanya itu, kandungan fosfor dalam madu juga bermanfaat meningkatkan produksi dna yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan. Madu murni secara umum mengandung 4 mg fosfor dalam 100 gramnya.

Madu mengandung zinc

Kandungan nutrisi madu yang selanjutnya adalah terdapatnya beberapa zinc di dalamnya. Zinc bukan hanya berguna meningkatkan kesehatan kulit tetapi juga berguna untuk menunjang kesehatan mata. Tidak berhenti sampai disitu, kandungan zinc dalam madu juga berguna meningkatkan fungsi otak pak, berperan sebagai antioksidan, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.